by

4 Seri Oli Balmerol Meluncur, Apa Istimewanya?

Oli Balmerol – PT Balmer Lawrie Indonesia (BLI) baru saja meluncurkan empat seri pelumas untuk sepeda motor di Tanah Air. Kehadiran BLI sendiri bukan tanpa alasan, mengingat kebutuhan pasar untuk oli di pasar Nasional begitu besar.

Kehadiran empat seri oli Balmerol ini merupakan langkah awal bagi BLI di tahun 2020 untuk menapaki pasar otomotif di Indonesia. Kedepannya, oli Balmerol juga akan tersedia untuk oli kendaraan roda empat atau lebih.

Di bawah payung strategi dengan konsep ‘Endless Innovation for Customer Benefit’, Balmer berkomitmen untuk menambah layanan solusi produk dan servis secara menyeluruh.

“Kami melihat market otomotif di Indonesia sangat prospektif bagi bisnis kami. Kalau merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam dua tahun terakhir, ada 146.858.759 unit kendaraan bermotor,” ujar Rudy Issudirman, Head of Retail Sales & Marketing PT Balmer Lawrie Indonesia.

Rudy pun menambahkan, “Dari jumlah tersebut, 120.101.047 unit di antaranya adalah sepeda motor”.

Lebih lanjut Rudy juga menjelaskan, berdasarkan data mobil penumpang, dua tahun terakhir sudah mencapai 16.440.987 unit, di mana setiap tahun diperkirakan terjadi penambahan 1 juta unit.

Baca juga  Bedanya Oli Sintetis, Oli Semi Sintetis, dan Oli Mineral?

Ini belum lagi kalau kita bicara bus dan mobil barang. Menurut data BPS, ada 2.538.182 unit bus dan 7.778.544 unit mobil barang yang beroperasi di dalam negeri.

“Semua ini merupakan gambaran besar pasar oli, baik oli motor, oli mobil penumpang, juga oli commercial vehicle (bus dan mobil barang),” jelas Rudy.

Industri Pelumas Mengalami Penurunan

industri pelumas alami penurunan
Industri pelumas di Indonesia merosot, terdampak Covid-19

Meski dianggap memiliki prospek yang cerah, namun ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Bisnis oli mengalami masa yang tidak menyenangkan.

“Penurunan bisnisnya berkisar 30 persen hingga 50 persen pada triwulan kedua ini. Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi semua pebisnis yang mengambil pasar retail, termasuk kami,” jelas Rudy.

Meskipun prediksinya kondisi bisnis baru benar-benar pulih di triwulan kedua tahun depan. Namun produsen oli Balmerol itu tetap optimistis, produk mereka akan mendapat respon positif di pasar Nasional.

“Saat ini, kami akan memulainya lebih dulu dengan meluncurkan oli motor, baik untuk yang matic maupun non matic,” imbuh Rudy.

Ia pun menegaskan bahwa oli Balmerol dalam beberapa bulan ke depan juga akan tersedia untuk kendaraan roda empat.

Baca juga  8 Oli Mobil Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

“Kami segera meluncurkan oli mobil (passenger car oil) yang tentunya juga telah memiliki SNI,” kata Rudy.

Mengenal 4 Produk Oli Balmerol

Produk Oli Balmerol
Mengenal empat produk oli Balmerol

Seperti dijelaskan sebelumnya, oli Balmerol tersedia dalam 4 seri yakni MCO Matic Balmerol Superstar SAE 10W30, MCO Matic Balmerol Superstar SAE 20W40, MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 20, dan MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 10W40.

Seluruh produk oli Balmerol tersedia dalam kemasan botol 800 ml.

MCO Matic Balmerol Superstar SAE 10W30 bisa diaplikasikan untuk semua tipe motor matic terutama merek Honda yang merekomendasikan pemakaian oli SAE 10W 30 ini. Pengguna motor 4 tak termasuk jenis skuter juga diakomodir melalui produk MCO Matic Balmerol Superstar SAE 20W40.

“Sementara untuk motor non matic, produk oli unggulan kami adalah MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 20W50 dan MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 10W40,” ujar Rudy.

Sekadar informasi, di pabrik oli Balmerol yang berada di Cikande, Tangerang. Memiliki kapasitas produksi hingga 9 juta liter per tahun di tahap awal menjajaki pasar Indonesia. Selanjutnya, kapasitas produksi tersebut akan menyesuaikan kebutuhan pasar.

Baca juga  Tips Memilih Oli Motor Terbaik dan 9 Rekomendasinya

Ekspansi Bisnis Oli Balmerol di Indonesia

Pelumas Balmerol
Ekspansi bisnis oli Balmerol di Indonesia

Terkait pasar, pihak produsen oli Balmerol saat ini masih berfokus untuk pasar pulau Jawa. Pertimbangannya, populasi outlet dan jumlah otomotif retail itu sekitar 80 persen ada di pulau Jawa.

“Kami juga bekerjasama dan terus ingin menambah jumlah mitra distribusi, terutama yang memiliki jaringan luas untuk produk otomotif. Kami sangat terbuka jika ada pihak-pihak yang ingin menjadi mitra distribusi produk oli Balmerol.

Oli Balmerol nantinya juga akan tersedia di sejumlah platform digital, sebagai upaya untuk memperluas jaringan pemasaran dan juga lebih memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk oli Balmerol.

“Dalam memperluas pasar, kami juga sedang dalam proses melakukan kerjasama dengan beberapa penyedia platform digital,” pungkas Rudy.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

Terbaru