VIDEO: Yamaha Aerox 2019 Modifikasi Livery 20TH AMS Anniversary, Ganteng!

Modifikasi motor memang tidak ada habisnya. Ide-ide segar terus bermunculan untuk menghasilkan motor yang tidak hanya indah, tapi juga memiliki fungsi layaknya motor kebanyakan. Modifikasi dilakukan tidak hanya untuk memuaskan diri sendiri, tapi juga untuk diikutkan kontes.

Salah satu motor modifikasi yang cukup mencuri perhatian banyak orang adalah Yamaha Aerox 2019 Modifikasi Livery 20TH AMS Anniversary milik Aulia Rachman. Motor ini menggunakan bodi dari Yamaha Aerox terbaru untuk diubah menjadi motor sport meski berjenis matic.

Konsep Modifikasi

Modifikasi Aerox, Konsep Modifikasi

Konsep utama dari Yamaha Aerox 2019 Modifikasi Livery 20TH AMS Anniversary adalah motor sport atau racing. Meski secara umum bodi dari Aerox ini akan besar karena berjenis skuter, Aulia Rachman mau mengubahnya agar lebih garang dan sesuai dengan motor idamannya.

Motor idaman dari Aulia Rachman adalah Yamaha WSBK GYTR 20th Anniversary Edition. Tidak mengherankan kalau keseluruhan dari bodi motor dibuat mirip dengan motor sport itu. Penggantian beberapa bagian dilakukan untuk merombak habis-habisan motor dari pabrikan Yamaha ini.

Oh ya, motor ini memang diciptakan oleh Aulia Rahman bersama Fat Motor Sports untuk keperluan kontes saja. Jadi, perubahan yang dilakukan cukup masif di beberapa sisi. Sekilas motor ini jadi tidak mirip dengan Aerox yang asli. Meski diubah drastis ada beberapa bagian tetap dipertahankan khususnya dalam hal fungsi kendaraan.

Desain Bodi ala Motor Balap

Modifikasi Aerox body mirip motor balap

Bodi didesain agar mirip sekali dengan Yamaha WSBK GYTR 20th Anniversary Edition. Pengecatan ulang dilakukan oleh Fat Motor Sport. Dengan pengecatan ulang, bodi motor tidak akan sama dengan versi Aerox orisinal. Motor ini seperti produk baru yang belum pernah ada di pasaran.

Selain pengecatan, bagian dari kaki motor juga diganti dengan yang lebih baru. Ban menggunakan Pirelli Diablo Rosso untuk depan dan belakang. Selanjutnya untuk velg menggunakan merek Axio. Bagian undertail dan beberapa bagian bodi lainnya menggunakan custom dari Fat Motor Sport sendiri.

Bagian dari arm juga custom sendiri dari bengkel modifikasi, selanjutnya untuk kaliper depan menggunakan KTC Monoblock Double Disk. Bagian belakang menggunakan KTC 2P. Dengan perubahan ini motor jadi terlihat lebih berwibawa kalau dikendarai oleh penggunanya.

Suspensi Motor yang Unik

Bagian terpenting dari motor khususnya jenis skuter adalah suspensi yang dimiliki. Kalau mengganti suspensi, kemungkinan besar memengaruhi nyaman atau tidak tunggangan yang akan didapatkan. Meski demikian, Aulia Rachman menggantinya dengan shock yang sempurna.

Bagian depan dari suspensi motor menggunakan Upside Down Nui. Selanjutnya bagian belakang menggunakan monoshock custom. Suspensi belakang ini terbilang unik dan jarang sekali dipakai untuk modifikasi beberapa motor dengan jenis serupa.

Pengereman yang Tetap Sempurna

Modifikasi motor tidak hanya mengganti semua komponennya dengan sesuatu yang terlihat indah saja. Kalau terlihat indah, tapi fungsi dari mesin tidak sempurna akan menjadi sia-sia. Itulah kenapa Aulia Rachman tidak asal mengganti bagian rem motor agar fungsinya tetap maksimal.

Bagian rem menggunakan produk dari Brembo. Produk ini dikenal sangat baik untuk sektor pengereman. Jadi, meski bagian rem bukan asli dari pabrikan Yamaha, fungsinya untuk berkendara tetap sempurna.

Biaya Modifikasi

Modifikasi yang dilakukan oleh Aulia Rachman terbilang cukup ekstrem. Tidak mengherankan kalau biaya yang dihabiskan untuk modifikasi cukup besar. Penggantian beberapa komponen sampai melakukan pengecatan memakan biaya sekitar Rp45 juta.

Dengan biaya yang cukup besar ini hasil yang didapatkan sangat berkelas dan sesuai dengan harapan. Biaya ini jadi besar tidak hanya karena ada perombakan yang sangat besar. Namun, beberapa komponen seperti knalpot menggunakan produk yang sangat bermerek.

Inilah beberapa ulasan tentang Yamaha Aerox 2019 Modifikasi Livery 20TH AMS Anniversary yang dimiliki oleh Aulia Rachman. Dari ulasan di atas terlihat dengan sangat jelas kalau motor ini mengalami modifikasi yang cukup besar. Namun, ada beberapa komponen orisinal yang tetap dipertahankan. Komponen itu terdiri dari:

 

Yamaha Aerox 155

*DP mulai dari

 

  • Jeroan motor atau mesin tetap memakai standar dari Yamaha Aerox 2019. Meski bodi mengalami perubahan yang cukup besar, mesin tetap menggunakan bawaan dari motor. Dengan mesin bawaan, tidak ada gangguan dari motor saat digunakan di jalan raya.
  • Meski motor modifikasi digunakan untuk kontes, beberapa bagian orisinal tetap dipertahankan khususnya yang berhubungan dengan fungsi dari kendaraan. Stang motor sampai area di dasbor tetap memakai standar dari Yamaha.
  • Lampu yang digunakan baik depan atau belakang tetap standar dan tidak menggunakan custom dari bengkel. Hanya saja ada beberapa tambahan aksesori yang membuatnya menarik. Selanjutnya lampu sein juga tetap mempertahankan bentuk standar.

Sekian ulasan tentang Yamaha Aerox 2019 Modifikasi Livery 20TH AMS Anniversary. Semoga bisa menginspirasi Moladiners yang ingin melakukan modifikasi motornya dengan baik.

Baca Juga :

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *