Friday, February 3, 2023
Banner

Bocoran 8 Mobil Listrik Terbaru Tahun 2023 di Indonesia, Semurah Apa?

by Tigor Sihombing
mobil listrik terbaru tahun 2023

Berikut Moladin sampaikan prediksi mobil listrik terbaru tahun 2023 yang akan hadir di Indonesia. Mengingat di 2022 ini banyak pabrikan mobil yang sudah mulai percaya diri menjual mobil listrik, kemungkinan pada tahun ini, mobil bertenaga baterai bakal semakin ramai.

Pasar pun menanggapinya dengan baik. Seperti Hyundai yang sudah menjual ioniq 5 hingga nyaris 4.000 unit dengan masa inden hampir satu tahunan. Begitu pun dengan Wuling Air Ev yang sudah terjual 3 ribuan unit hingga hari ini.

Mengacu pada dua data tersebut, sudah bisa maka bisa dijadikan indikator, betapa pasar mobil listrik terbaru tahun 2023 nantinya akan bertambah seru. Apalagi kabarnya DFSK siap menghadirkan produknya seperti Mini EV dan Seres SF5. Lalu MG 4 EV pun siap meluncur di Tanah Air. Belum lagi Hyundai dengan amunisi Ioniq 6.

Lebih istimewanya lagi, mobil listrik mewah BMW i7 bakal hadir pada 2023. Ada pula Kia Niro EV sebagai SUV asal Korea Selatan.

Tahun ini pun semakin menarik, lantaran pemerintah mengatakan siap menggelontorkan subsidi untuk mobil listrik. Dengan demikian, harganya jadi lebih murah. Ingin tahu lebih detail soal bocoran mobil listrik 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

1. DFSK Mini EV

mobil listrik terbaru tahun 2023

Varian DFSK Mini EV lebih banyak

Mobil listrik terbaru tahun 2023 yanvg pertama datang dari DFSK. Dengan Mini Ev pabrikan asal China akan menyaingi Wuling dengan menjual micro car andalannya Mini EV.

Di perkenalkan pada pertengahan tahun 2022 ini di Indonesia, Mini EV memiliki kapasitas baterai 13,8 kw yang bisa melaju sejauh 180 km untuk sekali pengisian baterai. Sebagai mobil listrik, kata hemat tentunya akan menjadi nilai jual yang menarik.

“Mini EV bisa melaju 10 km hanya dengan menghabiskan biaya Rp 1.500. Dan ini kita harapkan tahun depan sudah mulai masuk pasar kita (Indonesia),” kata CEO PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus di booth DFSK, ICE BSD, Tangerang.

Menurutnya, peluncuran DFSK Mini EV di Indonesia salah satu komitmen perusahaan mendukung pemerintah yang mendorong industri elektrifikasi nasional. Bicara spesifikasi, mobil listrik mungil ini punya dimensi mirip dengan Wuling Air EV. Di atas kertas, panjangnya 2.995 mm, lebar 1,495 mm tinggi 1.640 mm dan wheelbase-nya 1.960 mm.

Baca juga  Harga DFSK Gelora E Rp 480 Jutaan, Mobil Listrik Termurah!

Bicara soal harga, DFSK bakal menjual Mini EV pada 2023 cukup terjangkau. Kemungkinannya mulai Rp 200 jutaan.

2. Seres SF 5

mobil listrik terbaru tahun 2023

SUV listrik Seres SF5 diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada Maret 2022 lalu. Seres merupakan merek mobil yang dimiliki induk perusahaan DFSK, yakni Chongqing Sokon Industry Group.

Sales and Marketing Director DFSK Indonesia Rifin Tanuwijaya menyebut mobil ini bakal diproduksi di Indonesia. Teteapi ia belum mengungkap jadwal perilisannya.

“Kita akan produksi dan rakit di Indonesia. Jual di Indonesia dan juga ekspor,” kata Rifin.

Seres SF5 dihadirkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Model ini didukung dengan teknologi High Performance Dual Electric Motor dimana sistem penggerak yang dianut menggunakan teknologi all wheel drive.

SUV ini dilengkapi dengan 2 motor listrik performa tinggi berupa SEP200AC dengan tenaga 255 kW di depan dan HW150 dengan power 150 kW di belakang. Catatan resmi DFSK mencatat akselerasi 0 – 100 kilometer per jam Seres SF5 hanya membutuhkan 4,7 detik saja.

Kedua motor listrik performa tinggi yang ditawarkan ini didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH. Pengemudi bisa memanfaatkan charging station dengan kemampuan fast charging untuk mengisi daya baterai 20% – 80% kurang dari 1 jam.

3. Hyundai Ioniq 6

Jarak tempuh Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6 sudah diperkanalkan di Korea awal semester kedua di 2022 lalu. Penjualannya melesat hingga tembus 37.446 unit.

Mengutip laman insideevs, penyebab banyak orang yang memesan Ioniq 6, salah satunya lantaran Hyundai membuka inden untuk mobil listrik tersebut sejak 22 Agustus 2022. Sementara untuk harganya mulai 56,050,000 Won atau setara Rp 618 jutaan.

Di Korea sendiri model ini baru akan diproduksi awal tahun 2023. Terkait spesifikasi, Ioniq 6 pertama kali terungkap di event Busan Motor Show pada bulan Juli 2022. Mobil tersebut tersedia dua pilihan baterai: 53 kWh dan 77,4 kWh. Ada pula 2 pilihan penggerak: roda belakang (RWD) dan All Wheel Drive (AWD).

Bicara kelebihan Hyundai Ioniq 6, baterainya dalam kondisi penuh bisa membawa mobil melaju hingga 610 kilometer. Kemudian, untuk akselerasi dari nol hingga 100 km/jam, hanya membutuhkan waktu 5,1 detik.

Baca juga  Pertamina Bangun 76 SPBU GES untuk Mobil Listrik

Nah, soal pengisian baterai. Mobil listrik dengan tampilan futuristik ini kabarnya hanya membutuhkan waktu 18 menit dari angka 10 persen hingga penuh. Sama dengan Hyundai Iniq 5, pada Ioniq 6 juga disediakan teknologi V2L atau Vehicle to Load yang berguna sebagai sumber tenaga listtrik yang bisa digunakan untuk mengecas perangkat elektronik.

Soal dimensi, Hyundai Ioniq 6 memiliki panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.495 mm. Oh ya, untuk jarak sumbu rodanya ada di angka 2.950 mm yang tentunya membuat ruang lutut dan kaki pada penumpang belakang lebih lega. Tak lupa, Hyundai Ioniq 6 juga dikabarkan dibekali dengan fitur Bluelink.

Ioniq 6 diprediksi akan masuk ke pasar Indonesia mulai pertengahan 2023.

4. Chery Omoda 5

mobil listrik terbaru tahun 2023

Omoda akan hadir dalam versi bensin dan listrik.

Seperti diketahui bahwa PT Chery Motor Indonesia baru saja meluncurkan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Hanya saja keduanya adalah SUV bermesin bensin. Nah di sela peluncuran kedua SUV tersebut, petinggi Chery memberi bocoran informasi soal kehadiran produk baru berikutnya yaitu Omoda 5 untuk tahun 2023.

“Jika tidak ada halangan, tahun depan akan kami luncurkan Chery Omoda 5. Nantinya akan ada pilihan mesin bensin dan listrik,” terang Shawn Xu selaku Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia.

Walau belum meluncur secara resmi di dunia, tapi bocoran spesifikasi Chery Omoda 5 EV terungkap lewat laman sosial media resmi Chery di negara tetangga. Khususnya di Facebook Chery Malaysia, merek mobil asal Cina ini meminta pendapat terkait kehadiran mobil listrik terbaru mereka.

Beberapa detail yang dijelaskan dari Omoda 5 EV adalah kemungkinan punya tenaga maksimal 204 PS dan torsi 400 Nm. Ada pula penggunaan baterai 64 kWh dengan jarak tempuh maksimal 450 Km. Baterai tersebut dapat dicas dengan kondisi 0-80 persen hanya dalam 40 menit (fast charging). Sementara kalau dengan cas biasa butuh 5 jam.

5. MG 4 EV

mobil listrik terbaru 2023 - mg 4 ev

MG 4 EV merupakan mobil listrik yang harganya terjangkau

Mobil listrik terbaru tahun 2023 selanjutnya MG 4 EV. Produk ini memiliki tampilan khas crossover, dengan kenggulan di jarak tempuh. Baterainya punya kapasitas sangat besar mencapai 64 kWh, mampu membawa mobil melaju hingga 579 Km. Pastinya jarak tempuh ini jauh melebihi Toyota bZ4X dan Hyundai Ioniq 5.

Baca juga  Peluncuran Toyota bZ4X di Asia, Sebentar Lagi!

Di Thailand sendiri, mobil MG 4 EV sudah dijual dengan harga 800-900 ribu baht atau setara dengan Rp 350-393 jutaan. Semoga saja ketika masuk Indonesia pada 2023, banderolnya tetap terjangkau.

6. Volvo XC40 EV

mobil listrik terbaru tahun 2023 - volvo xc40 ev

Mobil listrik Volvo XC40 Recharge EV

Mobil listrik terbaru tahun 2023 selanjutnya adalah Volvo XC40 Recharge EV. Peluncurannya sudah digembar-gemborkan terjadi pada Maret 2023, bahkan harganya juga sudah dibocorkan sekitar Rp 1,22 miliar.

Bicara soal kelebihan, Volvo XC40 EV punya jarak tempuh 438 Km. Kemudian untuk performanya 0-100 km/jam bisa dilibas hanya dalam 4,9 detik. Di atas kertas motor elektrik di Volvo XC40 EV bisa menghasilkan torsi 660 Nm dan tenaga 408 hp. Lalu untuk kecepatan maksimalnya 180 km/jam.

7. Kia Niro EV

mobil terbaru 2023 - Kia Niro EV

Kia Niro EV

Kia siap menambah lini produk mobil listrik untuk 2023 yaitu lewat Niro EV. Tampilannya khas SUV, memiliki baterai lithium-ion berkapasitas 64,8 kWh. Dalam kondisi baterai penuh, jarak tempuhnya bisa mencapai 460 Km.

Bicara performa, Kia Niro EV memiliki motor elektrik yang bisa melontarkan torsi hingga 255 Nm dan tenaga 201 hp. Sementara penggeraknya pakai roda depan.

Hadirnya Niro EV sesungguhnya bukan rahasia lagi, Kia pernah membawanya di GIIAS 2022. Bahkan sudah membuka keran pemesanan, hanya saja soal harga resminya belum diumumkan. Kia berjanji pada 2023, mobil ini bakal meluncur secara resmi.

8. BMW i7

Mobil listrik BMW i7

Mobil listrik BMW i7 yang super mewah

Mobil listrik tahun 2023 akan semakin beragam lewat kemunculan BMW i7. Ini adalah sedan mewah yang menggunakan sumber energi baterai. Bahkan bisa dikatakan, kehadirannya akan menjadi mobil listrik termewah di Indonesia.

BMW memimpin segmen kendaraan mewah ke era baru yang akan dibentuk oleh inovasi di bidang keberlanjutan dan digitalisasi. Dengan BMW i7, produsen kendaraan premium paling sukses di dunia menciptakan cara berwawasan ke depan untuk menikmati kenikmatan berkendara, kenyamanan jarak jauh yang tak tertandingi, dan pengalaman digital paling inovatif,” kata President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan. 

Demikian ulasan mobil listrik terbaru tahun 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika