oleh

Mitsubishi Xpander Facelift Pakai Transmisi CVT, Lebih Baik?

Mitsubishi Xpander pakai transmisi CVT resmi meluncur di Indonesia. Kabar ini disampaikan langsung PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dalam gelaran peluncuran virtual New Mitsubishi Xpander pada Senin (8/11/2021).

Model Xpander sendiri pertama kali memulai debut globalnya pada tahun 2017 di Indonesia. Kini telah miliki populasi mencapai lebih dari 210.000 unit kendaraan.

Dengan model terbaru ini mobil Mitsubishi Xpander hadir dengan berbagai macam pembaruan pada sisi interior dan eksterior yang diklaim semakin luxurious. Kemudian performa dan sistem keselamatan juga diklaim semakin baik.

Nah salah satu fitur terbaru menarik yang ada pada Xpander terbaru adalah penyematan CVT. Sistem transmisi itu menggantikan matik konvensional 4-percepatan yang ada sebelumnya.

Hikaru Mii, selaku Director of Product Strategy Division MMKSI mengatakan penggunaan teknologi CVT ini adalah berdasarkan hasil mendengar dari suara konsumen.

“Kita ingin memberikan kepada konsumen pengalaman berkendara yang lebih baik, baik soal efsiensi dan kenyamana yang tinggi,” kata Hikaru.

Ia mengatakan, dengan digunakannya CVT pada Mitsubishi Xpander, diharapkan akan memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam dengan efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

Baca juga  Menilik Penjualan Mitsubishi di Januari 2021, Laku?

Meski kini Xpander pakai transmisi CVT, tapi mesinnya tidak berubah. Masih mengandalkan jantung mekanis 1.500 cc, MIVEC, DOHC, 16 Valve dengan spesifikasi Euro4. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 105 PS pada 6.000 RPM dan torsi 141 Nm pada 4.000 RPM.

Kelebihan Transmisi CVT di Xpander Terbaru 

Xpander pakai transmisi CVT
Dibanding matic konvensional, power loss yang dimiliki oleh transmisi Xpander CVT tergolong kecil sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih.

Adapun kelebihan Xpander pakai transmisi CVT dibanding matik konvensional ada di perpindahan rasio kecepatan yang sangat halus. Alhasil kamu tidak akan merasa kaget ketika berpindah gigi.

“Dibandingkan dengan AT, transmisi CVT dilengkapi rasio gear yang lebih lebar dan bertenaga, CVT juga menawarkan keunggulan dengan transmisi lebih halus,” beber Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida.

Selain itu, transmisi CVT memiliki power loss yang tergolong kecil dibanding AT. Alhasil sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih.

Nah karena power lossnya juga terbilang kecil. Maka saat berakselerasi, pengguna Xpander CVT nantinya sudah tidak perlu menggunakan RPM tinggi.

Hal ini tentunya berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang lebih irit dan ramah lingkungan. Benarkah demikian? Tentu harus diuji coba langsung agar bisa dibuktikan!

Baca juga  Promo After Sales Mitsubishi di IIMS 2022, Berlimpah!

Selain mengusung teknologi terbaru CVT, yang paling mencolok lainnya adalah adanya settingan terbaru pada suspensi dan shock absorber yang diklaim lebih nyaman dan aman. Xpander terbaru mengaplikasikan suspensi serupa dengan Xpander Cross.

Terkait harga, sayang Mitsubishi saat ini belum membuka secara resmi harga terbaru New Xpander. Demikian ulasan terkait Xpander pakai transmisi CVT, serta kelebihannya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru