by

Penjualan Lamborghini Urus Tembus 15 Ribu Unit

Siapa sangka penjualan Lamborghini Urus begitu sukses dan akan menjadi model mobil paling laris dari pabrikkan asal Italia ini. Padahal, awalnya Lamborghini idealis hanya memproduksi sedan sport dua pintu saja. Namun hal itu harus runtuh, demi meraup cuan yang lebih banyak di industri otomotif lewat kemunculan Urus.

Mobil Lamborghini Urus pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 silam sebagai sebuah SUV. Hal tersebut hadir, karena tren SUV dunia sedang memingkat pesat-pesatnya. Tren SUV tidak hanya merambah mobil-mobil kelas menengah ke bawah, melainkan di segmen premium peminat model kendaraan juga turut terkerek.

Dengan adanya Urus, Lamborghini kini melangkapi portofolio yang sudah ada. Jadi bukan cuma menjual hypercar berjenis sedan saja seperti Murcielago, Gallardo, Aventador dan Huracan.

Nah menariknya posisi Lamborghini Urus ini sedikit berbeda dengan varian lainnya. Misalnya dari segi kuantitas. Ketika varian lainnya Lamborghini dibuat dengan jumlah selalu terbatas, berbeda dengan SUV Lamborghini Urus yang diproduksi massal.

Jadi tidak mengherankan ketika penjualan Lamborghini Urus sudah tembus 15 ribu unit. Pabrik Lamborghini di di Sant’Agata Bolognese, Italia, bisa mendapat pencapaian tersebut hanya dalam tiga tahun.

Baca juga  World Premiere Toyota Land Cruiser 2021, Catat Tanggalnya!

Untuk pabrikan hypercar, jumlah produksi ini bukanlah yang sedikit, karena biasanya pabrikan mobil hypercar selalu membuat unit dengan jumlah sedikit dan terbatas. Namun beda dengan Lamborghini, yang sejak awal memang merancang Urus agar bisa dimiliki semua kalangan.

Lamborghini Urus Lampaui Kesuksesan Huracan dan Aventador

penjualan Lamborghini Urus
Interior Lamborghini Urus Edisi Spesial

Nah untuk marayakan penjualan Lamborghini Urus yang istimewa. Maka edisi spesial dirilis. SUV terbuas di dunia ini hadir dengan spek khusus dan hanya dibuat satu unit di dunia.

Mengutip Hindustan Times, Rabu, (21/7/2021) Lamborghini Urus ini merupakan unit produksi ke-15.000. Dan hanya akan dipasarkan di Inggris. SUV ini diluncurkan dalam satu set warna dan finishing Graphite Capsule.

Eksteriornya menampilkan warna baru Grigio Keres Matt bersama dengan detail Verde Scandal. Sedangkan interiornya menampilkan warna dual-tone, yakni Nero Ade dan Verde Scandal.

Lamborghini Urus telah terbukti menjadi model yang sangat sukses, bahkan melampaui kesuksesan Huracan dan Aventador. Terbukti dari data penjualan, SUV Urus terjual 2.796 unit di seluruh dunia pada paruh pertama 2021 dan berkontribusi secara signifikan terhadap kenaikan penjualan mobil Lamborghini pada periode tersebut.

Baca juga  BMW X7 Rakitan Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah!

Pada enam bulan pertama 2021, melalui produsen supercar asal Italia tersebut mencatatkan lonjakan penjualan sebesar 37 persen dibandingkan paruh pertama 2020, yakni terjual 4.852 unit di seluruh dunia. Bahkan angka tersebut jauh lebih meningkat dari tahun 2019.

Sedangkan Lamborghini Huracan terjual 1.532 unit dan Lamborghini Aventador hanya 524 unit. Total penjualan kedua model hypercar itu 2.056 unit diwaktu yang sama di tahun 2021.

Lamborghini Urus perpaduan karakteristik mobil super sport dengan SUV. Mobil ini dibekali mesin V8 twin-turbo 4 liter yang mampu menghasilkan tenaga 650 hp di 6.000 rpm. Torsi puncaknya mencapai 850 Nm di 2.250 rpm.

SUV Lamborghini Urus mampu berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,6 detik saja. Sedangkan kecepatan 0 hingga 200 km/jam diperoleh dalam 12,8 detik. Kecepatan tertingginya 305 km/jam.

Demikian ulasan terkait penjualan Lamborghini Urus hingga 15.000 unit. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update konten terbaru seputar otomotif.

Terbaru