oleh

7 Rekomendasi Mobil yang Pakai Sunroof

Berikut Moladin sampaikan deretan mobil yang pakai sunroof. Siapa tahu bisa jadi sumber refrensi kamu sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

Di era modern seperti saat ini, menemukan mobil baru yang menggunakan sunroof bukan lah perkara sulit. Berbeda dengan jaman dahulu, di tahun 1990an misalnya, dimana sunroof hanya digunakan pada mobil-mobil mewah yang didominasi oleh produk Eropa.

Tapi sekarang, hampir semua pabrikan mobil termasuk Jepang, Korea, hingga China berlomba-lomba menghadirkan sunroof pada kendaraan yang dijualnya.

Kelasnya pun bergeser, dari yang awalnya hanya ada pada mobil mewah, kini mobil yang menggunakan fitur sunroof sudah bisa dinikmati pada mobil-mobil yang berharga dikisaran Rp 200 jutaan. Dalam artian sudah bisa dinikmati tidak hanya pada mobil mewah saja.

Saat ini fitur sunroof juga sering menjadi bahan pertimbangan utama dalam orang memutuskan untuk membeli mobil. Salah satunya adalah Andre Komet, pekerja swasta yang berdomisili di kawasan Tebet Jakarta Selatan.

Iya berencana membeli mobil baru yang sudah memilki fitur sunroof. Menurutnya mobil yang sudah ada fitur sunroofnya tidak membosankan.

“Saya sering bepergian jarak jauh untuk keperluan dinas, durasi saya berkendara di mobil itu lama biasanya, bisa 4-7 jam kalau keluar kota. Jadi menurut saya, sunroof adalah solusi untuk mencegah bosan di dalam mobil. Selain itu interior mobil jadi bisa terlihat lebih terang dan segar,” kata Andre.

Nah mungkin saat ini kamu sedang berada di posisi yang sama seperti Andre. Dimana sedang berencana untuk membeli mobil yang menggunakan sunroof.

Baca juga  Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Versi Indonesia

Tidak perlu khawatir, saat ini pilihannya sudah banyak kok. Dengan range harga yang luas mulai Rp 200 jutaan dengan merek beragam. Untuk lebih lengkapnya, berikut ragam mobil yang pakai sunroof yang berhasil Moladin rangkum.

1. Wuling Cortez EX

Mobil yang Pakai Sunroof

Mobil yang pakai sunroof yang pertama adalah Wuling Cortez. Ini menandakan kamu tidak perlu uang banyak untuk mendapatkan mobil yang sudah menggunakan sunroof.

Pada namun tidak semua Wuling Cortez mengusung fitur sunroof. Fitur sunroof pada New Wuling Cortez facelift 2022 hanya ada pada type EX.

MPV Wuling type ini dibaderol Rp310.650.000 juta. Banderol tersebut merupakan harga subsidi mengikuti PPnBM yang diberikan pabrikan Wuling, dimana harga sebenarnya adalah Rp325.650.000.

Hal menarik soal fitur electric sunroof pada Wuling Cortez EX 1.5T adalah mengenai kekampuannya yang bisa dibuka melalui remote dan perintah suara. Bagaimana, tertarik meminang Cortez ?

2. Hyundai Creta type Prime

Mobil yang Pakai Sunroof

Mobil yang pakai sunroof berikutnya rekomendasi Moladin adalah Hyundai Creta. Kamu bisa menemui sunroof besar pada Hyundai Creta di tipe Prime.

Bahkan, sunroof ini bisa dikategorikan sebagai sunroof panoramic karena membentang hampir sepanjang atap dari Hyundai Creta.

Bukaannya pun sudah otomatis, sedikit tekanan tombol pada bagian atas, maka sunroof akan membuka atau menutup secara otomatis. Untuk membuka penutupnya, cukup tekan tombolnya setengah saja.

Nah yang paling menarik, bahkan jika kamu memiliki Hyundai Creta bukan type tertinggi, kamu bisa menambahkan fitur-fitur sesuai keinginan dari pabrik, tidak perlu melakukan modifikasi dari pihak ketiga.

Baca juga  MG ZS Facelift, Meluncur 9 September 2021

Untuk sunroof, kamu cukup menambah Rp 15 juta, untuk menambahkan ke Hyundai Creta pilihan Anda yang belum memiliki sunroof. Hyundai Creta Prime sendiri dibanderol Rp 397,5 juta.

3. Pajero Sport Dakar

penjualan mitsubishi pajero sport 2021
Varian Pajero Sport Dakar jadi yang terlaris dipilih konsumen

Pada model SUV lainnya, kamu bisa lirik Pajero Sport. Sebagai salah satu SUV terlaris, unit Pajero Sport yang menggunakan fitur sunroof hanya ada pada varian Dakar dan versi terbatas dari Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition.

Patut diketahui, Pajero Sport memiliki harga yang lumayan tinggi, apa lagi mobil ini tidak mendapatkan potongan PPnBM dari pemerintah, karena kandungan lokalnya kurang memenuhi syarat yang dianjurkan pemerintah. Berikut harga Pajero Sport Dakar.

Harga Pajero Sport Dakar mulai dari Rp 580,7 juta. Menarik bukan?

4. KIA Seltos Type EXP

Daftar kekurangan Kia Seltos
Ilustrasi Kia Seltos

KIA Seltos memiliki tiga varian, mulai dari E, EX dan EXP. Tipe tertinggi adalah EXP memiliki sunroof yang dioperasikan secara otomatis.

Sunroof ini juga bisa dibuka hanya dengan menekan tombol yang berada di kabin. Sementara untuk tipe EX san E tidak tersedia sunroof.

Saat ini KIA Seltos 1.4 L EX P A/T dibandero pada kisaran harga Rp 374 jutaan.

5. VW T-Cross

Mobil yang Pakai Sunroof
Sosok VW T-Cross di Indonesia

Mobil yang pakai sunroof berikutnya adalah VW T-Cross. Mobil SUV ini baru saja dipasarkan di Indonesia pada Februari 2022 lalu.

Baca juga  3 Kelebihan Rocky-Raize 1.2 Liter, Masih Ragu Beli?

PT Garuda Mataram Motor (GMM) memasarkan Volkswagen T-Cross dengan harga Rp488 juta on the road, hanya satu type.

Volskwagen T-Cross sengaja dibawa ke Indonesia untuk mengisi pasar premium SUV kompak yang kosong. Maka dari itu Volkswagen T-Cross harus memiliki banyak kelebihan.

Salah satunya adalah dengan hadirnya sunroof di Volkswagen T-Cross. Kehadiran sunroof setidaknya membuat tampilan luar mobil itu jadi lebih bergaya.

6. MG ZS

Mobil yang Pakai Sunroof
MG ZS varian tertinggi sudah punya sunroof

MG ZS hadir di Indonesia hanya mengusung dua varian, Ignite dan Excite. Nah yang mengusung sunroof adalah versi tertingginya MG ZS Ignite 1.5L Turbo 4AT dibanderol Rp 295.800.000.

Mobil ini menarik, punya atap dengan panoramic sunroof yang ukurannya maxi, bahkan lebih besar dari Honda CR-V.

7. KIA Sonet

Mobil yang Pakai Sunroof

Mobil yang pakai sunroof berikutnya adalah KIA Sonet. Meski SUV ini dibanderol di bawah Rp 300 juta namun tetap mengusung fitur sunroof.

Untuk sunroof Kia Sonet sendiri dapat dioperasikan secara tilt atau dibuka separuh ke atas serta bisa juga dibuka seluruhnya dengan digeser secara otomatis ke bagian dalam.

Hadirnya fitur sunroof ini, berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara tambahan ketika kita sedang berkendara dan ingin merasakan udara segar. Selain itu, kehadiran fitur sunroof ini juga secara tidak langsung bisa memberikan kesan lebih lapang pada bagian dalam.

Fitur sunroof pada KIA Sonet hanya ada pada type tertinggi Premiere (AT), dibanderol Rp 289.000.000.

Demikian ulasan terkait 7 mobil yang pakai sunroof. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru