by

7 Rekomendasi Mobil Diesel Murah Terbaik di Indonesia

Mobil Diesel Murah – Sebelum hadirnya era kendaraan listrik di dunia seperti saat ini, mobil yang dijajakan di pasar global terbagi dalam dua kategori mesin: bensin dan diesel.

Kendaraan bermesin bensin memang lebih diminati banyak masyarakat di seluruh dunia. Populasinya pun jauh lebih banyak, jika dibandingkan dengan mobil bermesin diesel.

Pabrikan otomotif dunia lebih memilih untuk lebih banyak memproduksi mobil bermesin bensin. Alasannya dianggap memiliki emisi gas buang yang lebih baik, dibandingkan dengan mesin diesel.

Sejumlah produsen mobil kemudian berkonsentrasi untuk menghadirkan kendaraan diesel dengan emisi gas buang yang jauh lebih rendah. Hal ini bertujuan untuk mendukung lingkungan yang bersih dan nyaman.

Seiring dengan perkembangan teknologi, akhirnya diperolehlah mesin diesel modern yang punya emisi bik. Terlebih bila dibandingkan mobil diesel di era 90-an hingga 2000-an.

Alasan Membeli Mobil Diesel

Mesin diesel toyota innova bekas
Mesin diesel dikenal lebih irit dan punya torsi besar

Perlu diketahui, saat ini masih banyak masyarakat yang memburu mobil diesel sebagai tunggangan pribadinya. Karena mobil diesel murah saat ini banyak dijajakan dipasaran.

Selain itu, mobil diesel terkenal memiliki torsi besar dan juga perawatannya sangat minim. Mobil jenis ini juga didukung dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, dibandingkan dengan mobil bermesin bensin.

Pecinta otomotif tentunya sangat paham dengan suara khas yang dihasilkan oleh mesin diesel. Hal ini justru menjadi salah satu daya tariknya.

Soal harga, mesin diesel dan bensi  tidaklah terpaut jauh. Berikut ini, Moladin akan memberikan tujuh refrensi mobil bermesin diesel yang mungkin bisa jadi pilihan kamu dalam kondisi bekas.

Penasaran apa saja pilihan mobil diesel murah yang mungkin bisa tungganganmu? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Isuzu Panther, Mobil Diesel Murah yang Jadi Buruan Konsumen

Isuzu Panther, Mobil Diesel Murah
Panther jadi pilihan tepat dalam memilih mobil diesel murah

Nama besar Isuzu Panther di Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Multi purpose vehicle (MPV) ini masuk dalamm jajaran pilihan mobil diesel murah yang bisa diandalkan.

Pasalnya Panther yang mengusung mesin diesel sudah hadir sejak tahun 1991 di Tanah Air. Di atas kertas, mobil ini mengusung mesin 2.500 cc dan telah dibekali turbo dengan daya maksimal sebesar 86 HP/3.900 rpm.

Panther sendiri sempat mengalami beberapa kali mendapatkan penyegaran di Indonesia, terakhir di tahun 2013 silam. Kiprah Isuzu Panther di Indonesia hampir memasuki usia 30 tahun di Indonesia.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Bicara desain, Isuzu Panther memang tak terlalu neko-neko. Namun hal ini justru yang menjadi daya pikatnya. Desainnya pun bisa dibilang tak ketinggalan zaman, Sob!

Dari hasil penelusuran kami di sejumlah situs jual-beli online. Harga Isuzu Panther terbilang tidak mengalami depresiasi yang tinggi, meski cenderung masih terjangkau.

Untuk keluaran tahun 2001 atau yang biasa disebut sebagai Panther kapsul, harganya masih berkisar antara Rp70-90 juta. Bila di atas tahun tersebut, tentunya banderol akan semakin tinggi.

Tapi jika dana terbatas, kamu mungkin bisa memilih Isuzu Panther keluaran dibawah tahun 2000. Harga yang ditawarkan untuk Isuzu Panther generasi kedua berada di rentang harga Rp 40 jutaan hingga Rp 50 jutaan.

2. Mitsubishi Kuda Diesel, Bisa Jadi Pilihan yang Tepat

Mitsubishi Kuda, Pilihan Mobil Diesel Murah
Mitsubishi Kuda jadi rekomendasi mobil diesel murah yang bisa kamu miliki

Bujet yang kamu miliki minim? Mungkin pilihan mobil diesel murah yang bisa jadi pilihan adalah Mitsubishi Kuda diesel.

Tampilannya pun terbilang tak terlalu lawas. Untuk digunakan sebagai tunggangan pribadi, tampilan masih cukup menarik dan modern.

Mitsubishi Kuda diesel didukung mesin diesel berkapasitas 2.5 liter. Produk ini juga tersedia dalam pilihan mesin bensin, lho!

Sedikit menilik ke belakang, Mitsubishi Kuda pertama kali meluncur di tahun 1999 di Indonesia. Mitsubishi Indonesia sempat tiga kali melakukan penyegaran pada produk andalannya itu.

Generasi ketiganya yang meluncur di tahun 2004, bahkan telah dibekali lampu depan dengan reflektor kristal. Sejalan dengan itu, desain lampu belakangnya juga telah menempel di pilar yang terlihat modern.

Banderol yang ditawarkan untuk Mitsubishi Kuda Diesel lansiran produksi 2001 terbilang cukup terjangkau. Mobil ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 60 jutaan.

3. Toyota Kijang Diesel, Mobil Diesel Murah yang Patut Jadi Pilihan

Toyota kijang kapsul, Mobil diesel murah
Mobil diesel murah berikutnya, bisa memilih Toyota Kijang

Pilihan mobil diesel murah yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah Toyota Kijang diesel. Mobil ini juga dikenal sebagai Kijang Kapsul, yang tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni bensin dan diesel.

Toyota Indonesia pertama kali merilis varian diesel dari Toyota Kijang kapsul di tahun 1997 silam. MPV ini hadir untuk menantang dominasi Isuzu Panther yang sangat diminati kala itu.

Kijang Diesel dibekali mesin berkapasitas 2.5 liter dengan sistem indirect injection. Daya yang dihasilkan mencapai 82 hp pada 4.500 rpm dengan torsi sebesar 162 Nm pada 2.400 rpm.

Mengacu dari forum jual beli mobil bekas, ketersediaan unit Toyota Kijang Diesel terbilang jauh lebih banyak. Jika dibandingkan Isuzu Panther di pasar mobil bekas.

Baca juga  Jangan Kaget, Begini Kondisi Mobil Termurah di Indonesia

Namun untuk harganya, justru mobil ini sedikit lebih mahal dibanding Panther. Sebagai gambaran, Kijang Diesel lansiran 2001, mobil ini biasanya dilepas dengan harga berkisar Rp 80 juta hingga Rp 100 jutaan.

Meski harganya masih cenderung tinggi, namun peminat mobil satu ini masih terbilang cukup tinggi.

4. Chevrolet Spin Diesel, Mobil Diesel Murah yang Bisa Dipertimbangkan

Spin, Pilihan Mobil Diesel Murah
Spin salah satu mobil diesel murah dengan tahun muda

Rekomendasi mobil diesel murah selanjutnya, mungkin kamu bisa memilih Chevrolet Spin Diesel. MPV asal Amerika ini tahunnya pun cenderung tak terlalu tua, jika dibandingkan sejumlah mobil diesel di atas.

Chevrolet Spin menawarkan konfigurasi 7-penumpang yang cukup baik mengakomodir kebutuhan. Sayangnya, mobil ini harus berhenti produksi di Indonesia pada 2015 lalu.

Spin sejak kemunculannya di Indonesia ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni bensin dan diesel. Khusus untuk varian bermesin diesel berkubikasi 1.300 cc.

Berminat? Harga yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. Di mana untuk Spin diesel produksi 2015, saat ini ditawarkan dengan rentang harga mulai dari Rp 110 jutaan, tergantung kondisi dan pemakaian.

Keunggulan yang cukup menarik dari Chevrolet Spin ada pada sektor jantung mekanisnya. Di mana mesinnya sudah menggunakan diesel common rail dan turbocharger.

Konsumsi bahan bakarnya lumayan efisien. Fiturnya pun sudah modern, melalui hadirnya Rem ABS (anti brake lock system), rem EBD (Electronic Brakeforce distribution), struktur rangka body yang didesain melindungi anak, Dual SRS airbags (bagian depan).

Tersedia juga speed sinsing auto door lock (mengunci otomatis pada kecepatan tertentu), dan sudah dilengkapi Immobilizer.

5. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Patut Diperhitungkan

Ertiga diesel hybrid, mobil diesel murah
Kondisi seken, Ertiga diesel hybrid harganya terjangkau

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah tidak lagi memasarkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Saat ini pihak pabrikan fokus menjajakan All New Ertiga yang hadir dalam varian mesin bensin saja.

Pun begitu, kalau kamu ingin mencari mobil diesel murah. Mungkin Ertiga diesel bekas bisa jadi pilihan yang tepat.

Kamu masih bisa menelusuri mobil diesel ini di situs jual beli online. Namun ketersediaan unitnya memang agak sedikit langka, seperti contohnya untuk produksi 2017, biasanya dipasarkan dengan harga Rp 160 hingga Rp 175 jutaan.

Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin D13A 1.248 cc DDiS DOHC bertenaga maksimal 89 hp dan torsi 200 Nm. Tenaga ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan.

Baca juga  7 Mobil Baru Seharga Rp 100 Jutaan, Mana Pilihan Kamu?

Sekadar informasi, sistem hybrid pada Ertiga diesel dikembangkan melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem ini terdiri dari tiga komponen utama, yakni mesin diesel, aki berkapasitas besar (70 Ah), dan teknologi Integrated Starter Generator (ISG).

Ketika dalam kondisi berhenti dan kamu gak menginjak pedal kopling, fitur start/stop system bakal bekerja dan membuat mesin mati. Aki bakal mengambil alih buat menggantikan sumber tenaga sehingga memungkinkan fungsi kelistrikan tetap berjalan normal.

Walaupun terkesan seperti mobil listrik, tapi sebetulnya diesel masih mendominasi dalam struktur mesinnya.

6. Toyota Fortuner, Mobil Diesel Murah Tapi Nggak Murahan

Fortuner masuk dalam pilihan mobil diesel murah
Fortuner masuk dalam pilihan mobil diesel murah

Selanjutnya, mobil diesel murah yang bisa jadi pilihan adalah Toyota Fortuner. Dari hasil penelusuran kami, Toyota Fortuner rakitan 2009 ke bawah harganya mulai Rp 150 jutaan.

Secara tampilan, tentunya sudah cukup modern dan juga terlihat mewah, Sob! Banyak konsumen memilih mobil ini lantaran mesin yang bertenaga dan juga gagah.

Jantung mekanisnya, Toyota Fortuner diesel dibekali mesin berkode 2KD-FTV berkubikasi 2.494 cc. Mesin itu mampu meghasilkan tenaga hingga 101 dk di 3.400 rpm dan torsi 200 Nm yang dicapai pada putaran 1.600 sampai 3.600 rpm.

7. Mitsubishi Pajero Sport, Mobil Diesel Murah Berparas Tangguh

Pajero Sport, Mobil Diesel Murah
SUV Mitsubishi yang masuk dalam pilihan mobil diesel murah

Dilanjutkan pilihan mobil diesel murah yang bisa jadi pertimbangan adalah Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama lansiran 2009. Banyak konsumen memilih SUV satu ini, karena memiliki desain yang tangguh dan bertenaga.

Spesifikasi mesin, Pajero Sport mengandalkan mesin 4D56 berkubikasi 2.477 cc turbocharged intercooled. Daya yang dihasilkan mencapai 138 dk di 3.500 rpm dan torsi puncak 314 Nm pada 2.000 rpm.

Menariknya lagi, dalam kondisi bekas mobil ini ditawarkan dengan rentang harga Rp 150 jutaan. Tentunya banderol tersebut lebih terjangkau, bukan? Ketimbang kamu harus membeli Pajero Sport dalam kondisi baru.

Sekarang sudah tahukan apa saja pilihan mobil diesel murah yang tersedia dipasaran? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu. Selamat memilih, Sob!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 comments

Terbaru