by

10 Mobil Terunik di Dunia, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Tak semua mobil punya desain yang sempurna, namun ada juga mobil terunik di dunia yang patut kalian ketahui. Mengingat populasinya juga sebenarnya juga banyak secara global.

Entah apa yang dipikirkan pabrikan ketika mendesain mobil hingga akhirnya merilis mobil terunik di dunia. Sebagian besar memang tak masuk jalur produksi, dan hanya sebatas versi konsep saja.

Umumnya setelah resmi dirilis dan diperkenalkan ke publik, tak mendapatkan sambutan positif. Hingga akhirnya diputuskan untuk tidak masuk jalur produksi.

Pun begitu, tak semua mobil terunik di dunia tersebut tak masuk jalur produksi. Karena sebagian juga ada yang dijual secara massal, Sob!

Penasaran ingin tahu apa saja mobil terunik di dunia dan bisa dibilang cukup aneh? Berikut ini Moladin akan memberikan sejumlah mobil terunik di dunia:

1. March Engineering 711, Jadi Mobil Terunik di Dunia

March Engineering 711, Mobil terunik di dunia
March Engineering 711, mobil terunik di dunia yang pernah berkiprah di Formula 1

Pilihan pertama mobil terunik di dunia adalah lansiran March Engineering. Mereka sukes menghadirkan desain mobil balap unik yang diberi nama Spitfire. Mobil itu pertama kali dirilis bersamaan dengan ajang Formula 1.

Sayangnya, mobil yang dirilis March tersebut dianggap aneh. Karena punya sayap pada bagian depan mobil yang membuatnya terlihat beda untuk sebuah mobil F1.

2. Dogde Deora 1967, Unik Lantaran Menggabungkan Desain Pikap dan Sedan

Dodge Deora 1967
Dodge Deora 1967, jadi mobil terunik dunia karena punya desain pikap dan muscle car

Masuk dalam daftar mobil terunik di dunia kedua adalah Dodge Deora 1967. Pada tahap pengembangannya, mobil ini mengusung konsep yang menggabungkan mobil pikap dengan gaya yang sportif.

Keunikan mobil ini adalah punya desain ala muscle car, namun dengan bak terbuka yang sangat luas. Desainnya pun terlihat seperti sebuah sedan bertenaga buas lansiran Dodge.

Namun tampaknya, konsep desain awal pabrikan tidak berjalan mulus. Karena desain mobil ini justru terlihat lebih unik, dan malah tak sedap untuk dipandang.

Baca juga  Mobil Listrik Lexus Meluncur 25 November, Ini Sosoknya

Akhirnya, pihak pabrikan pun menolak untuk memproduksi mobil unik yang ide pertamanya lahir dari Alexander bersaudara tersebut. Tertarik modifikasi mobil seperti ini?

3. Electric Car

Electric Car
Electric Car jadi salah satu mobil terunik di dunia

Awal kemunculannya, Electric Car sejatinya sebagai terobosan baru dalam teknologi otomotif dunia. Di mana mobil ini mengusung konsep mobil ramah lingkungan.

Mengapa masuk dalam daftar mobil terunik di dunia? Karena mobil ini mengandalkan panel surya yang akan mengubah panas sinar matahari menjadi listrik sebagai bahan bakar utamanya.

Sangat disayangkan, mobil unik ini tidak dapat memikat hati konsumen. Meski mengusung konsep ramah lingkungan, dari sisi desain Electric Car dianggap kuno. Karena punya desain yang lebih mirip kereta kuda zaman kerajaan daripada mobil futuristik modern.

4. Ford Upside Down, Mobil Dengan Desain Terbalik

Ford Upside Down
Ford Upside Down jadi mobil terunik di dunia karena punya desain terbalik

Mobil satu ini bisa dibilang sebagai salah satu produk gagal yang dihasilkan Ford, dan masuk dalam kategori sebagai mobil terunik di dunia. Mobil rancangan Jeff Block itu punya desain unik dengan casing ban mobil yang berada di atas sehingga terlihat terbalik.

Ford Upside Down kerap tampil di ajang musim balap Lemons. Mobil unik ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.300 cc yang mampu melaju dengan stabil.

Walaupun jika dilihat secara sepintas, mobil ini tak mumpuni untuk diajak berjalan. Layaknya mobil-mobil pada umumnya.

5. Ferrari Pininfarina 512 S Modulo

Ferrari 512 S Modulo Pininfarina
Ferrari 512 S Modulo Pininfarina

Nama besar Ferrari di industri otomotif dunia tentunya tak perlu diragukan lagi. Namun siapa sangka, produsen supercar asal Italia itu pernah merilis mobil terunik di dunia.

Baca juga  5 Pilihan Mobil Listrik Terbaik Untuk Masyarakat Indonesia

Ferrari sendiri dikenal kerap memproduksi mobil-mobil dengan desain mewah, elegan, dan bertenaga. Hal tersebut seakan berbanding terbalik jika kalian melihat sosok Pininfarina 512 S Modulo.

Pininfarina 512 S Modulo dirancang pada tahun 1970 silam. Sayangnya, mobil satu ini tidak diterima dengan baik dipasaran, hingga akhirnya Ferrari memutuskan untuk menghentikan produksi untuk produk yang satu ini.

6. Chaparral 2H

Chaparral 2H
Chaparral 2H

Chaparral 2 H menjadi salah satu mobil terunik di dunia. Mobil unik ini didesain lengkap dengan sayap di abgian tengah mobil, serta dengan dua lengan yang menjulang ke atas.

Tentunya jika baru melihat, mobil ini akan terlihat aneh bukan. Kemungkinan, pihak pabrikan mengusung desain mobil balap. Namun sayangnya, desain tersebut justru dianggap sedikit aneh bagi kebanyakan orang.

7. Dream Car 123

Dream Car 123
Dream Car 123, mobil terunik yang punya desain segitiga

Dream Car 123 juga masuk dalam kategori mobil terunik di dunia. Mobil ini hasil rancangan Greg Zanis yang diklaim sebagai mobil futuristik.

Alasannya karena mobil ini mengusung motor elektrik sebagai jantung pacunya. Sangat disayangkan mobil ini punya desain yang justru terlihat lucu dan aneh. Karena mobil ini punya desain segitiga, dan lebih terkesan seperti sebuah pesawat alien yang sering terlihat di film science fiction era tahun 60-an.

8. General Motors Firebird XP-21

General Motors Firebird XP-21
General Motors Firebird XP-21

Selain Ford, pabrikan asal Amerika Serikat lainnya yakni General Motors pun pernah merilis mobil terunik di dunia. Hal ini terlihat dari tampilan dan eksteriornya yang punya desain aneh.

Lihat saja, desainnya justru mirip dengan sebuah pesawat jet. Mesin punya menghasilkan tenaga hingga 370 Hp pada 26.000 rpm yang tergolong besar dikelasnya. Tertarik punya mobil bercita rasa pesawat yang satu ini?

9. Peel P50

Peel P50
Peel P50

Peel P50 masuk dalam daftar mobil terunik di dunia. Kategori unik pada mobil satu ini lantara punya desain mungil.

Baca juga  Era Mobil Listrik di Indonesia Segera Tiba

Mobil yang diproduksi di tahun 1962 tersebut diengkapi dengan 2 roda di depan dan satu roda dibagian belakang. Uniknya mobil itu hanya memiliki satu pintu di sebelah kri dan satu tempat duduk untuk pengemudi.

Peel P50 tidak dilengkapi dengan reverse gear atau gigi mundur, jadi untuk memundurkan mobil ini kita harus keluar dan membalikkan mobilnya dengan mengangkat pegangan besi di bagian belakang. Wah.. agak sedikit merepotkan, ya!

Masuk ke dalam mobil ini juga bukan perkara mudah. Karena jika tidak mengikuti cara yang tepat, mobil berpotensi terjungkir.

Sekadar informasi, mobil ini ditawarkan dengan banderol 1.400 poundsterling atau setara dengan Rp26 jutaan.

10. Colim, Mobil Unik dengan Konsep Karavan

Colim Karavan
Colim Karavan

Mengusung konsep mobil karavan, Colim diklaim sebagai salah satu mobil terunik di dunia. Hal ini lantaran bagian depan dan belakangnya bisa dilepas.

Bagian depan merupakan bagian kendali kemudi dan bagian belakang adalah bagian yang berfungsi sebagai “rumah”. Tetapi sayangnya mobil ini hanya berstatus konsep saja, karena masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis secara resmi.

Bila teralisasi dan masuk jalur produksi, tentunya mobil ini cukup menarik. Mungkin saja mampu menarik animo masyarakat dunia, yang hobi berpetualang.

Sekarang sudah tahukan mobil terunik di dunia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan mungkin bisa menjadi inspirasi kalian yang ingin memodifikasi kendaraan.

Baca juga:

Terbaru