oleh

Nissan Z Terbaru Meluncur, Mobil Sport Penuh Nostalgia

Nissan Z generasi terbaru resmi diluncurkan di New York, Amerika Serikat.  Adalah Nissan Motor Co. yang merilis mobil ini ke pasaran pada Selasa lalu, (17/8/2021).

Sebagai mobil legendaris Nissan Z mempertahankan tradisi penjualan, hingga saat ini sudah terjual sebanyak 1,8 juta unit di dunia. Mobil sport yang pertama kali dipasarkan sekitar tahun 1969 silam ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu mobil sport Jepang terlaris di dunia.

Menurut laman resmi Nissan, dikutip (19/8/2021), generasi ke tujuh roadster 2 pintu ini dijadwalkan mulai dijual di dealer AS pada musim semi 2022.

All-new Nissan Z menawarkan teknologi canggih dengan transmisi manual 6 hingga tersedia opsi baru transmisi otomatis 9 percepatan. Mobil sport ini dibekali mesin 3.0-liter V-6 twin turbo yang mengalami peningkatan sebanyak 68 HP serta torsi 30 persen dari generasi sebelumnya.

Kini mobil sport Nissan All-new Z tersebut menghasilkan tenaga 400 hp (405 PS) dan torsi 350 lb-ft (475 Nm) pada 5.600 rpm. Pada pilihan transmisi otomatis, pengguna akan disuguhkan dua setelan mode berkendara standard dan sport.

Baca juga  Review Nissan Grand Livina L10 (2012-2013), Masih Mewah!

Mode standar direkomendasikan untuk perjalanan jauh, sedangkan sport untuk akselerasi dan jalan berliku. All-new Nissan Z akan ditawarkan di pasar Amerika Serikat dalam grade Sport and Performance, dengan pilihan transmisi manual 6 atau transmisi otomatis 9-percepatan.

“Tujuan kami adalah menjadikan ini Nissan Z terbaik. Dengan setiap generasi, kami meningkatkan standar, mendorong batas Z dan terus memanfaatkan naluri manusia untuk perjalanan mendebarkan berikutnya,” kata Hiroshi Tamura, kepala spesialis produk Z baru Nissan.

“Lebih dari sekadar kuat dan gesit, all-new Z dirancang untuk menyatu dengan pengemudi, agar mobil menjadi ‘partner dansa’ untuk petualangan on-road mereka,” tambahnya.

Eksterior Terinspirasi Fairlady 240ZG 

Nissan Z
Detil marking pada kaca belakang menunjukan kelas dan jati diri

All-new Nissan Z didesain dengan tema “tradition with modern technology” yakni tampilan eksterior yang ramping dan tidak meninggalkan ciri khasnya.

Kap mesin panjang, burutan belakan pendek, dengan dek yang rendah sebagaimana khas mobil sport jepang era tahun 1970an.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Alfonso Albaisa, wakil presiden senior desain global Nissan yang mengatakan mobil sport ini mengadopsi desain mobil sport penggerak roda belakang tradisional. Alhasil kental dengan aura nostalgia.

Baca juga  Segini Hasil Uji Keselamatan Nissan Kicks, Memuaskan?

Meski mengusung desain tradisional, bukan berarti mengusng teknologi yang usang. Pada eksterior, Nissan Z sudah mengadopsi teknologi pencahayaan LED sebagai penerang utama.

Desain lampu ini mengadopsi pada Fairlady 240ZG khusus pasar Jepang tahun 70-an. Tidak hanya di situ, mobil ini juga dibekali spoiler belakang yang menjaga aerodinamika mobil tetap terjaga dalam kecepatan kencang.

Nissan Z dibekali dengan tiga warna eksterior sebagai pilihan, dan enam warna two-tone termasuk dua warna baru, Seiran Blue dan Ikazuchi Yellow, keduanya dengan atap Super Black.

Interior Modern dengan Sentuhan Vintage

Nissan Z
Menariknya, desain interior ini melibatkan pebalap legendaris Jepang yang menggunakan Nissan Super GT500 Tsugio Matsud

Nissan mengatakan mobil terbarunya mengusung desain interior modern namun dengan sentuhan vintage.Hal ini terlihat tachometer analog pada layar instrumennya dan didukung dengan layar audio layar sentuh 8,0 inci.

Menariknya, desain interior ini melibatkan pebalap legendaris Jepang yang menggunakan Nissan Super GT500 Tsugio Matsuda dalam kegiatan balapnya, untuk meberi masukan terkait ergonomi pegendara.

Nissan Z juga ditawarkan dalam edisi terbatas, yakni Nissan Z Proto Spec. Mobil ini emiliki pembeda seperti penampilan kaliper rem eksklusif berwarna kuning dengan logo Z, velg aluminium alloy berwarna perunggu, jok kulit eksklusif dengan aksen kuning dan jahitan interior berwarna kuning.

Baca juga  Hongqi S9, Hypercar Cina yang Tembus Pasar Italia

Produksi Nissan Z Proto Spec dibatasi hingga 240 unit. Nissan juga akan mengumumkan detail all-new Nissan Z atau Fairlady Z pada pasar Jepang pada musim dingin 2021.

Demikian ulasan terkait Nissa Z terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru