by

7 Penyebab Mobil Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

Sering di alami pemilik kendaraan, mobil susah hidup khususnya di pagi hari. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas kalian.

Terlebih untuk kamu yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Perkara mobil susah distarter tentu sangat tidak mengenakkan.

Umumnya mobil susah hidup, biasanya menimpa kendaraan yang jarang di servis. Oleh karenanya, agar tidak terjadi sebaiknya kamu selalu melakukan perawatan berkala tiap 10 ribu Km atau enam bulan sekali. Dijamin, persoalan seperti ini tidak akan terjadi.

Ketika menghadapi masalah mobil susah distarter, sejatinya kalian tak perlu panik ataupun khawatir. Karena selalu ada solusi dari setiap permasalahan yang terjadi pada kendaraan kamu.

Berikut ini, Moladin akan memberi gambaran singkat untuk dapat segera mengatasi mobil yang tidak bisa hidup. Simak bahasan di bawah ini:

Kenapa Mobil Susah Distarter?

Mobil susah hidup
Mobil yang susah distarter biasanya jarang melakukan servis atau perawatan berkala

Umumnya masalah mobil susah hidup ketika di pagi hari, menimpa mobil bermesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Hal ini sering terjadi pula pada pemilik mobil tua, karena memang mobil modern sudah mengandalkan sistem injeksi.

Pun begitu, tidak menutup kemungkinan juga akan menimpa mobil-mobil mesin bensin injeksi dan mesin diesel. Oleh karena itu, sebaiknya kalian mengenali gejala atau masalah yang terjadi ketika mobil susah distarter..

Tercatat setidaknya ada tujuh hal yang memicu mobil sulit distarter ketika ingin digunakan. Ingin tahu apa saja? Simak ulasan lengkapnya sampai habis:

1. Baterai atau Aki Sudah Tidak Dalam Kondisi Prima

Aki soak menyebabkan mobil susah hidup
Aki soak menyebabkan mobil tidak mau hidup

Aki yang soak atau tegangan berkurang dapat menyebabkan mobil susah hidup. Sederhananya, aki merupakan sumber tenaga untuk sistem kelistrikan yang ada di mobil.

Jika tegangan aki lemah, maka tidak akan bisa mengalirkan listrik ke dinamo starter. Dampaknya, putaran dinamo starter jadi pelan atau bahkan tidka mau berputar sama sekali. Inilah yang membuat mobil susah distarter.

Guna mengetahui secara pasti masalah yang terjadi pada tegangan aki mobil, sebaiknya kamu mengukur dengan voltmeter atau multimeter. Jika kamu menemukan tegangan di bawah 12 Volt, artinya aki sudah lemah.

Nah, ada solusinya jika memang aki mobil kalian yang bermasalah. Namun langkah ini diperuntukan bagi mobil dengan transmisi manual, Sob!

Baca juga  8 Cara Mengganti Oli Mobil yang Mudah dan Cepat

Kalian bisa menghidupkan mobil dengan cara mendorongnya. Masukan gigi atau transmisi pada posisi gigi 2, ketika mulai berjalan kopling lepas sambil dihentakan. Maka mobil akan bisa dinyalakan meski tanpa tegangan listrik baterai.

Hanya saja jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, maka tips selanjutnya agar mobil mudah distarter dengan ganti aki baru. Lalu akan lebih baik bila pakai aki kering, karena perawatannya minim. Meski demikian, harganya cukup mahal.

2. Cek Busi, Karena Berpotensi Menyebabkan Mobil Mogok

penasaran-dengan-fungsi-busi-motor?-ternyata-begini-lho
Ketika busi bermasalah, berpotensi membuat mobil susah hidup

Busi yang sudah kurang baik bahkan mati, berpotensi membuat mobil susah hidup. Kemungkinan masalah ini disebabkan busi kotor, atau sudah termakan usia.

Masalah yang kerap terjadi di busi, selain kotor bisa jadi celahnya terlalu besar atau terlalu rapat. Dampaknya bisa menyebabkan mesin mobil jadi sulit dinyalakan.

Untuk mengetahui masalah ini, kalian perlu untuk melepas busi dan perhatikan apakah busi tersebut kotor? Jika memang kondisinya seperti itu, kalian bisa bersihkan bagian kepala busi.

Namun jika dirasa sudah tak lagi bisa digunakan, sebaiknya segera lakukan penggantian. Agar mesin mobil kembali dalam kondisi yang prima.

“Kalau dari pabrikan, biasanya dianjurkan untuk melakukan penggantian busi selama 10.000 kilometer atau 20.000 kilometer. Ini juga untuk penggunaan busi standar,” jelas Arif, dari DD Motor, Jakarta Selatan.

Kemudian kalau ganti busi, sebaiknya pilih yang model iridium. Busi iridium lebih tahan lama serta punya sistem pengapian yang lebih baik. Hanya saja memang harganya mahal.

“Ya ada harga ada rupa, kan. Kalau pakai yang standar ya sah-sah saja, tetapi kalau pakai busi mobil yang lebih bagus, juga bisa banget. Harganya bisa Rp 200 ribuan (per satu busi),” imbuhnya.

3. Mobil Lawas Biasanya Mengalami Karburator Banjir

penyebab mobil susah hidup - karburator mobil rusak
Karburator memang rentan dengan cuaca, terlebih dingin pagi hari

Bagi para pengguna mobil lawas atau tua, biasanya pernah mengalami mobil susah hidup terlebih saat pagi hari atau mobil dingin.

Seperti diketahui, mobil keluaran lama masih menggunakan sistem karburator. Permasalahan yang kerap terjadi, karburator itulah jadi penyebabnya. Karburator mobil bisa saja banjir atau asupan bensinnya kurang. Efeknya mobil jadi sulit distarter

Baca juga  Jenis Air Wiper Untuk Mobil dan Rekomendasi Produk Terbaiknya!

Jika ini menimpa kalian, sebaiknya kamu bisa membongkar karburator dan menyetel pelampungnya. Namun jika kalian merasa kesulitan, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel terdekat dari rumah kalian.

“Selang bensin sering juga bocor. Ini yang kadang sering menjadi penyebabnya. Solusinya? Ganti saja langsung, beres urusannya,” kata Nawawi, mekanik jebolan Auto2000 yang kini buka bengkel di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Persoalan karburator lain, biasanya tidak mudah beradaptasi dengan cuaca. Kalau dingin seperti pagi hari, maka kinerja karburator bisa melemah sehingga mobil susah distarter.

4. Water Temperature Sensor (WTS) Mengalami Masalah

WTS terkendala mengakibatkan mobil mogok
WTS terkendala mengakibatkan mobil mogok

Lain halnya dengan mobil bermesin karburator, untuk mobil bermesin injeksi seperti mobil-mobil terbaru saat ini. Penyebab mesin mobil susah hidup bisa ditenggarai oleh sensor WTS di bagian sistem injeksi mengalami masalah.

WTS merupakan sebuah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Apabila WTS mengalami masalah, maka akan mempengaruhi sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil jadi susah hidup alias mogok.

Ketika hal ini terjadi, sebaiknya kalian memanggil jasa home service yang kini sudah tersedia di bengkel resmi seluruh merek mobil di Indonesia. Jangan sampai kalian abaikan dalam waktu yang lama, agar kerusakan tidak meluas ke komponen mesin lainnya.

5. Pompa Bensin Bekerja Tidak Sempurna

Pompa bensin
Pompa bensin yang mampet membuat sistem pembakaran bermasalah

Kendala lainnya yang bisa menyebabkan mobil susah hidup adalahnya komponen pompa bensin yang mulai melemah. Tugas utama pompa bensin ialah memompa bahan bakar dari tangki menuju sistem pembakaran, seperti injektor.

Jika pompa bensin sudah lemah berdampak pada aliran bensin jadi tidak lancar. Alhasil dapat menyebabkan mesin mobil jadi sulit di starter.

Bila pompa bensin sudah lemah atau bahkan mati, sebaiknya kamu bisa segera untuk melakukan penggantian. Namun ada trik untuk bisa mengatasi kondisi seperti ini.

Caranya ketika kunci pada posisi ‘ON’ namun pompa bensin tidak berbunyi. Kamu bisa berikan pukulan ringan beberapa kali. Biasanya jika kerusakan belum terlalu parah, pompa bensin akan hidup kembali.

“Fuel pump itu kan menghantarkan bensin atau bahan bakar ke mesin, jangan sampai fuel pump ini rusak atau mati. Akibatnya, mesin tentu susah dihidupkan,” beber Nawawi.

Baca juga  5 Cara Over Kredit Mobil, Dari Awal Hingga Akhir!

6. Koil Mengalami Kerusakan

Koil rusak berpotensi sebabkan macet
Koil rusak berpotensi sebabkan macet

Tak hanya busi, namun koil turut andil yang membuat mobil susah hidup. Fungsi koil adalah menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki. Selanjutnya arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api.

Apabila sewaktu-waktu mobil sulit untuk di starter, kamu bisa cek koil di ruang mesin. Koil yang rusak bisa diketahui dari suhunya yang terlampau panas.

Umumnya koil yang rusak bisa diketahui pula dari terjadinya keretakan hingga menyebabkan kebocoran listrik. Kemudian jika hal itu terjadi, lakukan penggantian merupakan jalan terbaik supaya kondisi mobil kembali normal dan bisa distarter lagi.

7. Alternator yang Sudah Termakan Usia

alternator di mesin mobil
Alternator di mesin mobil yang mengalami kerusakan bisa membuat mobil tidak bisa hidup

Permasalahan lainnya yang menyebabkan mobil susah hidup mungkin ditenggarai alternator yang rusak. Mengingat alternator mobil merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki.

Komponen ini mengalami kendala, maka bisa dipastikan mobil pun pasti tak akan bisa menyala. Meski aki dalam kondisi baik. Alternator sebenarnya tidak mudah mengalami kerusakan.

Biasanya kerusakan terjadi pada mobil-mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Bila menemui kerusakan pada bagian ini, penanganan yang dapat dilakukan ialah melakukan perbaikan di bengkel.

Gimana sekarang sudah tahukan apa saja penyebab mobil susah distarter atau tidak bisa di starter? Masalah ini bisa disebabkan oleh busi, karburator, atau aki yang mengalami masalah.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian cek seluruh komponen di atas secara menyeluruh. Air radiator atau setelan udara dan bahan bakar pada karburator terkadang mempengaruhi mobil jadi susah untuk dinyalakan.

Saat mobil mogok, namun kalian dirasa kurang memiliki pengetahuan seputar mobil. Alangkah baiknya jika kamu memanggil seorang ahli atau mekanik kerumah untuk melakukan perbaikan.

Setidaknya kamu bisa mencari solusi secepatnya untuk dapat segera memperbaiki kendaraan kesayanganmu.

Semoga informasi seputar otomotif ini dapat bermanfaat dan membantu kalian, ketika menghadapi situasi mobil susah hidup. Selamat mencoba, Sob!

Terbaru