Rabu, Mei 22, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Penjualan Honda Brio dan HR-V Melejit di Bulan Januari 2024, Sayang New City Keok!

by Firdaus Ali
penjualan honda brio dan hr-v

Penjualan Honda Brio dan HR-V meroket di bulan Januiaro 2024. Tercatat, kedua mobil berkapasitas 5 penumpang itu terjual 10.019 unit.

Lebih rinci, penjualan Honda Brio terserap pasar sebanyak 5.186 unit sementara itu Honda HR-V terjual sebanyak 1.624 unit. Model andalan Honda lainnya seperti Honda WR-V mencatatkan penjualan sebesar 1.460 unit, sementara BR-V mencatatkan penjualan sebesar 1.131 unit, dan All New Honda CR-V sebanyak 351 unit.

Kemudian Honda City Hatchback RS terjual sebanyak 131 unit, All New Honda Civic RS sebanyak 57 unit, Honda Accord sebanyak 31 unit, Honda Mobilio sebanyak 30 unit dan sebagai juru kunci New Honda City hanya terjual sebanyak 18 unit.

“Di awal tahun ini, kami terus memonitor perkembangan kondisi pasar untuk menyusun strategi agar dapat memenuhi permintaan konsumen terhadap model-model yang kami jual. Dengan adanya penyegaran model yang kami lakukan serta pergelaran motorshow yang menawarkan berbagai program penjualan yang menarik, kami berharap dapat kembali menyegarkan pasar di awal tahun ini,” jelas Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (20/2).

Baca juga  Test Drive Honda HR-V Gen 3 di Bali, Nyaman?

New Honda City Jadi Juru Kunci, Harga Kemahalan?

penjualan honda brio dan hr-v

Penjualan New Honda City hanya 18 unit

Penjualan Honda Brio dan HR-V yang mencapai 10.019 unit berbanding terbalik dengan penjualan New Honda City yang hanya mencapai 18 unit di bulan Januari 2024. Lalu, apa penyebabnya?

Saat ini New Honda City dijual dengan banderol Rp 402 juta. Di segmen mobil sedan, City punya kompetitor Toyota Vios yang dibanderol mulai dari Rp 363,2 juta untuk varian G CVT dan Rp 376,4 juta untuk varian G CVT TSS.

Yup, prediksi kami, salah satu penyebab amblasnya penjualan New Honda City karena harga yang lebih mahal dari Toyota Vios. Terlihat jaraknya cukup signifikan.

New City

All New City

Jika berbicara performa mesin, New Honda City lebih unggul dari Vios. City menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Sementara itu Toyota Vios pakai mesin 1.5 L 2NR-VE 4 Cylinders, In-line 16-Valves DOHC with Dual VVT-i. Hasilnya, tenaga bisa mencapai 105 hp di 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Baca juga  Honda ZR-V Diperkenalkan, SUV Paling Bertenaga!

Soal fitur juga sebenarnya sudah modern. Dimana New Honda City sudah dilengkapi Honda Sensing yang meliputi fitur Collision Mitigation Brake System (CMBS), Auto-High Beam (AHB), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM) serta Adaptive Cruise Control (ACC).

Namun begitu, nyatanya Toyota Vios lebih unggul. Selain punya Toyota Saftey Sense (TSS), Vios juga punya teknologi telematika T-intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan kendaraan dengan ponsel melalui aplikasi mTOYOTA.

Fitur-fitur yang terdapat dalam T Intouch antara lain:

  • Find my car
  • Geofencing
  • Stolen vehicle tracking
  • Vehicle info
  • E-Care (maintenance)
  • Trip driving update
  • Inquiry and support center
  • Road assistance
  • Reward program

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika