by

Inilah 9 Motor Termahal di Indonesia

Motor identik dengan harga yang lebih terjangkau daripada mobil. Kendaraan roda dua dengan fitur standar biasanya dibanderol sekitar Rp 15 juta hingga Rp 25 juta saja. Namun, ternyata ada pula motor termahal di Indoensia yang dijual dengan harga yang sangat mahal, bahkan mencapai miliaran rupiah.

Selain tampak mewah, motor-motor ini juga menawarkan berbagai fitur canggih. Seluruh komponen motor, baik bodi maupun mesin, didesain sebaik mungkin untuk memuaskan pengendara.

Tertarik membeli motor mewah seperti itu? Berikut daftar 9 motor termahal di Indonesia dari berbagai pabrikan yang bisa kamu beli:

1. Honda Gold Wing 1800 Rp 1,071 Miliar

motor termahal di indonesia honda gold wing

Motor termahal di Indonesia selanjutnya adalah Honda Gold Wing 1800. Sesuai namanya, cruiser ini memiliki kapasitas mesin hingga 1.833 cc. Jantung mekanis tersebut memiliki konfigurasi enam silinder, bisa mengeluarkan performa terbaik sejak putaran mesin rendah. Di atas kertas torsinya mencapai 170 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 124,5 hp pada 5.500 rpm.

Kelebihan lain dari Honda Gold Wing 1800 pakai transmisi 7 percepatan otomatis DCT. Lalu panel instrumen TFT kepunyaannya sudah terintegrasi Apple Car Play. Tidak ketinggalan ada suspensi depan double wishbone yang sangat kuat dan meminimalkan getaran saat melewati jalan bergelombang. Di samping itu, manuver juga jadi semakin menyenangkan.

2. Triumph Rocket 3 GT Rp 750 juta (off the road)

triumph rocket 3

Salah satu keistimewaan Triumph Rocket 3 GT sebagai motor termahal di Indonesia, punya kapasitas mesin super besar. Di atas kertas kubikasi jantung mekanisnya mencapai Rp 2.500 cc. Kemudian soal performa tidak perlu diragukan. Torsi puncaknya tembus 221 Nm dan tenaga maksimal mencapai 167 PS.

Fitur-fitur Triumph Rocket 3 GT tidak kalah istimewa. Ada mode berkendara rain, road, sport, hingga rider-configurable. Panel instrumennya juga telah mengandalkan layar TFT yang warna-warni dengan sistem konektivitas smartphone via bluetooth.

Dari sisi tampilan, motor ini sangat gagah. Tampilannya telanjang dengan menonjolkan mesin besar. Lalu desainnya bergaya cruiser yang memiliki pijakan kaki agak ke depan, alhasil pengendara bakal merasa nyaman saat menungganginya terutama untuk jarak jauh.

Buat kamu yang tertarik, harga Triumph Rocket 3 GT Rp 750 juta (off the road). Sementara untuk harga on the road bisa mencapai Rp 1 miliar.

3. Yamaha R1 M Rp 812 Juta

Yamaha R1M

Kamu dapat memiliki satu unit Yamaha R1 M dengan harga Rp  812 juta. Motor sport berbodi besar ini hanya diluncurkan dalam satu varian warna yaitu Silver Blue Carbon. Warna tersebut berpadu dengan desain motor menciptakan kesan yang sangat macho bagi pengendaranya.

Baca juga  5 Prediksi Yamaha R25 V3, Berubah Total!

Model single seat membuat Yamaha R1 M lebih cocok digunakan untuk petualangan solo dibandingkan perjalanan harian. Selain itu, ada sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan pada motor ini, yaitu High-Compression Cylinder Head dan Lightweight Engine. Yamaha R1 M juga dilengkapi dengan Unified Brake System yang memungkinkan pengemudi mengontrol kendaraan dengan mudah.

Sebagai salah satu motor termahal di Indonesia, hadir dengan desain yang terinspirasi motor MotoGP, YZR-M1. DNA tersebut terlihat dari mesin berperforma tinggi berkapasitas 998 cc. Jantung mekanis itu mampu mengeluarkan torsi puncak 112,4 Nm pada 11.500 rpm dan tenaga maksimal 200 PS pada 13.500 rpm.

Fitur Yamaha R1 M pun sungguh menarik, ada slide control system (SCS), traction control system (TCS), lift control system, quick shift system (QSS), dan launch control system (LCS).

4. Kawasaki Ninja H2 Carbon Rp 835 Juta

Kawasaki Ninja H2

Sebenarnya motor Kawasaki yang dijual di Indonesia, kebanyakan punya harga terjangkau. Alias di bawah Rp 500 jutaan. Walau demikian, mereka pernah menjual motor edisi khusus yaitu Ninja H2 Carbon dengan harga mencapai Rp 835 juta. Itulah motor Kawasaki termahal di Indonesia.

Salah satu yang membuatnya begitu mahal, karena jumlahnya sangat terbatas hanya 120 unit. Kemudian pasar Tanah Air cuma kebagian satu unit dan pada 2018 sudah terjual ke pria asal Kalimantan bernama Amin Andrianto.

Kelebihan Ninja H2 Carbon dilengkapi bodi dari material carbon fiber reinforced polymer (CRFP). Lalu ada pula paket elektronik seperti suspensi Ohlins TTX.

Soal kubikasi mesin, Ninja H2 Carbon tidak jauh dari versi standar. Pakai kapasitas 998 cc  4 silinder segaris 16 klep yang dikombinasikan supercharger. Alhasil mampu melontarkan torsi hingga 133,5 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga maksimal 215 PS pada 11.000 rpm. 

5. BMW K1600 B Grand America Rp 1,2 miliar (off the road)

bmw k1600 b grand america

Motor BMW tidak melulu hanya sebatas bergaya adventure. Pabrikan asal Jerman ini juga punya motor dengan gentre sport, touring, dan lain-lain. Khusus kamu yang cari motor cruiser mewah, ada opsi BMW K1600 B Grand America.

Baca juga  TVS Apache RR 310 Terbaru, Pakai Power Mode

Salah satu yang membuatnya beda adalah harga K 1600 B Grand America mencapai dijual Rp 1,2 miliar. Oleh karenanya kuda besi ini masuk ke dalam daftar motor termahal di Indonesia.

Kelebihannya pakai berbagai peralatan touring lengkap seperti boks depan dan samping. Kemudian ada ula fitur seperti panel instrumen yang bisa terkoneksi martphone, pemanas jok, dan windshield tinggi. Lalu tampilannya juga tidak kalah istimewa, bodinya dibalut warna emas.

Soal mesin, kubikasinya mencapai 1.649 cc. K1600 B Gran America merupakan motor BMW dengan kapasitas mesin terbesar. Di atas kertas torsinya mencapai 175 Nm pada 5.250 rpm dan tenaga maksimal 160 hp pada 7.750 rpm.

Di samping motor ini, BMW pun pernah menjual motor yang lebih mahal lagi yaitu HP4 Race. Hanya saja tipenya sangat terbatas dan cuma ada 1 unit di Indonesia. BMW juga cuma memprodukinya 750 unit di dunia. Banderolnya mencapai Rp 2,1 Miliar.

6. Harley-Davidson Ultra Limited Rp 999 Juta (Off The Road)

harley-davidson ultra limited

Motor gede asal Amerika Serikat, Harley-Davidson memang dikenal sebagai salah satu motor termahal di Indonesia. Harga produknya bervariasi, tapi berkisar ratusan juta. Produk yang dijual paling mahal untuk model 2020 adalah Harley-Davidson Ultra Limited Rp 999 juta.

Salah satu alasan banderolnya sangat tinggi, karena memang punya banyak keistimewaan. Ambil contoh sudah dilengkapi berbagai boks untuk touring. Kemudian ada sistem hiburan yang bisa terkoneksi smartphone. Terdapat pula transmisi cruise drive 6-percepatan untuk perpindahan gigi mulus, kemudian hadir pula rem Brembo.

Mesin Harley-Davidson Ultra Limited mengandalkan Milwaukee-Eight 114 Twin-Cooled. Jantung mekanis tersebut berkapasitas 1.868 cc. Sanggup menggelontorkan torsi 164 Nm pada 3.000 rpm. Inilah salah satu motor touring terbaik yang ada di dunia.

7. Moto Guzzi California Touring SE Rp 812 Juta

motor termahal di indonesia moto guzzi california se

Pabrikan motor gede bergaya retro asal Italia, Moto Guzzi juga memiliki produk motor termahal di Indonesia yaitu California Touring SE. Harga kuda besi ini mencapai Rp 812 juta. 

Kelebihannya adalah punya tampilan klasik ala cruiser Amerika. Meski demikian yang membuatnya menonjol adalah kehadiran mesin V-Twin yang melintang. Jantung mekanis berkapasitas 1.380 cc itu bisa mengeluarkan torsi 120 Nm pada 2.750 rpm dan tenaga maksimal 71 kW pada 6.500 rpm.

Baca juga  7 Moge Klasik nan Keren untuk Dimiliki

8. MV Agusta F4RR ABS Rp 998 Juta

motor termahal di indonesia

Pabrikan Italia lainnya, MV Agusta dikenal sebagai produsen motor-motor terindah di dunia. Harga produk mereka juga tidak murah. Varian motor termahal di Indonesia dari MV Agusta adalah F4RR ABS, dijual Rp 998 juta.

Dibuat untuk balapan, MV Agusta F4RR ABS punya jok single seater, tanpa spion, dan sein. Kemudian hadir pula teknologi ride by wire, suspensi Ohlins, dan GP-spec titanium con rods.

Soal performa, jangan ditanya. Mesinnya pakai kubikasi 998 cc, empat silinder, dengan 16 katup. Di atas kertas, torsi puncaknya mencapai 111 Nm pada 9.600 rpm dan tenaga maksimal 200 hp pada 13.600 rpm.

9. Ducati Panigale V4 R Rp 2,4 Miliar

motor termahal di indonesia

Bicara motor sport istimewa, pasti tidak bisa lepas dari Ducati Panigale V4 R. Dengan harga mencapai Rp 2,4 miliar, kuda besi ini langsung masuk ke dalam daftar motor termahal di Indonesia.

Harga tinggi tentu setara dengan spesifikasinya. Salah satu yang menarik adalah mesin. Ducati memberi jantung mekanis serupa dengan Desmosedici yang merupakan keturunan langsung dari motor Ducati di MotoGP.

Performanya sungguh tidak perlu diragukan. Tenaga maksimalnya bisa tembus 221 hp pada 15.250 rpm. Di sisi lain, bobotnya cuma 172 Kg alias sangat ringan. Dengan demikian, power to weight ration Panigale V4 R menjadi yang terbaik di kelasnya dengan 1,28:1.

Hal menarik lain dari Ducati Panigale V4 R, tampilannya sungguh mirip motor balap. Ada winglet yang menjadikan aerodinamika semakin baik. Kemudian tidak ada spion, lampu sein, dan sepatbor belakang. Alhasil tidak bisa dipakai di jalan raya. Tidak hanya itu, jok pembonceng hilang. Begitu pula bodi didominasi serat karbon.

Fitur-fiturnya pun sangat isitmewa ada, Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control EVO, Ducati Slide Control, Ducati Quick Shift Up/Down Evo, Engine Brake Control EVO, dan lain-lain. Hadir pula Ducati Data Analyser serta mode berkendara.

Nah, inilah ulasan tentang 9 motor termahal di Indonesia yang bisa kamu dapatkan di Indonesia saat ini. Tertarik untuk memiliki salah satu di antaranya? Untuk informasi soal dunia otomotif terbaru, kamu bisa pantau terus Moladin!

Comment

Leave a Reply

Terbaru