Modifikasi Yamaha Scorpio Limbah Special Engine, Kalajengking Supermoto

Moladin – Yamaha Scorpio sesuai titahnya dirancang sebagai tunggangan bergenre cruiser. Tengok saja, posisi riding dibuat nyaman buat turing, ditambah spesifikasi mesin berkapasitas silinder lumayan besar, 225 cc. Torsinya galak, pastinya saat turing jarak jauh membuat motor jarang kehabisan nafas.

Nah, sebagai builder sekaligus pemilik Yamaha Scorpio, Muhamad Andri Farizki tak ragu bereksperimen. Besutan modifikasi ala Supermotonya terlihat mumpuni. 99% part yang menempel merupakan copotan limbah Special Engine (SE).

“Buat rangka dan bodi bawaan Yamaha Scorpio gak saya pakai. Cuma segelondong mesin dan surat-suratnya saja yang saya perlukan. Sedangkan komponen Special Enggine saya cari di beberapa tempat yang memang jual limbah moge Special Engine. Total modifikasi sekitar puluhan juta,” ungkap Muhamad Andri Farizki yang akrab disapa Boy tanpa mau menyebut detil total dana modifikasinya.

 

Kombinasi SE Pabrikan Jepang dan Eropa

Rangkanya saya mengandalkan satu set copotan dari Yamaha YZF 250 keluaran 2006. Boy rupanya memang sudah mengincar rangka Special Engine (SE) ini. Karena pacuan kompetisi, punya desain sasis yang mumpuni. Motor yang satu ini pastinya garang di segala medan, handal di trek motocross juga aspal.

Menemani rangkanya, bagian kaki-kaki diambil dari motor kompetisi yang juga berlabel garputala. Lengan ayun belakang dan sok upside down berasal dari YZF 450. “Kaki-kaki ini, bikin tongkrongan motor jadi kelihatan lebih jangkung,” jelas pria asli Medan, Sumatera Utara yang punya link part limbah motor di Jepang.

modifikasi-yamaha-scorpio-limbah-special-engineLengan ayun dan sok upside down YZF 450

Tampilan upside down jadi makin sip berkat satu set segitiganya yang gunakan produk aftermarket berlabel Applied Racing. Bagian rodanya mengandalkan tromol copotan dari YZF 250 dikawinkan dengan pelek Excell Takasago. Lingkar roda depan pakai 3,5 inci, sedangkan belakang 4,5 inci. “Bobot kemudinya jadi lebih ringan, karena mengandalkan bahan aluminium billet. Biar stabil di tikungan untuk ban pakai Avon Distanzi,” lanjutnya.

Tampilan bodi sengaja dibikin lebih segar. Sebab satu set bodi diambil dari YZF tahun lebih muda. Decalnya juga enggak mau tampil bergaya standar, tetapi dipilih produk aftermarket yang memainkan kelir putih dan hitam yang tegas.

modifikasi-yamaha-scorpio-limbah-special-engineSatu set bodi part YZF 2012

“Semua andalkan limbah moge SE, khusus headlamp berikut cover di depan setang Magura SXV dipasang copotan dari Husqvarna SMR 510. Part pabrikan motor Eropa ini saya lihat cocok banget desainnya. Begitu saya pasang ternyata pas dengan bodi,” tutup sang pemilik yang beberkan motornya menggunakan knalpot FMF.

modifikasi-yamaha-scorpio-limbah-special-engineSetang Magura SXV

Moladinders yuk ikuti kontes modifikasi online terbesar di Indonesia. Modifikasi Motor Online Moladin, total hadiah 60 juta! Segera instal aplikasi Moladin, dan daftarin motornya. Siapa tahu motor kamu yang beruntung, dan bisa bawa pulang jutaan rupiah. Ingat Motor, Ingat Moladin!

Baca Juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *