by

5 Penyebab Setang Motor Bergetar yang Harus Diketahui

Pernah merasakan setang motor bergetar? Kamu perlu mengetahui penyebabnya, agar kamu bisa segera menyelesaikan masalah tersebut.

Setang atau kemudi motor, memiliki peranan penting pada sebuah kendaraan roda dua. Untuk menjaga agar setang selalu stabil dan nyaman saat motor dikendarai, tentunya harus dilakukan perawatan dengan baik.

Jika kamu pernah mengalami jatuh dari motor, kemungkinan setang sepeda motor kesayangan kamu akan mengalami gangguan dan pasti menjadi tidak stabil lagi. Lalu bukan tidak mungkin, setang motor bergetar saat dikendarai pada kemudian hari.

Namun, yang sering jadi keluhan para pengguna kendaraan sepeda motor adalah, setang terasa goyang atau bergetar ketika di kendarai, sedangkan sepeda motor miliknya itu tidak pernah mengalami jatuh atau tabrakan. Nah, jika hal ini terjadi pada sepeda motor kesayangan kamu, tentunya bakal menjadi sebuah tanda tanya besar.

Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab setang motor bergetar. Sebagaimana disampaikan oleh Dadan Daniel, Assistent Trainer Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Kondisi roda dan komponen yang ada dibagian kaki-kaki sepeda motor, merupakan masalah umum penyebab setang motor bergetar saat motor berjalan.

“Ada beberapa penyebab, bisa jadi kondisi roda ataupun komponen-komponen yang ada bagian kaki-kaki sepeda motor bermasalah dan perlu segera dilakukan perbaikan,” ujar Dadan.

Baca juga  3 Cara untuk Hasilkan Pernis Cat Motor yang Bagus

1. Ban Benjol

Penyebab Setang Motor Bergetar
Ilustrasi ban motor benjol

Kondisi ban yang sudah mulai tidak laik bisa memberikan pengaruh buruk pada kinerja setang atau kemudi. Tentunya, ini bisa menimbulkan getaran saat sepeda motor sedang dikendarai.

Kondisi ban yang tidak rata seperti adanya benjolan ataupun bekas tambalan jelas membuat kemudi sepeda motor jadi tidak stabil dan menimbulkan getaran pada setang.

Untuk mengatasi hal ini sebetulnya sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. Selalu perhatikan kondisi tekanan udara pada ban sebelum sepeda motor digunakan.

Usahakan tekanan udara motor kamu sudah sesuai dengan yang dianjurkan, pastikan tekanan udara didalam ban tidak kurang juga tidak lebih.

Kemudian jika kamu menemukan ada sesuatu yang tidak beres pada ban seperti misalnya ada benjolan, segeralah ganti ban sepeda motor kamu dengan yang baru. Karena selain membuat setang bergetar, ban yang tidak rata tentu dapat membahayakan keselamatan berkendara kamu di jalan.

2. Komstir Rusak Bisa Jadi Penyebab Setang Motor Bergetar

WhatsApp Image 2021 02 25 at 15.14.47 1
Ilustrasi Komstir motor

Komstir merupakan komponen sepeda motor yang letaknya ada di antara sumbu segitiga garpu sepeda motor dan juga rangka motor. Peran kamstir sendiri cukup vital karena memegang peran dalam pengendalian motor.

Seiring berjalannya waktu, pada motor usianya sudah lama kondisi kamstir pada umunya akan mengalami penurunan.

Baca juga  Penyebab Air Radiator Keluar Dari Tangki Cadangan

Hal ini bakal mengakibatkan motor jadi terasa tidak stabil, sulit digerakan, dan setang juga bergetar menjadi tidak stabil.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan penggantian komstir motor di bengkel-bengkel terdekat yang biasa kamu kunjungi.

3. Velg Retak atau Peyang

WhatsApp Image 2021 02 25 at 15.14.47 2
Ilustrasi velg motor peyang

Bukan cuma dari konndisi ban saja yang bisa menyebabkan setang sepeda motor berasa bergetar. Kondisi velg yang sudah tidak normal juga bisa jadi salah satu penyebab setang tidak stabil

Kondisi velg yang sudah tidak normal ini biasanya disebabkan oleh velg yang sudah retak taua bengkok. Untuk mengecek apakah velg kamu dalam kondisi baik atau sebaliknya, caranya sangat sederhana.

Posisikan sepeda motor memakai standar tengah. Kemudian mulai putar rodanya. Apabila terdapat bagian yang tidak beres seperti misalnya terlihat goyang atau putaran terlihat tidak normal, hal ini menandakan velg motor kamu bengkok dan perlu diperbaiki atau diganti secepatnya.

4. Bearing Roda atau klaher pecah

WhatsApp Image 2021 02 25 at 15.14.47
Contoh klaher roda motor

Bearing roda atau sering disebut dengan klaher adalah komponen sepeda motor yang berada di bagian tengah roda dan berhubungan dengan roda secara langsung.

Kondisi bearing roda yang sudah tidak berfungsi normal, biasanya akan menyebabkan setang bergetar dan tidak stabil.

Baca juga  Cara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki, Bisa Dicoba!

Ciri-ciri bearing roda yang bermasalah adalah dengan ditemukannya bantalan peluru yang sudah pecah atau retak. Untuk memastikan apakah bearing roda sepeda motor kamu bermasalah atau tidak cukup mudah. Goyangkan roda sepeda motor anda ke kiri dan ke kanan. Apabila terasa ada goyangan itu tandanya kondisi bearing roda kamu sudah tidak baik dan harus secepatnya diganti.

5. Shockbreaker Bocor

WhatsApp Image 2021 02 25 at 15.16.47
Ilustrasi shockbreaker depan bocor

Shockbreaker merupakan salah satu komponen penting dalam sepeda motor. Shockbreaker memiliki fungsi yang vital yaitu sebagai peredam kejutan yang didapat motor ketika melibas jalanan yang bergelombang ataupun tidak rata.

Tak hanya itu, shockbreaker juga berperan penting dalam meningkatkan daya cengkram roda kepada jalan .

Jika shockbreaker kendaraan kamu bermasalah, maka pada umumnya akan berakibat pada setang berasa goyang dan tidak stabil. Rusaknya shockbreaker ini pada umunya disebabkan karena kendaraan terjatuh yang menyebabkan posisi shockbreaker tidak lurus.

Selain itu, shockbreaker yang rusak pada bagian seal, bakal menyebabkan pelumas dari peredam kejut ini bocor sehingga shock tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Itulah ulasan mengenai penyebab-penyebab setang motor bergetar dan tips mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru