Monday, October 3, 2022

5 Mobil untuk Campervan, Mulai Rp 20 Jutaan

by Tigor Sihombing
mobil untuk campervan

Tren mobil untuk campervan saat ini sedang digandrungi. Hal tersebut karena banyak orang yang beralih, dari yang suka berlibur di keramaian, menjadi private.

Hal ini terjadi sejak kampanye jaga jarak yang terus digaungkan, lantaran kasus Covid 19 yang melanda dunia. Hingga akhirnya, kini orang masih agak takut untuk berkerumun. Kemudian memilih cara lain dalam menikmati liburan yang aman dan nyaman.

Dan kenyataanya memang liburan yang aman dan nyaman tidak melulu harus stay di hotel. Ada cari lain yang juga menarik dan menimbulkan sensasi yang berbeda, misalnya dengan mobil campervan.

Ngomong-ngomong soal mobil campervan, kira-kira adakah spesifikasi khusus agar bisa diubah menjadi kendaraan yang proper untuk campervan?

“Kalau secara teknis, tidak ada mobil khusus untuk camper. Semua mobil bisa diajak camping. Tapi jika sebuah mobil dibangun menjadi sebuah campervan, ya seharusnya mobil harus layak, agar nyaman untuk ditiduri” kata Aji, member komunitas Indonesia Motorhome.

Begitu juga dengan Totok, pemilik JakartaCampervan.id. Menurutnya sebuah bahan campervan harus memiliki dasar ruang yang lega.

“Yang penting harus lega, supaya mudah didesain senyaman mungkin untuk ditinggali,” tambah Totok.

Lantas, mobil-mobil apa saja yang bisa dijadikan campervan? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Daihatsu Gran Max

Mobil untuk Campervan

Daihatsu Gran Max Campervan

Mobil untuk campervan yang pertama adalah Daihatsu Gran Max. Dalam kondisi standar, Daihatsu Gran Max sudah bisa langsung dijadikan campervan, tanpa perlu kamu memodifikasinya.

Baca juga  Spesifikasi Nissan Livina Sporty Package, Cuma 100 Unit

Mobil ini sangat cocok untuk para pemula yang sesekali ingin melakukan camping di alam terbuka bersama mobil. Apa lagi, Daihatsu Gran Max memiliki pintu geser yang tantunya sangat praktis digunakan. 

Begitu juga dengan jok tengah dan belakang yang bisa dilipat rata. Pokoknya dengan hanya menambah kasur tipis, Daihatsu Gran Max sudah bisa ditiduri dengan nyaman.

Selain itu, dimensinya yang lebar juga memudahkan kamu untuk melakukan modifikasi karoseri. Misal untuk menambah lemari, atau bahkan meletakan televisi sebesar 21 inci.

Untuk bahanya juga banyak di pasar mobil bekas. Ada yang model passanger ada yang model blind van. Harga bekasnya di Moladin.com mulai Rp 40  – 120 jutaan tergantung tahun dan kondisi.

Kalau untuk harga barunya saat ini berkisar dari Rp 156 – 224 jutaan.

2. Hyundai H1

Mobil untuk Campervan

Ilustrasi Hyundai H1 yang diubah jadi campervan

Mobil untuk campervan berikutnya adalah Hyundai H1. Sebuah big MPV yang memiliki kelegaan pada interior yang luar biasa.

Mobil seperti ini tentunya sangat mudah untuk diubah menjadi “kamar berjalan” seperti layaknya campervan.

Hyundai H-1 memiliki dua konfigurasi mesin, bensin dan diesel. Untuk harga pasarannya juga lumayan terjangkau, yakni dari Rp 120 jutaan untuk versi bensin 2011, dan Rp200 jutaan untuk Hyundai H1 diesel lansiran 2014.

Baca juga  Harga Wuling Confero Setelah PPnBM, Turun Rp 11,5 Juta

Untuk saat ini Hyudai H1 hanya tersedia bekasnya. Karena untuk generasi terbaru sudah diteruskan oleh Staria.

Di pasaran mobil bekas, ada 3 varian yang tersedia, Hyundai H1: 2.5L CRDi Elegance, 2.5L CRDi XG and 2.5L CRDi Royale. Semua type ini menggunakan konfigurasi duduk captain seat.

Meski begitu, seperti gambar di atas kamu bisa menambahkan tenda dan memodifikasi interiornya agar lebih nyaman untuk ditiduri bersama keluarga.

3. Suzuki APV

Mobil untuk Campervan

Suzuki APV juga cukup untuk modal bahan campervan

Mobil untuk campervan berikutnya adalah Suzuki APV. Mobil MPV dari Suzuki saat ini juga banyak digunakan orang untuk diubah menjadi sebuah mobil campervan yang proper.

Dalam artian bagian interior diganti menjadi karoseri yang beralih fungsi menjadi ruang tidur, atau tampat cuci piring dan laci-laci penyimpanan. Alasan Suzuki APV banyak digunakan adalah kapasitas bodynya yanvg terbilang bongsor yang tentunya asyik untuk dimaksimalkan.

Belum lagi keandalan Suzuki APV yang sudah teruji belasan tahun hingga saat ini. Suzuki APV masih ada barunya. Berkisar dari Rp 150 – 250 jutaan.

Jika sayang untuk menggunakan mobil baru, bisa sasar mobil bekasnya. Unitnya saat ini berlimpah dengan harga yang terjangkau. Misal untuk Suzuki APV 2006 saat ini dibanderol dengan harga Rp 60 jutaan. Tertarik ?

Baca juga  5 Perbedaan Hyundai Staria dan H-1, Jadi Lebih Baik?

4. Nissan Evalia

mobil untuk campervan - nissan evalia

Nissan Evalia versi bekas, bisa diperoleh dengan harga mulai Rp 60 jutaan

Tidak bisa dipungkiri jika Nissan Evalia unit bekasnya berlimpah di pasaran. Meski unit barunya sudah tidak lagi dipasarkan, Nissan evalia memiliki desain yang cocok sebagai mobil yang asyik diajak camping.

Apa lagi mobil ini memiliki 2 buah pintu geser yang membuatnya sangat praktis untuk dijadikan campervan. Belum lagi soal harga yang terjangkau.

Di pasar mobil bekas, Nissan Evalia dipasarkan mulai Rp 60 jutaan untuk tahun 2012. Jika ingin yang lebih muda lagi, harganya lebih mahal, yakni Rp 108 juta untuk tahun 2015. 

5. Toyota HiAce

mobil untuk camper

Hiace versi terbaru cocok jadi Campervan

Mobil untuk Campervan berikutnya adalah HiAce. Sejak mula diciptakan, mobil ini memang diperuntukan sebagai kendaraan komersial kelas menengah.

Di Indonesia saat ini Toyota HiAce digunakan secara luas dalam berbagai konfigurasi untuk kebutuhan berbagai macam bisnis. Misalkan sebagai mobil tranporter antar kota, Jakarta – Bandung misalnya.

Unit bekasnya pun beragam. Karena HiACe sudah sejak tahun 1970an untuk model pikap dan minibus. Untuk harga bekasnya, Toyota HiAce masih lumayan tinggi.

Untuk versi modern di atas tahun 2010 harga bekasnya mencapai Rp 250 – 350 jutaan. Nah kalau kamu ingin bikin campervan dari bahan retro, HiAce tahun 1980-an bisa diboyong degan harga Rp 20 jutaan.

Demikian ulasan terkait mobil untuk campervan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika