Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

MG Comet EV, Kembaran Wuling Air EV yang Lebih Murah!

by Tigor Sihombing
MG Comet

MG Comet EV akhirnya resmi dipasarkan di India dengan harga cuma Rp 143 jutaan. Mobil listrik besutan MG Motor tersebut merupakan produk rebadged dari Wuling Air EV yang dijual di Indonesia.

Mungkin sebagin kamu masih bingung, kenapa MG Comet bisa menjadi mobil kembar dari Wuling Air EV? Sebagaimana diketahui, MG Motor adalah sebuah produsen mobil merek Inggris yang dimiliki oleh perusahaan asal Tiongkok, SAIC Motors sejak 2007. Di mana SAIC juga menjadi payung dari Wuling.

Karena sudah satu kepemilikan, MG Motor juga bisa menggunakan produk-produk Wuling untuk dipasarkan. Di samping Wuling Air EV dan MG Comet, sebelumnya ada Wuling Almaz yang di India diberi nama MG Hector.

Walau kembar, tapi bukan berarti Comet benar-benar serupa dengan Air EV. Ambil contoh untuk penggunaan baterai, cuma tersedia kapasitas kecil yaitu 17,3 kWh. Bila membandingkan mobil listrik Wuling, maka ini serupa varian standard range.

Mau tahu lebih detail soal mobil listrik MG yang bernama Comet? Simak bahasan berikut:

Baca juga  5 Mobil Listrik Calon Penerima Subsidi dan Kisaran Harganya!

Spesifikasi MG Comet EV

MG Comet

Interior MG Comet yang sangat mirip dengan Wuling Air EV

Harga MG Comet EV di India adalah 798.000 Rupee atau setara Rp143 jutaan. Banderol ini tentu lebih murah dari Wuling Air EV di Indonesia yang dijual di atas Rp 200 juta.

Head of MG Motor India, Rajeev Chaba mengatakan hadirnya MG Comet diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat India akan mobil listrik murah dan memiliki jarak tempuh yang baik. “Desain yang kompak pada MG Comet sangat cocok dengan kondisi jalan yang ada di India,” bebernya.

Rajeev juga juga berharap mobil listrik tersebut bisa memenuhi keinginan konsumen yang ingin solusi pintar dalam mengatasi masalah mobilitas di India. Terkait varian, hanya ada satu yakni yang mengusung baterai 17,3 kWh yang punya jarak tempuh 230 kilometer. Atau jika dibandingkan dengan produk Wuling Air EV varian MG Comet tersebut adalah setara Standard Range.

Tapi soal fitur, justru MG Comet setara dengan Air EV Long Range. Hal itu terlihat dari eksteriornya yang sudah menggunakan lampu depan LED. Di interior juga telah memiliki head unit berukuran 10,25 inci. Selain itu, ada pula fitur mirip internet of vehicle (IoV) yang bernama i-Smart Tech sehingga memungkinkan aktifnya perintah suara, Apple CarPlay wireless dan Android Auto, hingga digital key.

Baca juga  Review Toyota bZ4X 2023, Mobil Listrik Layak Beli?

Menarik bukan? Ini tentu bisa jadi inspirasi untuk Wuling menghadirkan varian baru dari Air EV yang punya spesifikasi di tengah-tengah antara Standard Range dan Long Range.

Di India sendiri. MG Comet EV akan bersaing ketat dengan Tata Tiago EV yang sudah lebih dulu ada dan dijual 849.000 Rupee atau mencapai Rp 152,9 jutaan.

Demikian ulasan terkait kahadiran MG Comet EV di India. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika