by

5 Penyebab Kunci Kontak Mobil Tidak Bisa Diputar

Pernah mengalami kunci kontak mobil tidak bisa diputar? Nah berikut ini kami akan berikan penjelasan mengenai penyebab yang sering terjadi pada bagian tersebut.

Meski di tengah kemajuan teknologi otomotif yang saat ini sudah menggunakan engine start stop button, namun beberapa mobil konvensional masih menggunakan kunci kontak untuk menghidupkan mesin. Biasanya, pemilik mobil dengan kunci konvensional sering mengalami kunci kontak mobil tidak bisa diputar.

Untuk mengenali jika kamu mengalami hal tersebut, ada baiknya mengecek beberapa hal berikut ini. Pasalnya, jika kunci kontak mobil tidak bisa diputar biasanya disebabkan oleh sesuatu yang tidak sesuai. Entah itu dari bagian kunci mobil atau dari hal lainnya.

Setidaknya, ada lima hal yang harus kamu perhatikan ketika mengalami hal tersebut. Untuk itu, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis sehingga ketika mengalami hal kunci kontak mobil tidak bisa diputar kamu tidak panik.

1. Lubang Kunci Kurang Pelumas

Kunci kontak mobil tidak bisa diputar
semprotkan cairan khusus pada lubang kunci

Biasanya, salah satu masalah yang sering dihadapi kunci kontak mobil yang tidak bisa diputar adalah lubang kunci yang terlalu kering atau tidak ada pelumas. Jika kondisi seperti ini, maka tidak hanya untuk memutar kunci, tetapi ketika anak kunci dimasukkan juga sedikit sulit.

Baca juga  5 Cara Ampuh Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil

“Hal yang paling gampang adalah melumasi anak kunci serta lubang anak kunci. Karena itu kan terbuat dari semacam besi ya? Biasanya harus dilumasi, dan anak kunci tersebut bisa digunakan kembali untuk memutar pada lubang kunci,” jelas Nawi, mekanik Subur Jaya di kawasan Ciledug.

Tidak hanya itu, dengan disemprotkan dengan pelumas atau spray, maka kotoran yang ada di dalam lubang kunci akan secara otomatis dibersihkan. Sehingga, tidak lagi menjadi sulit untuk digunakan.

2. Anak Kunci Bengkok

Kunci kontak mobil tidak bisa diputar
Kunci bengkok menjadi penyebab tidak bisa diputar

Selain harus melakukan penyemprotan atau pemberian pelumas pada lubang kunci, kamu juga harus mengecek fisik anak kunci yang berfungsi untuk menyalakan mesin. Ketika kunci kontak mobil tidak bisa diputar, bisa jadi disebabkan dengan kondisi anak kunci yang tidak layak.

Dalam hal ini, kondisi tersebut dikarenakan anak kunci bengkok. Sering kali, pemilik kendaraan tidak sadar bahwa kunci tersebut bengkok karena sering digunakan. Belum lagi jika pemilik kendaraan tersebut tidak apik dalam menggunakannya, sudah pasti akan mengalami kondisi yang tidak sempurna.

Ketika mengalami hal seperti ini, kamu harus mendatangi bengkel resmi untuk membeli kunci baru agar tidak menyebabkan kerusakan yang berkelanjutan.

3. Setang Terkunci

Kunci kontak mobil tidak bisa diputar
Putar secara perlahan kunci kontak mobil

Kadang kita lupa bahwa mobil sedang dikunci setang, sehingga ketika kunci kontak tidak bisa diputar. Jika mengalami hal ini, jangan panik.

Baca juga  Kenapa Tulisan Ambulance Terbalik? Ini Alasannya

Penyebab kunci kontak mobil tidak bisa diputar, bisa jadi cuma karena kunci setir masih aktif, sehingga tidak bisa diputar seperti biasanya. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan jika mengalami hal tersebut, putar kunci ke arah kiri sembari memutar lingkar kemudi agar sistem penguncian bisa terbuka. Ulangi gerakan ini beberapa kali, agar pengunci setir dapat bergerak bebas.

“Tapi jangan dipaksa juga. Karena kan biasanya kalau keadaan panik kita buru-buru ingin menghidupkan mesin. Jadi tetap pelan-pelan, jangan grasak-grusuk, supaya anak kuncinya tidak bengkok atau tidak terjadi masalah,” tambah Nawi.

4. Transmisi Otomatis di Posisi Selain P

Kunci kontak mobil tidak bisa diputar
Pindahkan persneling ke posisi P supaya kunci kontak bisa diputar

Untuk kamu yang menggunakan mobil dengan transmisi automatic, jangan panik dulu ketika kunci kontak mobil tidak bisa diputar. Jangan langsung bergegas untuk memanggil montir untuk melakukan perbaikan. Tapi, kamu juga harus mengecek bagian persneling.

Pada umumnya, ketika persneling automatic berada di posisi N atau di posisi lain, kunci kontak menjadi tidak bisa diputar. Hal ini untuk memberikan keselamatan kepada pengguna mobil tersebut agar mobil tidak lompat ketika distarter. 

Baca juga  3 Perbedaan Head Unit Single DIN dan Double DIN

Oleh karenanya, ketika kamu melihat persneling berada di tuas N atau posisi lain, maka harus dipindahkan terlebih dahulu ke posisi N. Setelah persneling dirubah ke P, maka kunci kontak bisa langsung diputar dan mesin bisa dihidupkan kembali.

5. Perhatikan Posisi Anak Kunci

Kunci kontak mobil tidak bisa diputar
posisi kunci harus pas dengan lubang kunci

Hal terakhir yang sering kali menjadi penyebab kunci kontak mobil tidak bisa diputar adalah karena posisi anak kunci tidak tepat.

Meski hal ini memiliki kemungkinan kecil, namun menurut Nawi, bisa jadi per di bagian lubang kunci mengalami kerusakan ketika anak kunci mobil di masukkan dan posisinya tidak tegak.

“Jangan salah juga, ketika buru-buru biasanya kita main masukin aja kan anak kuncinya. Nah, kalau sering kaya gitu juga ada efek terhadap lubang kunci. Bisa jadi, lubang kuncinya kegerus gitu, dan akhirnya selek, jadi rada susah buat menghidupkan mesinnya,” tandas Nawi.

Sebagai bagian dari perawatan, sebisa mungkin kamu menyemprotkan spray yang bisa memperlancar anak kunci tersebut masuk ke dalam lubang. Atau, jika memang sudah mengalami hal tersebut, bisa langsung dikonsultasikan ke bengkel resmi agar ada perbaikan secara langsung.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru