by

Perbedaan BMW M3 Vs M4 Competition, Beli yang Mana?

Sesungguhnya perbedaan BMW M3 Vs M4 Competition di Indonesia, bukan cuma tampilan eksterior. Kalau itu mungkin sudah banyak yang tahu, di mana M3 Competition merupakan model sedan. Lalu M4 Competition merupakan versi coupe.

“Hadir dengan dua konsep – satu (M3 Competition) sedan dengan ruang hingga lima penumpang, yang lain (M4 Competition) coupé empat kursi, dua kendaraan ini hadir untuk penuhi permintaan para pecinta Motorsport dan penggemar BMW di Indonesia,” kata Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania saat peluncuran pada Rabu (30/6/2021).

Lalu apa perbedaan BMW M3 Vs M4 Competition yang lain? Jawabannya harga. Model sedan dijual lebih murah dengan Rp 2,059 miliar. Sementara versi coupe Rp 2,119 miliar.

BMW M4 Competition Individual Lebih Istimewa?

perbedaan bmw m3 vs m4 competition 001 - bucket seat m sport
Contoh M Carbon Bucket Seat yang hadir di M4 Competition Individual dengan pengaturan elektrik

Kemudian, beda kedua mobil ini semakin terasa di varian Individual. Apa itu? Bisa dikatakan Individual merupakan varian lebih istimewa dari sekadar BMW M3 dan M4 Competition. Ada berbagai tambahan aksesori lain yang membuat tampilan serta performa semakin mantap.

Baca juga  Tahun 2022, BMW Seri-3 Touring Tidak Lagi Dijual!

Secara eksterior, versi Individual memiliki M Carbon package yang terbuat dari material carbon fiber. Komponennya antara lain front air intake inlays, diffuser belakang, dan exterior mirrors.

Kemudian ada M Compound brake dengan warna red high-gloss. Ditambah lagi ada pilihan warna BMW Individual Frozen paintwork. Lalu dimana bedanya?

Perbedaan BMW M3 Vs M4 Competition individual ada di pelek. Khusus M3 pakai warna Bi-Colour Orbit Grey matt double-spoke style 825 M dengan material light-alloy. Sementara M4 berwarna jet black atau hitam double-spoke style 826 M yang juga terbuat dari light-alloy.

Masuk ke interior, di versi Individual keduanya sama-sama pakai M Carbon bucket seats dengan bobot 10 Kg lebih ringan dibanding M sport seats. Jok ini didesain untuk penggunaan di arena balap dengan penggunaan 6-point seatbelts. Di bagian belakangnya struktur carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) terlihat jelas menguatkan kesan sporty.

Lalu di BMW M4 Competition Individual ada tambahan fitur kenyamanan lebih untuk jok khas balap tersebut. “Kursi ini juga dilengkapi dengan pengaturan elektrik dan fungsi memori serta Easy-entry function untuk di model BMW M4 Competition Coupé (Individual),” beber rilis resmi BMW Indonesia.

Baca juga  Harga BMW 330i M Sport 2021, Tembus Rp 1 Milar

Soal harganya, BMW M3 Competition Individual Rp 2,599 miliar. Sedangkan BMW M4 Competition Coupé Individual Rp 2,659 miliar.

Di samping yang sudah disebutkan di atas, BMW M3 dan M4 Competition bisa dikatakan tidak memiliki perbedaan lain. Jantung mekanis misalnya, kedua mobil sport ini sama-sama pakai konfigurasi enam silinder segaris dengan dua turbocharger.

Mesin buas tersebut bisa melontarkan torsi 650 Nm pada 2.750 – 5.500 rpm dan tenaga maksimal 510 hp pada 6.250 rpm. Sementara untuk transmisi pakai BMW M Steptronic delapan-percepatan. Kalau diajak berakselerasi, BMW mengklaim dari posisi diam hingga 100 km/jam cuma dalam 3,9 detik.

Itulah tadi bahasan soal perbedaan BMW M3 Vs M4 Competition. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru