by

5 Mobil Terlaris Honda di Awal Tahun 2020

Mobil Terlaris Honda 2020 – PT Honda Prospect Motor mencatatkan penjualan positif di dua bulan pertama di tahun 2020 ini, di mana penjualan retail Honda mencapai 24.518 unit mobil pada periode Januari – Februari 2020. Menariknya kontribusi yang cukup besar justru hadir dari pasar di luar pulau Jawa.

Kontribusi luar pulau Jawa mencapai 34% atau sebanyak 8.290 unit dari total penjualan Honda pada bulan Januari-Februari 2020. Angka penjualan Honda di luar pulau Jawa mengalami pertumbuhan sebesar 16% pada dua bulan pertama di tahun 2020, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan penjualan terbesar datang dari wilayah Sumatera yang meningkat hingga 20 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 lalu. Penjualan Honda di wilayah Kalimantan juga turut mengalami peningkatan sebesar 17% dibanding tahun lalu.

Sementara pasar di Sulawesi dan Maluku serta Papua juga meningkat masing-masing 13% dan 14% di awal tahun 2020 ini. Tercatat ada 5 mobil terlaris Honda yang berkontribusi besar dalam penjualan di awal tahun 2020 ini.

Baca juga  Sosok Honda Jazz Type R, Masuk Indonesia?

Berikut daftar mobil terlaris Honda 2020:

1. Honda Brio Satya mobil terlaris di awal tahun

Honda Brio Satya menjadi salah satu mobil terlaris di awal 2020
Honda Brio Satya berhasil meraih penjualan positif di awal 2020

Honda Brio Satya masih berkontribusi besar dalam penjualan Honda di awal tahun ini. Di mana Brio Satya berhasil terjual sebanyak 9.049 unit. Laris manisnya penjualan Honda tak lepas dari harganya yang terjangkau.

Selain itu mobil yang bermain di segmen low cost green car (LCGC) itu juga dibekali dengan sejumlah fitur-fitur yang cukup unggul, bila dibandingkan dengan kompetitornya yang dipasarkan di Tanah Air.

2. Honda HR-V 1.5L

Honda HR-V 1.5L
Honda HR-V 1.5L cukup diminati masyarakat di Tanah Air

Honda HR-V 1.5L kembali meraih penjualan positif di awal tahun 2020 dengan catatan penjualan sebanyak 4.223 unit. Varian mesin 1.500 cc memang lebih diminati, ketimbang varian 1.8 liter dengan total penjualan sebanyak 348 unit.

3. Honda Mobilio

Honda Mobilio
Honda Mobilio menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang mendambakan mobil keluarga

Honda Mobilio masih mendapatkan pasar yang cukup baik di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia. Penjualannya sendiri masih berada di angka 2.886 unit, meski hingga kini Mobilio tak kunjung mendapatkan ubahan.

Baca juga  Sejarah Honda Mobilio, Dari Generasi ke Generasi

Penjualan segmen LMPV secara nasional di awal tahun 2020 masih cenderung meraih hasil positif. Di segmen ini Mobilio mendapatkan gempuran besar dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Mitsubishi Xpander.

4. Honda Brio RS

Honda Brio RS

Penjualan Honda Brio RS tak semanis Brio Satya, penjualannya hanya sebesar 2.681 unit. Penjualan Honda Brio RS yang tak semulus Brio Satya tentunya ditenggarai oleh harga untuk varian ini jauh lebih mahal ketimbang Brio Satya.

Namun dari ‘rasa’ berkendara justru tak jauh berbeda. Hanya yang membedakan adalah fitur-fitur yang tersedia di Brio RS jauh lebih lengkap ketimbang dengan saudaranya itu.

5. Honda Jazz

Honda Jazz 2020

Pada posisi kelima dihuni oleh Honda Jazz dengan penjualan sebanyak 2.051 unit. Torehan yang cukup baik, mengingat segmen hatchback di Indonesia tidaklah terlalu besar. Cenderung segmen ini tergerus oleh kian bertumbuhnya segmen sport utility vehicle (SUV) di Indonesia.

Kurang seksinya penjualan Honda Jazz di Indonesia mungkin saja, karena mobil ini tak kunjung mengalami ubahan sejak terakhir kali diluncurkan di tahun 2017 dan kala itu Honda Jazz hanya berstatus facelift.

Baca juga  5 Kekurangan Honda Brio, Kenali Sebelum Membeli

Selain kelima produk tersebut penjualan Honda di awal tahun 2020 juga ditopang oleh Honda CR-V yang berhasil terjual sebanyak 2.041 unit, Honda BR-V sebanyak 828 unit, dan Honda Civic Hatchback 209 unit. Sementara itu, Honda Civic Sedan terjual 100 unit, Honda City 61 unit, Honda Accord 34 unit serta Honda Odyssey 9 unit dan Honda Civic Type R 1 unit.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Penjualan Honda di bulan Januari dan Februari masih dipengaruhi beberapa faktor, terutama banjir di beberapa kota di Pulau Jawa. Meskipun demikian pembangunan infrastruktur yang terus berkembang di luar Pulau Jawa memberikan kontribusi signifikan sehingga penjualan Honda masih tetap stabil di awal tahun 2020 ini”.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru