Thursday, October 6, 2022

Mobil Irit BBM 1.143 Km/liter Buatan Mahasiswa, Berlaga di Shell Eco Marathon 2022!

by Baghendra Lodra
shell eco marathon 2022 - mobil irit bbm buatan mahasiswa indonesia

Mobil irit BBM buatan Mahasiswa Indonesia akan berlaga di ajang Shell Eco Marathon 2022. Ajang yang berlangsung 11-14 Oktober di Sirkuit Mandalika tersebut, akan diikuti oleh 78 tim mahasiswa dari 13 negara Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Para mahasiswa itu akan menciptakan kendaraan khusus yang dapat menempuh jarak terjauh dengan konsumsi BBM paling hemat. Contohnya mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), bahkan sudah menciptakan mobil bernama Keris RVIII yang bisa menghemat BBM hingga 1.143 Km/liter.

banner atas

Spesifikasi Mobil Buatan Mahasiswa UI dan Binus

mobil irit bbm mahasiswa ui - shell eco marathon 2022

Nama mobil ini Keris RVIII targetnya bisa menghemat BBM 2.000 Km/liter di perlombaan Shell Eco Marathon Indonesia 2022

Hanya saja memang jangan berharap Keris RVIII memiliki desain layaknya mobil konvensional. Kendaraan ini bentuknya seperti roket dengan tiga roda, pakai mesin 70 cc dan hanya memiliki bobot 45 Kg.

Kunci lain mobil ini bisa mengirit bensin adalah sepanjang perlombaan dilakukan, mesin diatur mati dan hidup sesuai kebutuhan. Alhasil selama melaju, kendaraan tidak menggunakan BBM sama sekali, hanya mengandalkan roda yang bergulir.

Baca juga  4 Fakta Formula E Jakarta, Balapan di Monas?

Secara tampilan, Keris RVIII sebagai mobil hemat BBM yang tembus 1.143 Km/liter memang agak aneh, karena menyesuaikan dengan peraturan di Shell Eco Marathon 2022. Khususnya yang mahasiswa UI ini ikuti adalah kategori Urban Prototype ICE (internal combution engine).

“Untuk Shell Eco Marathon 2022, target kami Keris RVIII bisa menghemat BBM hingga 2.000 Km/liter. Kami akan lakukan ubahan di sistem propulsi mobil, misalkan mesinnya kami coba untuk bisa di bawah 50 cc, kami sedang menuju ke sana,” kata Edward selaku salah satu anggota Tim UI Supermileage Vehicle saat Moaldin temui di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Sebanyak 78 tim mahasiswa yang berasal dari 13 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur tengah telah terdaftar sebagai peserta untuk kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022. Tim-tim mahasiswa peserta Shell Eco-marathon akan berkompetisi dalam dua kategori rancangan kendaraan, yakni Urban Concept dan Prototype.

Kemudian ada pula mobil buatan Mahasiswa Binus yang bentuknya seperti micro car. Spesifikasinya pakai empat roda, kemudian ada ruang kabin yang bentuknya mirip mobil konvensional, tapi cuma muat untuk satu orang. Ini adalah kendaraan yang mereka ikuti di kategori Urban Concept ICE pada Shell Eco Marathon 2022.

Baca juga  Velg JF FLow Forged Unjuk Kekuatan di ISSOM 2021

Dengan tampilan lebih konvensional, mobil Mahasiswa Binus ini diklaim bisa menghemat BBM hingga 90-100 Km/liter. Angka tersebut diperoleh dengan spesifikasi mesin 110 cc dan bahan bakar RON 95 dari Shell V-Power.

Shell Eco Marathon 2022, Pertama Kali Indonesia Jadi Tuan Rumah

mobil hemat bbm mahasiswa binus - shell eco marathon 2022

Mobil milik Mahasiswa Binus ini bisa menghemat BBM hingga 90-100 Km/liter

Untuk pertama kalinya di Indonesia, kompetisi inovasi kendaraan hemat energi Shell Eco-marathon digelar di Sirkuit Mandalika. Padahal sejak tahun 2010, mahasiswa Indonesia telah ambil bagian dalam perlombaan ini untuk tingkat Asia Pasifik.

“Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, kami berharap ajang ini dapat mendorong keterlibatan lebih banyak pihak untuk turut ambil bagian dalam pencapaian komitmen Net-Zen Emission (NZE) Indonesia di 2060,” kata Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian.

Dari tahun ke tahun, tim mahasiswa Indonesia telah berhasil mencatat banyak pencapaian besar. Salah satunya adlaah Tim Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang secara konsisten meraih banyak penghargaan.

Baca juga  Honda Racing Indonesia Borong Piala Seri Pertama ISSOM 2021

Sebenarnya dalam Shell Eco Marathon tidak hanya melombakan mobil irit BBM dengan sumber energi BBM. Ada pula kelas lain yang menggunakan sumber energi alternatif seperti baterai listrik, hidrogen fuel-cell, dan etanol.

Itulah tadi bahasan soal mobil irit BBM dari mahasiswa Indonesia yang ikut berlomba di Shell Eco Marathon 2022. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika