oleh

5 Mobil Amerika Bekas Murah, Tertarik Membeli?

Mobil Amerika bekas murah memang menarik untuk dibahas. Produk-produk asal Negeri Paman Sam mengusung desain yang gagah, sehingga banyak dicari. Walau demikian, ada pula yang moden dan futuristik.

Mobil Amerika bekas murah ada beberapa model. Sebut saja model Sport Utility Vehicle (SUV), hatchback, dan MPV.

Harga mobil Amerika bekas memang tergolong anjlok. Hal tersebut dikarenakan populasinya tidak banyak ditambah jaringan bengkel resminya tidak di semua kota ada. Alhasil masyarakat di Indonesia “paranoid” untuk memiliki mobil buatan Amerika.

Padahal, memiliki mobil asal negeri Paman Sam ini tidak semenakutkan yang dipikirkan banyak orang. Contohnya seperti merek Ford, meski jaringan bengkel resminya tidak sebanyak merek mobil Jepang atau Eropa, nyatanya ada beberapa bengkel mandiri spesialis merek Ford, dan umumnya mekanik atau pemiliknya bekas karyawan bengkel resminya.

“Mobil Ford itu pada dasarnya jarang bermasalah, Adapun jika bermasalah itu disebabkan karena pemiliknya kurang melakukan perawatan rutin. Untuk sparepart, beberapa bisa diganti dengan sparepart merek Jepang yang dibangun dari platform serupa mobil Ford. Misalnya saja Ford Fiesta dengan Mazda 2,” terang Abdul Ghofur, mekanik bengkel spesialis Ford dibilangan Kampung Utan, Cirendeu. (9/3/2022).

Nah, mau tahu apa saja mobil Amerika bekas murah yang beredar di Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Ford Fiesta (Rp 88 juta – Rp 110 jutaan)

mobil amerika bekas murah
Ford Fiesta

Ford Fiesta yang hadir di Indonesia pada 2010 hingga akhir tahun 2013 dengan tampilan yang modern. Saat ini kondisi bekasnya dibanderol kisaran mulai dari Rp 88 juta hingga Rp 110 jutaan.

Baca juga  Sejarah Ford Everest di Indonesia, Si ‘Badak’ yang Terlupakan

Mobil hatchback pesaing Honda Jazz ini hadir dengan tampilan futuristik dan sporty. Desain eksteriornya didominasi lekukan dan garis-garis tajam. Begitu juga dengan tampilan interiornya yang desainnya futuristik dan berbeda dengan para kompetitornya kala itu.

Ford Fiesta hadir dengan dua varian yaitu Fiesta 1.6 dan Fiesta 1.4. Mesin Ford Fiesta tipe 1.4 yaitu Duratec 1.388 cc 4-silinder DOHC yang dikombinasikan transmisi otomatis 4-percepatan plus mode sequential sport shift. Hasilnya, di atas kertas mobil ini diklaim bertenaga 112 hp dengan torsi maksimal 128 Nm.

Sementara itu, mesin yang digunakan Ford Fiesta tipe 1.6 yaitu Duratec 1.596 cc Ti-VCT DOHC 16 valve yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan ‘Powershift’ dual clutch. Hasilnya diklaim mempunyai tenaga maksimal 120 horse power dengan torsi puncak 152 Nm

2. Ford Escape (Rp 60 juta – Rp 135 jutaan)

mobil amerika bekas murah
Ford Escape

Ford Escape pertama masuk ke Indonesia pada tahun 2002 hingga tahun 2012 yang diimpor langsung oleh PT. Ford Motor Indonesia. Escape hadir dengan dua varian mesin, yaitu Zetec 2.000 cc 4-silinder dengan transmisi manual dan mesin Duratec 3.000 cc 6-silinder V6 bertransmisi otomatis.

Kemudian pada tahun 2004 mesin 2.000 cc digantikan dengan mesin baru Duratec yang berkapasitas 2.300 cc 4-silinder. Saat ini kondisi bekasnya dibanderol direntang harga Rp 60 juta hingga Rp 135 jutaan.

Baca juga  8 Diler Ford Siap Beroperasi di Indonesia Tahun 2022

Sebagai informasi, Ford Escape adalah mobil SUV (Sport Utility Vehicle) hasil kerja sama antara Ford Amerika dengan Mazda Jepang. Ford Escape dikembangkan dan dirilis bersama dengan Mazda Tribute dari Jepang. Escape adalah nama yang diberikan oleh Ford, sedangkan Tribute adalah nama yang diberikan oleh Mazda.

3. Ford Everest 2003 – 2014 (Rp 85 juta – 160 jutaan)

mobil amerika bekas murah
Ford Everest

Mobil Amerika bekas murah selanjutnya adalah Ford Everest generasi pertama dan kedua. Saat ini haga bekasnya dibanderol kisaran Rp 85 juta hingga Rp 160 jutaan.

Everest generasi pertama mengusung mesin 2.5L Turbodiesel TDi SOHC 4 in-line cylinder yang dikombinasikan dengan transmisi manual 4-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Hasilnya, tenaga maksimum di atas kertas meraih 110 hp pada 3500 rpm. Sementara torsi puncaknya diangka 268 hp pada putaran mesin 2000 rpm.

Selanjutnya, untuk transmisinya menggunakan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Oh ya, pada generasi awal ini juga tersedia pilihan penggerak roda 4×4 untuk varian tertingginya.

Sementara itu, untuk Everest generasi kedua masih mengusung kapasitas mesin yang sama namun sudah mengadopsi teknologi TDCI. Teknologi tersebut diklaim mampu mendongkrak performa mesin lebih bagus serta efisiensi bahan bakar.

Terbukti tenaga maksimumnya tercatat mencapai 143 hp pada 3500 rpm dengan torsi puncaknya 330 Nm pada putaran mesin 1800 rpm.

Baca juga  5 Masalah Chevrolet Captiva Diesel, Waspadai!

4. Chevrolet Captiva 2007 – 2013 (Rp 70 juta – Rp 120 jutaan)

mobil amerika bekas murah
Chevrolet Captiva

Selanjutnya, mobil Amerika bekas murah berikutnya adalah Chvrolet Captiva yang hadir di Indonesia tahun 2007. Mobil SUV ini mengusung mesin berkapasitas 2.4L 4-silinder yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Hasilnya, Chevrolet Captiva diklaim mampu menmuntahkan tenaga maksimum sebesar 143 PS pada 5.000 rp. Sementara untuk torsi puncaknya mencapai 212 Nm pada putaran mesin 2.200 rpm.

Kemudian, pada tahun 2008 Chevrolet Captiva kembali merilis dengan mesin baru yaitu diesel. Adapun mesin yang digunakan berkapasitas 2.000 cc dengan teknologi Varialbe Geometric Common Rail Direct Injection (VCDi) yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

5. Chevrolet Spin (Rp 90 juta – Rp 124 jutaan)

mobil amerika bekas murah
Chevrolet Spin

Chevrolet Spin hadir dengan tiga pilihan mesin, yakni bensin 1.200 cc 4 silinder dan 1.500 cc 4 silinder, dan diesel 1.300 Commonrail dengan Turbocharger. Diesel Chevrolet terbilang tangguh, namun beberapa sumber menyebut diesel Chevrolet rada sensitif terhadap solar yang tidak berkualitas.

Oh ya, untuk varian mesin bensin tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis. Sementara untuk varian mesin diesel hanya tersedia transmisi manual 5-percapatan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil Amerika bekas murah yang beredar di Indonesia. Tertarik memilikinya?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru