Mitsubishi Fuso Canter Dirombak Jadi Truk VAR, Penyelamat Pertandingan Sepak Bola Liga Indonesia Baru!

by Ivan
Mitsubishi Fuso Canter dirombak jadi truk VAR Liga Indonesia Baru

Mitsubishi Fuso Canter dirombak jadi truk VAR Liga Indonesia Baru. Ini adalah suguhan menarik lain di booth PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang sebelumnya sudah serah terima Fuso eCanter ke beberapa perusahaan di GIIAS 2024.

Bagi kita penikmat olahraga sepak bola tentu tidak asing dengan istilah VAR atau kepanjangan dari Video Assistant Referee.

VAR memiliki fungsi menayangkan rekaman video untuk mengetahui benar atau salahnya sebuah pelanggaran dalam pertandingan sepak bola dan meninjau keputusan wasit di lapangan.

Biasanya, VAR membutuhkan tempat khusus. Hanya saja terkadang ada beberapa stadion sepak bola yang tidak menyediakan tempat khusus untuk VAR. Kondisi itu yang kemudian membuat Persatuan Liga Indonesia Baru (LIB) membuat inovasi truk VAR.

Harapannya Mitsubishi Fuso Canter dirombak jadi mobil truk VAR Liga Indonesia Baru ini siap bergerak mobile untuk digunakan di berbagai stadion sepak bola yang tidak memiliki ruangan khusus untuk VAR.

“Kami sengaja memajang unit Truk VAR ini untuk menunjukan kepada publik bahwa unit Mitsubishi Fuso sangat applicable untuk berbagai kebutuhan konsumen. VAR Truck ini adalah salah satu inovasi yang kami apresiasi di dunia sepak bola Indonesia,” ujar Sudaryanto, General Manager of Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Senin (22/7).

Baca juga  Motor Listrik Polytron FOX-R dan FOX-S Semarakkan GIIAS 2024 Dengan Banderol Menggoda

Truk VAR milik LIB ini dibangun menggunakan platform Mitsubishi Fuso Canter FE 84 G dan garap secara khusus oleh karoseri Metalindo Teknik Utama (MTU).

Spesifikasi Canter FE 84 G Jadi Mobil Truk VAR

Kabin truk VAR dilengkapi enam unit layar monitor, komputer, server, tiga unit pendingin udara, dan generator berkapasitas besar
Kabin truk VAR dilengkapi 6 unit layar monitor, komputer, server, tiga unit pendingin udara, dan generator berkapasitas besar

Basis standar truk Canter FE 84 G tergolong mumpuni. Truk ini punya dimensi panjang 7.145 mm, lebar 2.035 mm, dan jarak sumbu roda 3.850 mm.

Jantungnya bermesin 4V21-2AT1 dengan kubikasi mesin 3.907cc yang merilis tenaga 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi sebesar 422 Nm yang dikail mulai putaran mesin 1.500-2.500 rpm. Potensi mesin tersebut tersalur ke roda belakang via transmisi manual 5 percepatan.

Liga Indonesia Baru memilih Canter FE 84 G karena di kelas light duty truck, Canter memiliki cabin yang lebar. Ini menjadi salah satu poin penting dalam pembuatan truk VAR yang membutuhkan ruang yang besar untuk alat-alat monitoring di dalamnya dan memenuhi persyaratan VAR dengan standar internasional.

Alhasil luasan ruangan yang ada di Truk VAR ini lebih kurang aka sama seperti ruangan VAR yang ada di stadion sepak bola.

Baca juga  Isuzu Mobile Charging Ini Punya Daya Terbesar se-Indonesia, Bantu Siapa Saja Termasuk Pengguna Mobil Listrik Cina

Di dalam Truk VAR terlihat enam unit layar monitor, komputer, server, tiga unit pendingin udara, dan generator berkapasitas besar. Selain itu truk ini juga siap mengakomodir ruangan yang nyaman bagi para wasit VAR yaitu VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator).

Tampilan sisi kanan truk VAR terlihat eye catchy
Tampilan sisi kanan truk terlihat eye catchy

Semua kelengkapan di kabin mobil truk VAR ini tentu bisa dioptimalkan agar dalam setiap pertandingan sepak bola di LIB bisa berjalan tanpa kontroversi.

Oh ya hal menarik lain, sisi kanan bodi truk juga sudah dibalut warna merah dengan gambar melecut semangat bertuliskan #bersama GARUDA we are together.

Pengunjung khususnya pecinta sepak bola yang penasaran dengan unit ini, dapat melihat langsung truk VAR yang dihadirkan Mitsubishi Fuso di Hall 2 GIIAS 2024 hingga 28 Juli mendatang.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika