by

Peluncuran Nissan Leaf di Indonesia, Tahun Ini!

Vice President for Nissan ASEAN, Isao Sekiguchi mengatakan bahwa Nissan Leaf akan dijual di Indonesia, tidak lama lagi. Hal tersebut disampaikannya dalam acara virtual bertema Nissan Futures pada Kamis (04/02/2021).

“Nissan Leaf sebagai mobil listrik produksi massal pertama, kini sudah masuk pasar ASEAN, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Hongkong. Kami semangat sekali mendatangkan kendaraan ini di Indonesia dan Filipina dalam hitungan bulan,” beber Sekiguchi.

Jika disimpulkan, harusnya kendaraan dengan sumber tenaga full baterai tersebut bisa dibeli oleh masyarakat Tanah Air pada tahun ini. Tentu kemunculannya membuat pilihan beragam untuk konsumen Indonesia yang tertarik membeli mobil listrik.

Lantas seperti apa spesifikasi lengkap Nissan Leaf yang siap masuk Indonesia? Kira-kira berapa harganya? Simak bahasan dibawah ini untuk tahu jawabannya.

Spesifikasi Nissan Leaf, Mobil Listrik Modern

motor listrik Nissan Leaf
Nissan Leaf memiliki fitur e-pedal atau one pedal yang memudahkan pengendara

Bila melihat spesifikasi Nissan Leaf di negara tetangga, maka mobil ini menggendong baterai kapasitas 40 kWh sebagai sumber tenaga. Dalam kondisi penuh, mampu membawa mobil melaju hingga 311 Km.

Baca juga  5 Perbedaan Honda City Hatchback Vs Jazz, Berubah Total!

Kemudian soal performa, tidak perlu diragukan lagi. Ada motor elektrik yang bisa mengubah energi listrik dari baterai untuk menjadi torsi sebesar 320 Nm dan tenaga 150 PS. Dengan demikian, Nissan mengklaim Leaf bisa berlari dari posisi diam hingga 100 Km/jam hanya dalam 7,9 detik. Kecepatan maksimalnya 155 Km/jam.

Untuk isi ulang baterai, butuh waktu cuma 1 jam dengan quick charging 50 kW. Sementara untuk home charging 6,6 kW memerlukan 7 jam sampai baterai penuh.

Hal menarik lain dari mobil listrik ini, memiliki beragam teknologi modern. Mulai dari e-pedal atau one pedal yang memungkinkan pengendara cukup menekan satu pedal saja untuk gas dan rem. Teknologi tersebut sudah lebih dulu ada di Indonesia, lewat Nissan Kicks e-Power.

Ada pula intelligent forward collision warning dan intelligent emergency braking. Lalu intelligent ride control, intelligent trace control, hingga intelligent around view monitor with moving object detection.

Semua fitur modern di Nissan Leaf tersebut membantu pengendara agar semakin selamat dan nyaman di jalan.

Baca juga  Harga Nissan Leaf Indonesia Terungkap, Mobil Listrik Termurah?

Harga Nissan Leaf Di Bawah Rp 1 Miliar

nissan leaf
Harapannya ketika masuk Indonesia, mobil ini bisa punya harga yang terjangkau

Issao Sekiguchi pernah mengungkapkan dalam salah satu kesempatan di Indonesia, bahwa harga Nissan Leaf pasti di bawah Rp 1 miliar. Hanya saja seberapa murah?

Kalau melihat harga Nissan Leaf di berbagai negara tetangga, ternyata sangat bervariasi. Thailand memasarkannya 1,990,000 Baht atau setara Rp 929 jutaan. Sementara Malaysia menjual Leaf dengan banderol mulai RM 181,263 atau setara Rp 626 jutaan.

Lalu berapa harganya ketika masuk Indonesia? Itu yang masih jadi misteri. Jika mau menarik masyarakat untuk membeli. Harusnya ada di angka Rp 600 jutaan. Kenapa demikian?

Di Tanah Air sudah ada Hyundai Ioniq Electric yang dijual mulai Rp 624,8 juta (OTR Jakarta). Jadi sebagai penantang, sebaiknya mobil listrik Nissan bisa memiliki banderol serupa.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru