Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mini Countryman Electric 2024, Siap Masuk Indonesia!

by Tigor Sihombing
eksterior mini countryman electric 2024 - tampak depan

Mini Countryman Electric 2024 meluncur di ajang Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Mobility Show yang berlangsung di Munich, Jerman pada 5-10 September 2023. Mobil listrik ini mengalami perubahan signifikan dalam tampilan, fitur. dan jarak tempuhnya.

SUV listrik ini siap dijual dalam dua varian: Countryman E dan Countryman SE ALL4. Produksi mobil ini akan dimulai di pabrik BMW Group di Leipzig mulai November 2023.

Kapan Mini Countryman EV masuk Indonesia? Director of Communication BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengatakan Mini siap menambah varian elektrifikasinya pada tahun 2024.

“Fokus Mini adalah Mini Electric dan kedepannya akan hadir kendaraan listrik model-model selanjutnya. (Bukan tahun ini, tapi) masih tahun depan,” kata perempuan ramah itu saat peluncuran MINI Eurokars Studio PIK, beberapa waktu lalu.

Jadi, bukan tidak mungkin Countryman versi listrik bakal masuk Indonesia tahun depan. Kemungkinan lain, justru Mini Cooper 3-door EV generasi terbaru.

Eksterior Mini Countryman EV, Bongsor! 

eksterior mini countryman electric 2024 - tampak belakang

Mini Countryman Electric hadir dalam varian E dan SE

Mini Countryman Electric 2024 punya eksterior yang bongsor, tapi aerodinamika mobil ini diklaim lebih baik. Dengan desain baru yang diberi nama “Charismatic Simplicity,” Mini Countryman EV punya aura modern dan agresif dengan garis bodi tajam.

Lampu depan yang sebelumnya berbentuk bulat kini diganti dengan lampu LED yang lebih kotak, memberikan tampilan yang lebih ekspresif. Mobil ini juga dilengkapi dengan pelek yang lebih besar berukuran 20 inci.

Baca juga  Menakar Kiprah Mobil Listrik Toyota di Tanah Air, Laku?

Melalui rilis resminya, pabrikan mengklaim jika Mini Countryman merupakan mobil petualang yang kokoh, menawarkan ruang, kenyamanan, dan keamanan yang lebih baik, bahkan di luar jalur yang biasa, berkat penggerak empat roda.

Fitur-fitur baru yang ada di Mini Countryman terbaru termasuk Mode Pengalaman Mini yang menyenangkan dan sistem asisten pengemudi yang lebih canggih, termasuk Asisten Pribadi Mini yang dapat dikendalikan dengan suara, sehingga perjalanan dengan Mini Countryman menjadi lebih nyaman dan menghibur.

Apa lagi mobil ini juga dilengkapi dengan sistem yang memungkinkan pengemudi untuk mengemudi secara semi-otomatis.

Salah satu fitur utama dari Mini Countryman terbaru adalah mesin listrik yang membantu menciptakan pengalaman berkendara khas Mini dengan dua tingkat daya output. Ini juga menjadi model Mini pertama yang diproduksi di Jerman, mewujudkan terobosan dalam hal produksi.

Mini Countryman terbaru memiliki dimensi panjang 4.433 mm, lebar 1.843 mm, dan tinggi 1.656 mm. Dengan peningkatan wheelbase menjadi 2.692 mm, kenyamanan di dalam mobil semakin ditingkatkan.

Jarak Tempuh Mini Countryman Electric Hingga 433 Km

mini countryman electric 2024

Akselerasi Mini Countryman EV dari 0-100 km/jam cuma 5,6 detik

Salah satu yang menarik dari spesifikasi Mini Countryman Electric 2024 adalah jarak tempuhnya. Mobil listrik ini diklaim bisa melaju hingga 462 Km dalam kondisi baterai penuh untuk varian E. Lalu untuk performa motor elektriknya bisa menghasilkan torsi puncak 250 Nm dan tenaga 204 hp atau 150 kW.

Baca juga  MG Cyberster Debut di Goodwood Festival 2023, Lanjut ke Indonesia?

Lalu varian Mini Countryman EV SE ALL4, performanya lebih istimewa lagi dengan torsi puncak 494 Nm dan tenaga 313 hp atau 230 kW. Ini membuat akselerasi dari 0-100 Km sangat istimewa, cuma butuh waktu 5,6 detik. Hanya saja jarak tempuh varian SE ALL4 ini lebih pendek, cuma 433 Km dari kondisi baterai penuh.

Terkait pengecasan baterainya bisa pakai 22 kW. Dapat pula menggunakan fast charging dengan 130 kW, sehingga waktu casnya lebih singkat dari 10-80 persen hanya butuh 30 menit.

Performa Mini Countryman bertenaga listrik ini sudah jauh lebih baik dibanding Mini Electric varian 3-door yang kini dijual di Indonesia. Bagaimana tidak? Mobil listrik mungil itu cuma bisa melaju 232 Km. Artinya Countryman EV memiliki peningkatan hampir dua kali lipat. Mantap bukan?

Fitur Kenyamanan di Kabin Mini Countryman EV

interior mini countryman electric 2024

Kabin Mini Countryman Electric lega dan memiliki panoramic sunroof

Masuk ke interior Mini Countryman Electric, tampak sederhana. Tidak ada panel instrumen dibalik kemudi. Semua informasi untuk pengemudi tampil melalui head-up display.

Lalu untuk head unitnya pakai OLED display dengan high resolution. Di dalamnya ada MINI Operating System 9 yang mampu melangsungkan pengaturan mobil lewat sentuhan atau suara. Ukuran head unit terbaru itu juga sangat besar dengan diameter 240 mm.

Baca juga  5 Spesifikasi Maxus Mifa 9 dan Harganya, Alphard Cina Bertenaga Listrik!

Bicara fitur-fitur yang ada di OLED display Mini Countryman EV antara lain navigasi, media, hingga phone. Mantap bukan?

Kalau soal kapasitas kabinnya, muan 5-orang secara nyaman. Apalagi ini merupakan model Mini paling lega yang ada. Hadir pula panoramic sunroof yang membuat kesan semakin lapang dari dalam kabin.

Harga MINI Countryman Electric 2024

Mini Countryman electric 2024

Prediksi kami, harga Mini Countryman Electric bisa tembus Rp 1,5 miliar

Memang terlalu dini membicarakan harga Mini Countryman EV, lantaran belum masuk Indonesia. Walau demikian beberapa di luar negeri sesungguhnya bocoran banderolnya sudah keluar. Sebut saja untuk Mini Countryman Electric varian E £41.500 atau setara Rp 795 jutaan. Lalu varian SE ALL4 £46.600, sekitar Rp 893 jutaan. Di Eropa pengiriman mobil listrik ini diprediksi pada Februari 2024.

Tentu saja masuk ke Indonesia kemungkinan setelahnya atau akhir tahun 2024. Lalu soal harga, pastinya lebih dari Rp 1 miliar. Pasalnya Mini Electric 3-door yang dijual saat ini tembus Rp 1,024 miliar. Maka sudah pasti generasi terbaru dari Mini Electric apalagi varian Countryman EV bakal dijual jauh lebih mahal. Bukan tidak mungkin tembus Rp 1,5 miliar. Setidaknya itulah prediksi kami.

Demikian ulasan Mini Countryman Electric 2024. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika