Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bocoran 5 Mobil Hyundai Terbaru 2023 untuk Pasar Indonesia!

by Tigor Sihombing

Berikut Moladin sampaikan prediksi mobil Hyundai terbaru 2023. Menilik pabrikan asal Korea ini terbilang menarik, karena keseriusan mereka dalam merebut pasar otomotif Indonesia sangat terlihat. Produk-produknya juga terbilang sukses di pasaran.

Hyundai pun salah satu pabrikan yang berhasil ‘ngomporin’ pabrikan mobil lainnya untuk sedikit lebih fokus bermain di segmen kendaraan listrik. Lihat saja, Ioniq 5, saat ini berhaasil menjadi salah satu mobil listrik terlaris di Indonesia. Di mana per Desember 2022 sudah terjual hingga lebih dari 3.000 unit. Lantas bagaimana dengan prediksi kendaraan-kendaraan baru Hyundai di tahun depan?

Selain akan menelurkan produk-produk facelift, Hyundai Indonesia juga digadang-gadang akan mengeluarkan mobil listrik dengan teknologi terbaru serta daya jelajah yang semakin menggila. Sebut saja Hyundai Ioniq 6 yang dikabarkan akan masuk Indonesia dengan kemampuan menembus Jakarta-Surabaya tanpa isi ulang baterai.

Untuk lebih lengkapnya berikut daftar mobil Hyundai terbaru 2023 yang akan hadir di Indonesia:

1. Hyundai Casper

mobil Hyundai terbaru 2023 - hyundai casper

Hyundai Casper merupakan SUV yang siap jadi pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Mobil Hyundai terbaru 2023 yang pertama adalah Casper. Sudah rilis di Korea Selatan pada Maret 2022 lalu.

Di negara asalanya, Casper dipasarkan dengan harga 13,75 juta won atau setara dengan Rp 165 jutaan. Meski terbilang mobil ringkas, tapi bagasinya besar dengan kapasitas 639 liter. Bahkan jika kursi belakang dilipat rata kapasitasnya meningkat menjadi 940 liter.

Di Korea, Hyundai Casper hadir hanya satu trim Smart,dengan spek sudah menggunakan lampu LED daytime running, sensor parkir belakang, kluster instrumen digital 4,2 inci, head unit dengan USB, Bluetooth dan dua speaker serta roda berukuran 15 inci.

Ada juga beberapa ADAS (advanced driver assistance systems) seperti passive cruise control, autonomous emergency braking, lane keep assist dan high beam assist. Hyundai menawarkan beberapa tambahan opsional untuk kenyamanan tambahan seperti kursi berpemanas dan berventilasi dengan pelapis kulit imitasi seharga 600.000 won (Rp 7,2 juta).

Pilihan lainnya termasuk roda kemudi berpemanas dan kaca spion auto-dim seharga 330.000 won (Rp 4 juta), bumper depan dari Casper Active seharga 950.000 won (Rp 11,4 juta) dan rak atap logam Thule seharga 550.000 won (Rp 6,6 juta).

Baca juga  Hyundai Prophecy, Mobil Listrik Bergaya Sports Car

Casper ditawarkan dengan varian mesin Smartstream G 1.0 liter tiga silinder aspirasi alami yang menghasilkan torsi 76 PS dan 95 Nm, dan kappa II 1.0 liter turbocharged tiga silinder GDi mill dengan 100 PS dan 172 Nm, keduanya dilengkapi dengan transmisi otomatis empat kecepatan berpenggerak roda depan. 

Di Indonesia Casper layak dipertimbangkan kehadirannya, lantaran mereka belum punya produk di segmen ini. Padahal pasarnya cukup besar dan saingannya sangat banyak. Bila Casper masuk Indonesia, SUV ringkas tersebut akan bersaing dengan kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, Nissan Magnite, Honda WR-V, hingga KIA Sonet. 

2. Hyundai Ioniq 6

mobil Hyundai terbaru 2023

Hyundai Ioniq 6 siap produksi di tahun 2023

Mobil Hyundai terbaru 2023, yang besar kemungkinan akan hadir di Indonesia adalah Ioniq 6. Jika dibanding Ioniq 5, mobil ini memiliki daya jelajah paling jauh.

Jarak tempuh Hyundai Ioniq 6 mencapai 614 Km dalam sekali pengisian baterai. Artinya kemampuan ini setara dengan perjalanan DKI Jakarta – Jawa Timur (Ngawi), sekaligus membuktikan bahwa mobil listrik bergaya sedan tersebut lebih hebat 133 Km dibanding Hyundai Ioniq 5 yang cuma bisa melaju 481 Km.

Dengan kata lain, tingkat efisiensi Hyundai Ioniq 6 sekitar 14,3 kWh/100 Km. Menariknya lagi, pihak pabrikan H miring juga mengklaim bahwa untuk mengisi baterai Ioniq 6 dari 10 persen hingga 80 persen hanya dibutuhkan waktu 18 menit.

Dalam hal ini, Hyundai fokus pada komitmen untuk memberikan teknologi dan kekuatan baterai yang canggih pada Ioniq 6. Tujuannya jelas, untuk menghilangkan rasa khawatir pengemudi dan penumpang kehabisan baterai saat berkendara dengan Ioniq 6.

Secara global, Hyundai Ioniq 6 hadir dalam beberapa trim:

  • Ioniq 6 Long Range (77,4 kWh) 2WD 18 Inch: 614 Km
  • Ioniq 6 Long Range (77,4 kWh) 2WD 20 Inch: 545 Km
  • Ioniq 6 Long Range (77,4 kWh) AWD 18 Inch: 583 Km
  • Ioniq 6 Long Range (77,4 kWh) AWD 20 inch: 519 Km
  • Ioniq 6 Standard (53 kWh) 2WD 18 Inch: 429 Km
Baca juga  Hyundai Santa Fe Mudah Terbakar, Kena Recall!

Walau demikian, belum jelas varian mana yang nantinya bakal masuk ke Tanah Air. Satu yang jelas, para sales Hyundai bahkan sudah mulai membuka pemesanan untuk mobil ini, walau belum tahu waktu peluncuran pastinya di Indonesia.

3. Hyundai Creta N line

mobil Hyundai terbaru 2023

Hyundai Creta N Line

Pertengahan tahun 2022, Hyundai Creta N Line resmi meluncur di Brazil. Menariknya, Hyundai Creta N Line menggunakan mesin 1.000 cc Turbo dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Di atas kertas, Creta N Line mempunyai tenaga maksimum 118 PS dan torsi puncak 172 Nm. Sebagai informasi, ‘N’ merupakan entitas merek Hyundai untuk lini produk performa. Sama halnya seperti di Toyota ada GR, M pada BMW, AMG pada Mercedes-Benz, dan RS pada Audi.

Huruf N sendiri mengandung arti dua elemen penting Hyundai. Pertama mengandung arti huruf pertama sirkuit Nurburgring di Jerman yang menjadi tempat bagi engineer Hyundai menjajal varian N. Kedua, merefleksikan abjad pertama daerah Namyang di Korea Selatan yang menjadi lokasi R&D Hyundai Global.

Di Brazil sendiri, Hyundai Creta N Line hanya dijual sebanya 200 unit untuk kloter pertama. Adapun harga jualnya kisaran Rp 467 jutaan.

“Hyundai Creta N Line diluncurkan untuk pasar Brazil. Tapi memang secara global, Hyundai memang punya perhatian khusus untuk mobil performa tingginya,” kata Uria Simanjutak selaku Head of Public Relation PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) beberapa waktu lalu.

“Namun hingga saat ini dari sisi planning-nya HMID belum menyentuh. Tapi kita tidak tahu ke depannya seperti apa? Tapi hingga saat ini, HMID masih fokus ke produk yang dipasarkan di Indonesia,” tambahnya.

Bisa jadi kehadiran Creta N Line di Tanah Air, sebagai bentuk penyegaran atas Hyundai Creta yang sudah meluncur sejak akhir 2021. Maka pada 2023 usianya sudah dua tahun, dan pastinya perlu dipoles agar pasar tidak bosan.

4. Ioniq 5 N

hyundai ioniq 5 n - tampak belakang

Hasil reka digital untuk Ioniq 5 N (Sumber: behance.net Kleber Silva)

Ioniq 5 akan hadir versi kencangnya, yakni dengan huruf N di belakangnya. Nama lengkapnya, Hyundai Ioniq 5 N. Walau memang sampai saat ini wujudnya belum resmi meluncur secara global sekalipun, namun berbagai media asing mengatakan mobil listrik berperforma tinggi tersebut bakal hadir pada 2023.

Baca juga  6 Merek Mobil Korea, Bukan Cuma Hyundai dan KIA!

Spyshot terakhir mengindikasikan, bahwa crossover tersebut akan mendapat ubahan di bagian eksterior. Selain itu, dari segi dimensi juga akan dibuat lebih lebar dan lebih rendah dibanding versi standar. Desain lampu depan diyakini akan tetap sama, tapi bagian bumper akan berbeda dengan air intake yang lebih banyak. Tentunya, itu berguna untuk membantu pendinginan baterai.

Lalu, pada bagian kaki-kaki, Hyundai akan menyematkan rem yang lebih besar dan pelek alloy. Sementara buritannya, akan diberikan spoiler yang besar dan diffuser yang baru. Untuk interiornya, diyakini akan dibuat lebih sporty, tapi tetap mempertahankan material daur ulang. Bahkan, dikabarkan juga akan menggunakan sasis berbeda.

Fitur yang akan disematkan juga tidak kalah menarik, mulai Drift Mode, suara buatan, hingga N e-shift yang bisa mereplikasi getaran untuk memberikan sensasi pindah gigi seperti di mobil manual. Terkait performa, Ioniq 5 N akan mendapatkan baterai 77,4 kWh dan dual motor. Kombinasi tersebut juga digunakan pada Kia EV6 GT yang dapat menghasilkan tenaga hingga 577 tk dan torsi 740 Nm.

Jika masuk Indonesia nantinya, besar kemungkinan model ini akan masuk ke dalam line up Ioniq 5 untuk versi teratas dengan performa terkencang. Menarik!

5. Hyundai Grandeur

mobil Hyundai terbaru 2023 - Grandeur Sedan

Sedan mewah Hyundai Grandeur

Mungkin Hyundai Gandeur akan masuk ke dalam line up Hyundai Indonesia untuk mengisi segmentasi sedan. Pasalnya hingga sekarang, pabrikan H miring belum punya mobil sedan untuk pasar otomotif Indonesia.

Secara tampilan, Grandeur tampak depan memiliki desain mirip MPV Staria dengan LED bar yang memanjang. Untuk lampu utamanya ada di bagian bawah, mengotak, ditambah gril besar. Desain muka sedan ini bisa dibilang mirip Staria, MPV besar andalan Hyundai.

Untuk mesin yang digunakan, besar kemungkinan Hyundai menggunakan mesin 1.6 empat silinder liter turbo, 2.5 liter empat silinder, dan 3.5 liter V6. Kalau masuk Indonesia, kemungkinan pakai mesin 2.5 liter agar bisa bersaing dengan kompetitornya yaitu Toyota Camry dan Honda Accord.

Demikian ulasan mobil Hyundai terbaru 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika