Pakai Mesin Buas, Harga Toyota Hilux 2.8 GR Sport Mahal!

by Firdaus Ali
mobil terbaru tahun 2023 - Toyota Hilux GR Sport

Buat kamu penyuka mobil double cabin, ada kabar gembira. Toyota Hilux 2.8 GR Sport model 2022 resmi dijual di Indonesia. Harganya tembus Rp 728,2 juta (OTR Jakarta), walau demikian dari sisi performa pasti sangat istimewa!

“New Hilux GR Sport merupakan implementasi komitmen Toyota untuk menghadirkan ever-better cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Semangat continuous improvement sebagai DNA Motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR) diaplikasikan pada New Hilux GR Sport sehingga membuat penampilannya menjadi semakin sporty dan tangguh, serta dilengkapi dengan performa mesin yang lebih bertenaga dan driving experience yang sporty,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam rilis resminya, Rabu (7/12/2022).

Sebenarnya, Hilux GR Sport bukanlah model yang asing di Indonesia. Pasalnya mobil ini pernah hadir di GIIAS pada Agustus 2022. Hanya saja ketika itu belum dijual, karena masih menjalani proses uji tipe.

Nah barulah pada Desember, Toyota benar-benar meluncurkan Hilux 2.8 GR Sport 2022. Lalu dengan harga yang tembus Rp 782 jutaan, seperti apa spesifikasinya? Apa bedanya dengan Hilux 2.4 V 4×4? Untuk jawabannya simak artikel ini sampai habis:

Eksterior Toyota Hilux GR Sport

Toyota Hilux GR Sport

Hilux GR Sport ganteng maksimal

Bicara spesifikasi eksterior Toyota Hilux 2.8 GR Sport 2022, hadir dengan tampilan yang macho. Menyandang sebagai bagian dari lini produk GR Sport, tentunya Hilux kini mendapat penyegaran ornamen khas GR Sport.

Baca juga  Toyota Luncurkan GR 86 2022, Lebih Mahal dari Subaru BRZ!

Grille trapezoidal kokoh yang mendominasi wajahnya, tampak klasik dengan sentuhan nama Toyota dengan aksen bold seperti milik All New Land Cruiser GR Sport. Selanjutnya, GR Side Plate di bawahnya tampak modern berkat kombinasi body color dan black gloss serta diperkuat oleh front bumper extension dan fog bezel sporty.

Untuk mendukung kesan sporty dan macho, Toyota Hilux GR Sport menyematkan velg alloy dengan diameter 18 inch dan dipertegas oleh over fender tebal di atas roda depan dan belakang. Pada area bak mobil, dipasang GR Sport Bar berwarna black glossy dengan Shark Fin Antenna di atasnya.

Interior Toyota Hilux GR Sport

Interior Toyota Hilux 2.8 GR Sport

Interior Hilux GR Sport

Masuk ke bagian kabin interior, Hilux GR Sport kental menyuguhkan aura sporty. Hal itu bisa dilihat dari desain jok mobil yang dikombinasikan dengan jahitan yang menggunakan benang berwarna merah serta adanya logo GR di headrest.

Adapun bahan pembungkus jok mobil menggunakan perpaduan bahan suede, genuine, dan synthetic leather.

Tak hanya itu saja, pada bagian setir juga dibalut dengan material kulit dengan aksen GR Red Leather Center Mark Addition. Pola jahitan Kagari berpola huruf Z yang unik bersanding bersama new bezel, GR Emblem, dan paddle shift.

Baca juga  Toyota Century, Sedan Mewah Terbaru yang Masuk ke Indonesia

Dibagian dashboradnya ada headunit touchscreen berukuran 8 inchi yang bisa mengakomodasi sistem audio serta fitur mobil. Tak lupa, untuk menambah kenyamanan pengemudi, disematkan engine start/stop system.

Fitur TSS Hadir di Hilux 2.8 GR Sport 2022

fitur tss di hilux gr sport

TSS hadir di Hilux GR Sport, tapi belum ada di Fortuner

Bicara spesifikasi fitur dari Toyota Hilux 2.8 GR Sport sangatlah mumpuni. Mobil double cabin ini sudah menyematkan fitur TSS (Toyota Saftey Sense). Di dalamnya terintegrasi berbagai fitur keselamatan canggih, seperti fitur Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Lane Departure Alert (LDA).

Kemudian, untuk fitur keselamatan berkendara lainnya terdapat Panoramic View Camera. Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Downhill Assist Control (DAC), Trailer Sway Control (TSC), Rem ABS + EBD, dan Emergency Brake Signal (EBS).

Performa Mesin Diesel Buas 2.800 cc

eksterior tampak belakang - toyota hilux 2.8 gr sport

Mesin 2.800 cc Hilux GR Sport sama dengan milik Fortuner 2.8

Bicara spesifikasi mesin, mobil double cabin ini menggunakan kode 1GD-FTV dengan kapasitas 2.800 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Mesin tersebut juga digunakan oleh Toyota Fortuner 2.8 GR Sport, di mana untuk tenaga maksimumnya diklaim mampu mencapai 203,9 PS dan torsi puncak 499,1 Nm. Sementara untuk penggeraknya pakai 4×4.

Baca juga  Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid, Mending Mana?

Performa itu beda jauh dengan Hilux 2.4 V 4×4 yang cuma pakai mesin turbo diesel 2GD FTV 4-silinder DOHC with VNT Intercooler yang berkapasitas 2.400 cc. Di atas kertas cuma bisa melontarkan tenaga 147,5 hp pada 3.400 rpm dan torsi puncaknya di angka 400 Nm.

Oh ya, Hilux GR Sport 2022 ini juga mendapat sentuhan pada bagian kaki-kakinya. Suspensi diatur ulang, sehingga diklaim lebih optimal untuk melewati segala medan jalan. Ubahan suspensinya lewat penggunaan MONO-Tube Type Shock Absorber untuk menyajikan feeling kemudi dengan karakter khas mobil balap. Diklaim bisa memberi keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai. Sebagai penghenti laju, Sporty D-Cab ini memanfaatkan GR Brake dengan GR Red Color Paint with GR Brand Mark yang diimbangi oleh rigiditas pedal sehingga memberikan sport-brake feeling.

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi mobil double cabin Toyota Hilux 2.8 GR Sport di Indonesia yang harganya tembus Rp 782 jutaan. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika