by

Mercedes-Benz EQB, SUV Elektrik 7-Seater Terbaru!

Mercedes-Benz EQB resmi hadir di Eropa dalam gelaran IAA atau Munich Motor Show 2021. Keistimewaannya adalah mengusung daya full elektrik dan mengusung platform crossover GLB-Class selaku salah satu  SUV terlaris Mercedes-Benz di dunia.

Sesungguhnya debut pertama kali Mercedes-Benz EQB dilakukan pada April 2021 pada ajang Shanghai Auto Show di Cina. Hanya saja ketika muncul di Eropa, spesifikasi lengkapnya semakin terungkap.

Kendaraan elektrifikasi ini dipastikan akan dipasarkan dalam trim EQB 300 dan EQB 350. Mercedes-Benz mengatakan kedua trim itu akan jadi standar dengan penggerak semua roda (AWD), berkat motor listrik yang dipasang di depan dan belakang. Baterai lithium-ion 66,5 kilowatt-jam memberikan tenaga penggerak.

“Kedua model tersebut mimiliki kemampuan jelajah baterai hingga 419 kilometer dalam satu kali pengisian,” tulis Mercedes-Benz dalam keterangan resminya dikutik Kamis, (9/9/2021).

Jika dibandingkan dengan SUV listrik lainnya, angka tersebut lebih kecil. Ambil contoh Audi Q4 E-Tron, yang dapat menempuh hingga 488 km. Juga Tesla Model Y dan Cybertruck, yang dapat menempuh sekitar 482 km.

Baca juga  3 Kelebihan Xpander Cross Black Edition Seharga Rp 300 Juta

Mercedes-Benz EQB 300 akan memiliki output yang setara 225 tenaga kuda dan torsi 390 Nm. Lebih besar dari Mercedes-Benz GLB 250 versi konvensional bensin dengan output 221 hp dan torsi 350 Nm. Sedangkan varian EQB 350 menawarkan tenaga yang lebih besar lagi, yakni 288 hp dan torsi 520 Nm. 

Ditawarkan Dalam Versi 7-Seater

Mercedes-Benz EQB
Paket kursi baris ketiga yang tersedia mencakup penyesuaian geser baris kedua, serta bangku belakang split 50/50 yang menurut Mercedes dapat menampung orang dewasa dengan tinggi 163 cm.

Mercedes-Benz EQB ditawarkan dalam varian 7-seater. Ada pula yang 5-seater dengan bangku belakang yang dapat direbahkan 60/40 akan  menjadi standar. Sedangkan penyesuaian untuk kursi belakang akan menjadi opsional untuk memungkinkan lebih banyak ruang kargo atau ruang kaki belakang.

Sementara versi 7-seater, paket kursi baris ketiga yang tersedia mencakup penyesuaian geser baris kedua. Ada pula bangku belakang split 50/50 yang menurut Mercedes, dapat menampung orang dewasa dengan tinggi 163 cm, sepertinya lebih cocok untuk anak-anak.

Pada tampilan luar mobil SUV ini, Mercedes-Benz EQS mengung lampu LED dan pada bagian depan ada grill palsu berwarna hitam yang menjadi ciri khas. Pada bagian belakang, terdapat lampu melebar menyatu dengan pintu bagasi belakang.

Baca juga  7 Tips Beli Mobil Mercedes-Benz Bekas, Perhatikan!

Desain pelek unik dengan diameter 20 inci, beraksen emas dengan desain baling-baling. Interiornya mendapat kilatan warna cerah yang serupa, dengan kombinasi merah muda, biru yangv menghiasi rumah AC berdesain turbin.

Beberapa sentuhan khusus EQ lainnya termasuk klaster instrumen digital standar 10,3 inci dan tampilan infotainment dengan navigasi augmented-reality. Navigasi tersebut juga dapat mengoptimalkan rute yang sesuai jarak tempuh EV dan opsi pengisian daya.

Bicara harga, Mercedes-Benz secara resmi belum mengungkap ke publik. Namun diprediksi mobil tersebut di bandrol pada kisaran harga 50 ribu dolar AS atau sekitar Rp 711 jutaan. 

Demikian ulasan terkait peluncuran Mercedes-Benz EQB terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru berita otomotif.

Terbaru