Mini Recall 140.000 Unit EV Secara Global, Akibat Risiko Kebakaran Baterai

by Tigor Sihombing
Mini recall

Mini recall lebih dari 140.000 unit kendaraan listrik (EV) mereka karena adanya potensi masalah serius pada baterai yang dapat menyebabkan kebakaran. Dari jumlah tersebut, 12.535 unit Mini Cooper SE di Amerika Serikat juga termasuk dalam penarikan ini.

Penarikan ini melibatkan Mini Cooper SE produksi tahun 2020 hingga 2024. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengungkapkan bahwa baterai bertegangan tinggi dalam model-model ini mungkin tidak memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh pabrikan, meskipun laporan resmi tidak mengidentifikasi penyebab pasti masalah tersebut. NHTSA mencatat bahwa kesalahan dalam baterai atau sistem tegangan tinggi dapat terjadi karena berbagai faktor.

Potensi kesalahan ini dapat menyebabkan korsleting, yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu pada baterai hingga berisiko menyebabkan kebakaran, bahkan saat kendaraan dalam kondisi tidak aktif. Meski begitu, sistem pada kendaraan akan memberikan peringatan kepada pengemudi jika masalah ini terdeteksi.

Dalam keterangan resminya dikutip 4 September 2024, MINI Amerika, pihak BMW Amerika Utara, yang mengelola merek Mini, menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan cedera atau kecelakaan yang terkait dengan masalah ini.

Baca juga  Penjualan Tiga Brand Mobil ini Menjulang di GIIAS 2024

Bermula ada Insiden Kebakaran di Oktober 2023

Beli Mini electric
Baterai Mini Electric di garansi 8 tahun di Indonesia

Penyelidikan terhadap masalah ini pertama kali dimulai setelah insiden kebakaran pada sebuah Mini di bulan Oktober 2023, yang kemudian diikuti dengan insiden serupa di Jerman pada Januari 2024.

Sebagai langkah pencegahan, Mini akan melakukan pembaruan perangkat lunak pada kendaraan yang terdampak. Pembaruan ini akan menambahkan fungsi diagnostik untuk mendeteksi kerusakan pada baterai bertegangan tinggi dan menurunkan daya baterai hingga di bawah 30 persen jika ditemukan masalah.

Proses pembaruan ini akan diberikan tanpa biaya kepada pemilik kendaraan, dan pemberitahuan resmi kepada pemilik akan mulai dikirimkan pada 7 Oktober 2024.

Demikian ulasan Mini recall model EV mereka secara global. Simak terus Moladin.com untuk updatte berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika