Modifikasi Honda Scoopy, Kombinasi Modern dan Klasik

Modifikasi Scoopy Cafe Racer – Pertama kali diluncurkan, Honda Scoopy menghadirkan kesederhanaan desain serta terinspirasi gaya motor klasik. Melalui produk ini, Honda mengincar anak muda yang ingin bergaya retro namun tetap memakai teknologi terbaru. Tak diduga, model ini direspon positif oleh konsumen Indonesia. Para peminat Scoopy harus rela menanti selama beberapa minggu demi mendapatkan motornya.

Sempat tebersit pertanyaan, dengan desain asli sangat simpel, apakah masih ada ruang untuk melakukan modifikasi? Ada dong! Bikers tanah air sudah terkenal dengan kreatifitasnya. Bisa dibilang, motor apapun tak bisa lepas dari tangan – tangan mereka.

Kali ini, moladin mempersembahkan dua sampel modifikasi Scoopy cafe racer. Café racer adalah gaya modifikasi yang marak setelah Perang Dunia II. Nama café racer muncul dari bikers asal Inggris. Di masa itu, mereka gemar berhenti di kafe jalanan lalu memodifikasi tunggangan berdasarkan apa yang mereka temukan, barter dengan bikers dari negara lain pun dijabanin.

Yellow Cafe Racer

Yellow Cafe Racer
Sumber : Kenkei.Custom

Honda Scoopy ini diberi beberapa sentuhan kecil yang membuatnya berhasil mengadopsi gaya café racer. Termasuk menggunakan stiker decal agar tampilan lebih menawan.

Perubahan pertama ada di bagian jok. Aslinya, Honda Scoopy memiliki jok ganda. Di sini, diubah menjadi jok tunggal. Single seat dirancang mengikuti gaya khas café racer yaitu lekukan buntut tawon, sekilas mirip Vespa. Kemudian, sepatbor belakang dilepas. Sentuhan remeh ini ternyata dampaknya cukup besar, bagian belakang motor terlihat lega dan luas.

Untuk cat, sesuai julukan yang disandang, warna kuning cerah dipilih, sangat kontras dengan warna hitam jok serta ban. Di sisi kanan, disematkan stiker decal, meminjam motif checkered flag. Benar – benar sporty. Seakan tak cukup, ada angka ditambahkan di bodi belakang, lagi – lagi memanfaatkan peran stiker. Tak cukup pada bodi, aksen stiker dekal menempel hingga ke bagian depan. Teknologi air brush diaplikasikan di beberapa sudut. Ini untuk memberikan sentuhan seni.

Setang model tekuk unjuk gigi untuk menggantikan setang standar. Perubahan ini dimaksudkan agar posisi pengendara sesuai dengan konsep, tentunya tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan.

Saluran gas pembuangan standar pensiun dini dulu, giliran knalpot racing yang tampil ke depan. Melengkapi gaya retro, dipilih ban bertapak lebar yang menemani pelek hitam pekat. Ukuran pelek pun diperkecil agar Scoopy, yang sebenarnya imut, terlihat gagah.

Biar semakin mantab, tambahkan perlengkapan touring berbau café racer saat berkendara. Misalnya: helm retro, goggle, sarung tangan yang senada dengan motif, sepatu, jaket dan sebagainya.  Pasti tambah keren Sob!

Baca Juga :

 

Scoopy Cafe Racer Kalem

Scoopy Cafe Racer Kalem
Sumber : Kenkei.Custom

Selain ide di atas, masih ada lagi satu lagi pilihannya. Kalau tadi mata kamu dimanjakan dengan warna cerah mencolok, sekarang moladin menampilkan warna yang lebih sejuk.

Paduan warna putih dengan corak bendera khas Inggris menghadirkan suasana berbeda. Kenapa bendera Inggris? Ya kamu tahu sendiri, salah satu negara nenek moyang gaya café racer ini adalah Inggris. Jadi, bukan berarti kamu nggak nasionalis ya!  

Mirip dengan modifikasi sebelumnya, sepatbor belakang harus dipecat. Kemudian jok diubah menjadi single seater. Jangan kuatir Sob, meskipun single, tetap sanggup dibuat membonceng gebetan jalan – jalan kok. Suspensi depan diputuskan merek USD. Warna chrome yang disandang seakan tidak sesuai dengan motor, namun, justru di situlah keunikannya.

Lihat saja peleknya, warna hitam membuatnya tampil sangar, ditemani ban gambot. Biar lebih menarik, ada pilihan ban dual purpose. Tapak ban yang lebar, selain menambah level kegantengan, akan membuat cengkeraman ban ke aspal semakin pakem.

Satu hal yang kamu harus ingat, kamu bebas berkreasi untuk mempercantik Scoopy kesayanganmu. Suku cadang after-market menjadi pilihan, ditunjang dengan aksesoris yang harmonis. Beberapa contoh yang dapat kamu otak – atik adalah grip handle hingga kaki – kaki. Jika punya dana lebih, suspensi depan dan belakang boleh kamu ganti dengan peredam kejut non standar. Ada merek Gen Black dan Tupaknam yang banyak dipakai para bikers. Biar lebih lancar, saringan udara juga kamu ganti sekalian.

Kreatifitas itu sangat penting agar motor tampil beda dari yang lain. Kecuali memang sejak awal menginginkan desain couple, kan nggak lucu kalau kamu touring ke kota lain, terus ketemu desain motor yang sama, persis, gara – gara terinspirasi sepeda yang serupa di internet. Salah – salah kamu dikira anggota panitia gerak jalan. Ampun dah!

Setelah memperhatikan dua contoh modifikasi Scoopy café racer super keren di atas, kira – kira ada yang ketinggalan nggak? Betul sekali Sob! Kalau kamu jeli, keduanya sama – sama belum memiliki spion! Jangan lupa memasang spion, karena ini sangat berbahaya buat keselamatan berkendara (dan kesehatan kantongmu, ehem!).

Sebetulnya, bukan hanya spion, semua modifikasi yang akan dipakai harian atau di jalan raya, harus memperhatikan ketentuan dan undang – undang yang berlaku. Semua itu demi keamanan dan ketertiban berkendara. Salam safety riding!

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *