Thursday, October 6, 2022

Mobil Listrik Buatan Ciledug Mejeng di PEVS 2022, Haka Motors!

by Firdaus Ali
Mobil listrik buatan Ciledug

Pada perhelatan Perklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, ada beberapa konsep mobil listrik yang menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah mobil listrik buatan Ciledug yang dimotori oleh PT Haka Motors.

Dalam perhelatan event PEVS 2022 ini PT Haka Motors  menghadirkan 2 mobil listrik masih dalam bentuk prototipe alias konsep. Namun begitu, jika memang ada yang memesan, bisa dipenuhi.

Adapun dua model mobil listrik yang dipamerkan adalah Erolis dengan gaya MPV dan Smuth EV yang berbentuk mobil pikap. Menariknya, kedua mobil listrik buatan PT Haka Motors ini diklaim rancangan desain dan material dari Indonesia, kecuali baterai dan motor elektriknya yang dari Cina.

“Mobil listrik yang ada di pameran PEVS 2022 ini dirancang oleh anak Indonesia. Begitu juga dengan bahan materialnya. Hanya saja untuk baterai masih dari Cina,” ungkap Karianto Saragih, salah satu punggawa dari PT Haka Motors (22/7/2022).

Sosok 2 Mobil Listrik Konsep Haka Motors

Mobil listrik buatan Ciledug

Eropolis

Mobil listrik buatan Ciledug ini memang mempunyai tampilan yang kurang meyakinkan. Eksteriornya masih sangat kasar, seperti hasil buatan tangan. Jauh sekali dari kata meyakinkan.

Baca juga  4 Mobil Listrik Termahal di PEVS 2022, Mustang hingga Genesis!

Hanya saja tampilan desain yang mungil dan ditambah warna yang disematkan juga ngejreng, menjadikannya pusat perhatian di PEVS 2022. Nah bagaimana spesifikasi dari kedua mobil listrik dari Haka Motors tersebut. Yuk kita simak spesifikasi singkatnya.

Mobil listrik Erolis mengusung desain yang futuristik dan simpel. Tidak banyak lekukan pada bagian body alias desainnya sangat mengotak. Adapun dimensinya adalah panjang 2.800 mm, lebar 1.280 mm, dan tinggi 1.555 mm.

Dengan berat kendaraan 450 kilogram, EROLIS ini mampun menampung beban sebesar 350 kilogram dan cukup untuk empat penumpang. Selain itu, Erolis diklaim mampu menempuh jarak 150 kilometer dengan kecepatan maksimum 60 kilometer per jam.

Adapun daya baterai pada kendaraan listrik tersebut, memiliki daya baterai Li Ni Mn 1X 7,6 Kwh 72 Volt. Kemudian untuk pengisian baterai dari 20 persen ke 100 persen membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Soal harga, mobil listrik Erolis akan dibanderol kisaran Rp 120 juta.

Selanjutnya, mobil listrik buatan Ciledug yang diprakarsai oleh PT Haka Motors yang ada di event PEVS 2022 adalah Smuth EV. Mobil ini berbetuk pikap serta mengusung warna hijau toska. Mobil listrik pikap ini mempunyai bobot 800 kilogram. Namun begitu, mobil listrik ini juga mampu memboyong beban sebesar 600 kilogram.

Baca juga  Pesan Mobil Listrik Nissan Ariya Limited, Bayar Rp 6,5 Juta

Soal dimensinya, Smuth EV memiliki ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.370 mm dan tinggi 1.500 mm. Adapun daya baterai pada kendaraan listrik tersebut, memiliki daya baterai Li Ni Mn 15,4 Kwh 72 Volt.

Dengan daya baterai yang seperti itu, Smuth EV diklaim mampu menempuh jarak 175 kilometer dengan kecepatan maksimum 70 kilometer per jam.

Oh ya, Smuth EV juga dilengkapi dengan partisi akrilik tembus pandang dan melindungi penumpang dari paparan sinar matahari. Untuk estimasi harganya yaitu Rp 150 juta.

“Mobil ini memang masih konsep, namun apabila ada konsumen yang berminat kita bisa membuatnya. Ke depan tentunya kami menuju untuk bisa memproduksi dan menjual mobil listrik dari Haka Motors,” tutup Karianto Saragih.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil listrik buatan Ciledug yang dimotori oleh PT Haka Motors hadir di PEVS 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika