by

10 Motor Terbaru 2020 yang Menarik Dibeli!

Pandemi Virus Korona tidak menyurutkan peluncuran motor terbaru 2020 di pasar otomotif Indonesia. Walau tanpa gegap gempita, kelahiran produk-produk tersebut tetap berlangsung. Kebanyakan dilakukan via streaming online.

Sebenarnya kalau ditotal, ada lebih dari 10 motor yang meluncur. Hanya saja lewat tulisan ini kami akan membahas detail 10 motor saja dari berbagai macam merek. Di kelas motor matik ada Honda Beat, Kymco GP 125, dan Vespa S 125 i-Get. Lalu untuk motor sport tersedia Honda CBR250RR SP, Kawasaki Ninja ZX-25R, Yamaha MT-07, dan Benelli Patagonian FI. Kemudian di segmen motor adventure, hadir Royal Enfield Himalayan, KTM Adventure 390, dan Honda CT 125.

Ingin tahu spesifikasi dari 10 motor terbaru 2020 yang sudah meluncur resmi di Indonesia? Simak bahasan berikut:

1. Honda CBR250RR SP

motor terbaru 2020
Sosok Honda CBR250RR SP Quick Shifter Spesial Edition Garuda X Samurai

Motor terbaru 2020 yang kami bahas pertama kali adalah Honda CBR250RR SP. Dengan embel-embel huruf SP di belakang namanya, ternyata ubahannya cukup banyak. Sebut saja performa mesin meningkat, kemudian ada tambahan fitur quickshifter untuk melakukan perpindahan gigi tanpa perlu menekan kopling.

Soal performa mesin, Honda CBR250RR SP masih mengandalkan jantung mekanis 250 cc dengan konfigurasi 2-silinder, DOHC, 8-katup, dan pendingin cairan. Hanya saja soal torsinya meningkat jadi 25 Nm pada 11.000 rpm dan tenaganya pun naik mencapai 41 PS pada 13.000 rpm. Sementara untuk sistem transmisi masih mengandalkan manual 6-percepatan.

Lewat berbagai ubahan tersebut, motor yang meluncur Juli 2020 ini menjadi varian tertinggi di model CBR250RR. Harganya pun paling mahal mulai Rp 76,7 juta (OTR Jakarta).

2. Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R
ZX-25R punya tinggi jok 785 mm, lebih rendah dibanding Ninja 250

Momen kelahiran Kawasaki Ninja ZX-25R pada Juli 2020 sempat mengguncang dunia otomotif Indonesia. Pasalnya motor terbaru 2020 tersebut punya banyak keisitmewaan, mulai dari mesin empat silinder dengan kapasitas 250 cc sampai dengan segudang fitur istimewa yang menyertai.

Bicara mesin, ZX-25R mampu mengeluarkan torsi puncak hingga 22,9 Nm pada 14.500 rpm dan tenaga 51 PS pada 15.500 rpm. Performa tersebut sangat luar biasa untuk motor berkapasitas 250 cc. Keistimewaan mesin motor Kawasaki ini tidak hanya ada di performa, tapi juga suara yang dihasilkan. Lengkingannya benar-benar merdu, sehingga mampu meningkatkan gairah berkendara.

Lalu untuk fiturnya juga tidak main-main. Kawasaki memberinya throttle by wire, power mode, Kawasaki Traction Control (KTRC), Kawasaki Quick Shifter (KQS), anti-lock braking system (ABS), serta assist & slipper clutch. Semua fitur tersebut sangat berguna ketika kamu menunggangi ZX-25R untuk melahap lintasan sirkuit.

Memiliki banyak keistimewaan, tentu harga Kawasaki Ninja ZX-25R tidak bisa dikatakan murah. Geng hijau menjualnya mulai Rp 96 juta (OTR Jakarta) untuk varian standar dan Rp 112,9 juta (OTR Jakarta) khusus special edition. Perbedaan kedua varian tersebut yang paling mencolok adalah fitur, di varian standar tidak ada anti-lock braking system (ABS), KQS, dan berbagai aksesori bawaan.

3. Honda Beat

Honda Beat
Honda Beat terbaru dilengkapi rangka eSAF yang lebih ringan, namun tetap kokoh

Sesungguhnya motor terbaru 2020 yang selanjutnya tidak meluncur saat pandemi Virus Korona. Kelahiran Honda Beat generasi anyar terjadi pada Januari 2020. Kuda besi ini tampil dengan banyak penyegaran. Bukan cuma mesin dan rangka yang baru, tapi juga fitur-fiturnya.

Baca juga  5 Kelebihan dan Kekurangan Honda Supra GTR 150

Honda Beat kini mengandalkan mesin berteknologi eSP terbaru dengan kubikasi 109,5cc, berbasis dari jantung mekanis Honda Genio. Performa yang bisa dihasilkan lebih mantap dari sebelumnya. Sekarang torsi puncak mencapai 9,3 Nm ada 5.500 rpm dan tenaga 9 PS pada 7.500 rpm. Tidak hanya itu konsumsi bahan bakar juga diklaim meningkat hingga 60,6 Km/Liter.

Berbicara soal fitur, All New Beat dapat power charger untuk mengisi daya smartphone di perjalanan. Lalu sistem pencahayaan depan sudah dilengkapi LED. Kemunculan LED menjadikan kelistrikan motor lebih stabil, lantaran hemat daya. Di samping itu visibilitas berkendara juga lebih baik terutama pada malam hari.

Rangka Beat pun baru, pakai teknologi eSAF yang membuatnya lebih ringan namun tetap kuat. Dengan rangka anyar, motor matik sejuta umat ini diklaim mampu bermanuver lebih baik dan manut saat diajak meliak-liuk di jalanan padat kendaraan. Jika kamu tertarik, All New Honda Beat dijual mulai Rp 16,45 juta (OTR Jakarta).

4. Vespa S 125 i-Get

motor terbaru 2020
Vespa S memiliki kompartemen depan yang terbuka dan tertutup, berbeda dari model Vespa lain

Motor terbru 2020 berikutnya adalah Vespa S 125 i-get. Peluncurannya dilakukan pada akhir Agustus secara virtual. Meski demikian, keistimewaan dari skuter Vespa terbaru ini tidak pudar.

Salah satu yang menarik darinya, kehadiran fitur sistem pencahayaan LED di lampu depan. Lalu ada pula USB Charger yang bisa dipakai mengisi daya smartphone ketika berkendara. Tampilan Vespa S 125 i-get juga berubah cukup banyak. Jok dibuat lebih nyaman seperti Vespa LX. Kemudian spion mengandalkan gaya bulat.

Performa mesin, rangka, dan ukuran roda tidak ada perbedaan. Jantung mekanisnya tetap mengandalkan kubikasi 124,5 cc, satu silinder, dengan teknologi i-get. Mesin tersebut sanggup mengeluarkan torsi hingga 10,2 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 10,19 hp pada 7.600 rpm.

“Vespa S 125 i-get terbaru ini adalah teman sempurna bagi kaum muda yang ingin live more with youth – hidup lebih menyenangkan dengan gaya hidup anak muda,” ujar President Director of PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega saat peluncuran.

Harga Vespa S 125 i-get kini jadi lebih mahal. Banderolnya sekarang mencapai Rp 39 juta (OTR Jakarta).

5. Benelli Patagonian 250 EFI

motor terbaru 2020
Motor bergaya cruiser bisa jadi alternatif untuk orang berpostur pendek

Sport cruiser blasteran Italia dan Cina, Benelli Patagonian 250 EFI merupakan salah satu yang masuk dalam daftar motor terbaru 2020. Ciri khas motor cruiser adalah punya jok pendek, pijakan kaki agak kedepan, dan setang tinggi. Alhasil ketika mengendarainya terasa begitu rileks.

Bicara mengenai penyegaran yang dihadirkan, sudah menggunakan teknologi injeksi. Lalu ada tambahan cakram di roda belakang, hazard, dan pelek jari-jari. Semua itu menjadikan kuda besi tersebut semakin terlihat klasik, tapi juga fungsional.

Terkait performa mesin, tidak ada beda dengan sebelumnya. Andalannya masih jantung mekanis dua silinder 250 cc. Mesin itu bisa mengeluarkan torsi 16,5 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga 17,43 hp pada 8.000 rpm. Performanya memang biasa saja, tapi suaranya cukup menggelegar.

Bila kamu tertarik, harga benelli Patagonian 250 EFI Rp 44,9 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Honda Monkey Dragon Ball Resmi Dijual, Motornya Son Goku!

6. Royal Enfield Himalayan

Royal Enfield Himalayan 2020
Motor adventure, Royal Enfield Himalayan kini berbekal pilihan warna baru dan ABS

Versi terbaru dari Royal Enfield Himalayan hadir dengan sejumlah penyegaran. Di samping pilihan warna yang semakin atraktif, mesin juga dibuat semakin ramah lingkungan dengan emisi gs buang memenuhi standar Euro 4. Ada pula fitur anti-lock braking system (ABS) yang mampu memnjadikan keselamatan berkendara lebih baik.

Peluncuran Royal Enfield Himalayan anyar terjadi pada pertengahan Juli, sekaligus menjadikannya sebagai motor terbaru 2020. Dengan berbagai penyegaran tersebut, harganya pun naik menjadi Rp 114,3 juta (OTR Jakarta).

Dengan banderol tersebut, kamu bisa mendapatkan motor adventure yang istimewa. Mesin 411 cc jadi daya tariknya lantaran bisa mengeluarkan tenaga sebesar 24,3 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 32 Nm di 4.500 rpm. Kemudian tampilan retronya juga merupakan pembeda dari kompetitor.

“Royal Enfield Himalayan 2020 cukup diminati di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia, sudah lebih dari 120 konsumen memakai motor ini. Kini telah hadir versi baru dengan tambahan fitur, serta berbagai atribut lain lagi,” kata Country Manager Royal Enfield Indonesia, Irvino Edrwardly.

7. KTM 390 Adventure

KTM 390 Adventure
Kelebihan KTM 390 Adventure ada di fitur modern, performa mesin mantap, dan harga terjangkau.

Motor terbaru 2020 lainnya yang tidak kalah menarik adalah KTM 390 Adventure. Dengan harga cuma Rp 119 juta (OTR Jakarta), tapi pemiliknya bakal mendapat banyak fitur modern. Ada quickshifter, cornering ABS, motorcycle traction control (MTC), off-roads ABS, KTM My Ride Navigation, dan lain-lain.

Bukan cuma itu, performa mesinnya juga sangat beringas. Di atas kertas mesin berkapasitas 373 cc itu bisa mengeluarkan torsi 37 Nm dan tenaga 43 hp. Bagaimana bisa sangat istimewa tapi harganya terjangkau? Salah satu penyebabnya adalah KTM 390 Adventure sudah rakitan Indonesia.

“KTM 390 Adventure mampu menjawab kebutuhan rider untuk sebuah compact adventure yang bisa dipakai untuk daily used, adventure touring, bahkan offroad. Sebab platformnya diambil dari KTM 450 Rally (Dakar). Hadir dengan fitur paling advance dan sangat cost effective,” kata Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor selaku pemegang merek KTM di Indonesia, Kristianto Goenadi saat peluncuran.

Dari sisi tampilan, motor ini juga sangat gagah. Lihat saja kaki-kaki yang jenjang, lampu depan ganda, windshield tinggi, dan ban dual purpose. Pasti sosok tersebut sangat mengintimidasi siapa saja yang melihatnya.

8. Kymco GP 125

motor terbaru 2020
Tampilan Kymco GP 125 unik dengan ukuran ban cuma 10 inci

Motor matik asal Taiwan ini mengusung mesin 125 cc dan bodi ringkas. Kymco GP 125 cocok buat diajak selap-selip di dalam kota. Salah satu yang membuatnya beda, penggunaan pelek 10 inci sehingga terlihat imut-imut. Padahal kompetitor lebih umum pakai pelek 14 inci dan 12 inci.

Soal mesin, tidak ada yang istimewa. Performanya tidak lebih baik dari kompetitor. Jantung mekanis Kymco GP 125 cuma bisa melontarkan torsi 9,1 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 8,73 hp pada 8.500 rpm. Kemudian bicara fitur juga biasa saja. Belum ada lampu LED, idling stop system (ISS), dan anti-lock braking system (ABS).

Harga motor terbaru 2020 milik Kymco ini juga terbilang cukup tinggi. Banderol GP 125 mencapai Rp 21,5 juta (OTR Jakarta). Masih lebih murah Honda Vario 125 yang dijual mulai Rp 20 jutaan.

Baca juga  Sebelum Beli, Ada Baiknya Kamu Tahu Penyakit Motor CS1 Ini!

9. Honda CT 125

motor terbaru 2020
Honda CT 125 punya tampilan yang retro, tapi fitur-fiturnya cukup modern. Cocok buat teman adventure.

Motor terbaru 2020, Honda CT 125 ini sangat unik. Desainnya mengombinasikan motor bebek dan adventure. Alhasil kamu bakal menemukan kuda besi yang mudah ditunggangi, tapi bisa diandalkan saat melewati berbagai medan jalan.

Ciri khasnya memiliki banyak komponen penunjang kegiatan tualang, sebut saja ban dual purpose, pelek jari-jari, suspensi jenjang, hingga enggine guard. Kemudian knalpotnya bergaya scrambler yang letakkan cukup tinggi.

Bicara fitur, Honda CT 125 juga sangat modern. Ada sistem pencahayaan LED, anti-lock braking system (ABS), dan panel instrumen digital. Kemudian performa mesinnya juga istimewa dengan menganut sistem injeksi. Tenaga yang dihasilkan mencapai 8,7 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 11 Nm pada 4.500 rpm. 

Soal harga, motor bebek adventure ini tidak bisa dikatakan murah. Honda CT 125 dijual Rp 75 juta (OTR Jakarta). Banderol yang tinggi lantaran kuda besi ini diimpor dari Thailand.

10. Yamaha MT-07

motor terbaru 2020
Tampilan MT-07 tampil sangat sederhana untuk sebuah motor gede, dengan lampu depan tunggal dan suspensi teleskopik

Motor naked sport terbaru dari Yamaha meluncur pada Agustus lalu. Ada dua produk yaitu MT-07 dan MT-09. Keduanya merupakan motor gede dengan performa mesin buas. Hanya saja dalam bahasan kali ini, kami fokus ke MT-07 yang punya banderol lebih murah.

Harga Yamaha MT-07 Rp 243 juta (OTR Jakarta). Kelebihannya ada di teknologi crossplane crankshaft yang tersemat di mesin. Fitur ini menjadikan interval pembakaran di dalam mesin jadi lebih dekat, sehingga mengeliminir daya inersia yang terjadi setelah pembakaran. Efeknya torsi menjadi lebih linear. Tenaga pun lebih selaras dengan putaran throttle.

Alhasil di atas kertas, mesin Yamaha MT-07 yang pakai kubikasi 689 cc dengan konfigurasi dua silinder, DOHC, 8 katup bisa mengeluarkan torsi 68 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 74,8 PS pada 9.000 rpm. 

Tertarik meminang motor terbaru 2020 dari Yamaha tersebut? Atau jangan-jangan lebih suka dengan MT-09 yang punya performa lebih mantap?

Motor Terbaru 2020 Lainnya!

motor terbaru 2020
BMW F900R merupakan rival Kawasaki Z900 di Indonesia.

Sesungguhnya di samping 10 motor terbaru 2020 yang sudah kami paparkan di atas, masih banyak lagi produk lain. Sebut saja Triumph yang meluncurkan lima motor sekaligus pada tahun ini. Mereka antara lain Triumph New Tiger 900 GT Pro, New Tiger 900 Rally, Bonneville T100, T120 Bud Ekins, dan Rocket 3 R Triumph.

Kemudian Kawasaki juga memberi penyegaran untuk Versys-X250. Kymco juga punya penantang Xmax 250 dan Forza 250 yaitu X-Town 250i. BMW Motorrad pun menghadirkan dua kuda besi anyar: F 900 R dan S 1000 XR.

Satu lagi yang tidak kalah menarik, SM Sport meluncurkan motor ala cafe racer pada tahun ini dengan kubikasi 400 cc. Kuda besi tersebut diberi nama SM Sport SM3.

Tahun ini belum usai, masih sisi beberapa bulan lagi. Jadi ada kemungkinan motor terbaru 2020 kian bertambah. Hal tersebut merupakan bukti bahwa Virus Korona tidak menyurutkan semangat para pegiat industri roda dua untuk meluncurkan produk baru!

Comment

Leave a Reply

Terbaru