oleh

3 Perbedaan Mazda CX-5 Elite vs Kuro, Serupa Tapi Tak Sama

Meski sekilas terlihat sama, terdapat beberapa perbedaan Mazda CX-5 Elite vs Kuro. Adapun perbedaan yang signifikan terdapat pada sisi eksterior dan interiornya.

Bicara kesamaan, mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) 5-seater ini mengusung mesin SkyActive 2.5Lyang dilengkapi dengan Cylinder Deactivation. Teknologi tersebut dirancang meningkatkan penghematan bahan bakar dengan menonaktifkan 2 dari 4 silinder saat mengemudi.

Lalu soal performa, CX-5 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 190 PS serta torsi puncaknya 252 Nm. 

Mesin tersebut juga telah disematkan fitur i-Stop. Dimana fitur tersebut berfungsi menghemat bahan bakar dengan mematikan mesin secara otomatis saat mobil dalam keadaan statis dan menyalakannya kembali saat kendaraan kembali bergerak. Teknologi kontrol terbaru menciptakan nuansa operasional restart mesin yang cepat dan hampir tidak terasa.

Selanjutnya, terdapat beberapa fitur baru pada New Mazda CX-5. Seperti G-Vectoring Control Plus (GVC Plus). Dimana fitur tersebut merupakan salah satu cara rekayasa human-centric Mazda yang membuat pergerakan kendaraan diklaim lebih responsif.

Lalu ada juga fitur i-Activsense yang menaungi fitur Mazda Radar Crusie Control, Lane Departure warning System (LDWS), Blind Spot Monitoring (BSM) & Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Lane-Keep Assist System (LAS).

Selanjutnya ada juga fitur ABS+EBD dan BA, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS), rear and front parking sensor, serta kamera 360 derajat.

Baca juga  Beli Mobil MG, Gratis Perawatan Berkala Hingga 50 Ribu Km

Kemudian, ada pula wireless charging dan fitur Cruising and Traffic Support (CTS). Sistem ini (CTS) terdiri dari fungsi kontrol akselerasi dan fungsi bantuan kemudi untuk mengurangi kelelahan pengemudi saat berkendara di jalan bebas hambatan atau jalan raya.

Singkatnya, sistem melakukan kontrol akselerasi untuk menjaga jarak konstan antara kendaraan dan mobil di depan pada kecepatan kendaraan yang telah ditentukan sebelumnya tanpa Anda harus menggunakan pedal gas atau rem.

Oh ya, ada juga tambahan sistem Adaptive LED Headlight (ALH). Dimana sistem ini mampu menerangi jalan di depan seolah-olah siang hari dan memungkinkan siapa saja untuk menikmati berkendara yang aman dan bebas dari cemas kapan saja sepanjang hari.

Untuk mendukung kenyamanan selama berkendara, kedua varian Mazda CX-5 terbaru tersebut sudah dilengkapi Head Up Display (HUD) dan layar sentuh 8 inci yang dapat mengakomodasi Mazda Connect, Commander Control, AM/FM Radio, CD Player, Apple CarPlay, Android. Kemudian untuk outputnya tersematkan speaker Bose 10 titik.

Kembali ke Mazda CX-5 Elite vs Kuro. Mari kita simak beberapa perbedaanya berikut ini.

1. Desain Eksterior CX-5 Kuro Pakai Aksen Hitam

mazda cx-5 elite vs kuro
CX-5 Kuro juga memiliki roof rail, sementara elite tidak

Kuro dalam Bahasa Jepang mempunyai arti hitam. Karenanya untuk Mazda CX-5 varian Kuro didominasi warna hitam yang disematkan di beberapa bagian.

Baca juga  Honda ZR-V Diperkenalkan, SUV Paling Bertenaga!

Dari sisi eksterior, grillnya dilapisi warna hitam glossy serta terdapat sedikit aksen warna merah. Kemudian pada bagian bumper depan juga dilapisi warna hitam glossy yang dipadukan dengan  spion, fender dan velg yang juga dikelir hitam glossy. Perpaduan tersebut membuat CX-5 Kuro terlihat lebih garang.

Tak hanya itu saja, pada bagian belakang dari CX-5 varian Kuro terdapat emblem tulisan kuro dalam Bahasa global dan huruf kanji. Oh ya, pada bagian atasnya juga sudah disediakan roof rail untuk memudahkan pemiliknya jika ingin menggunakan roof box.

Sementara itu, untuk CX-5 varian Elite tampilan eksterior sama, hanya saja pada bagian grill tidak ada aksen merah, warna bumper hitam biasa, warna cover spion senada dengan  warna body, serta absen alias tidak dilengkapi roof rail. Kemudian bagian velgnya juga mengusung dua warna (two tone).

Singkatnya, kedua varian Mazda CX-5 terbaru terlihat elegan. Namun untuk varian Kuro terasa pula aura sporty berkat sentuhan warna hitam glossy di beberapa bagian.

2. Tampilan Interior Mazda CX-5 Kuro Lebih Sporty

mazda cx-5 elite vs kuro
Interior CX-5 Kuro berkelir hitam solid

Pambahasan Mazda CX-5 Elite vs Kuro selanjutnya akan membahas dari sisi interiornya. Seperti sudah diinformasikan sebelumnya bahwa kata Kuro mempunyai arti hitam. Nah, pada Mazda CX-5 Kuro bagian interiornya diselimuti warna hitam solid.

Baca juga  Bocoran Spesifikasi MG ZS, SUV Inggris Rasa Tiongkok!

Warna hitam terlihat mulai dari plafon, dashboard, doortrim dan joknya. Oh ya, pada bagian joknya terdapat sentuhan warna merah yang mencolok melalui benang yang menjahit pada setiap jok tersebut. Hal ini tentunya membuat tampilan kabin Mazda CX-5 Kuro terlihat kharismatik dan agresif.

Berbeda dengan CX-5 Kuro, pada Mazda CX-5 Elite tampilannya terlihat lebih lebih kalem. Bagian jok, doortrim dan dashboard juga mengusung warna hitam. Namun begitu benang pada jahitan joknya menggunakan warna senada yaitu hitam.

3. Harga Mazda CX-5 Elite Lebih Murah Dibanding Kuro

mazda cx-5 elite vs kuro 002
Sosok Mazda CX-5 Elite yang pakai banyak aksen chrome

Mazda CX-5 resmi meluncur pada awal April 2022. Banderolnya Rp 597,7 juta untuk varian Elite dan Rp 607,7 juta untuk varian Kuro. 

CX-5 Kuro memang lebih mahal, lantaran punya beberapa tambahan aksesori yang menjadikan tampilannya lebih sporty. Sementara CX-5 Elite lebih pas buat kamu yang menginginkan aura elegan dengan aksen chrome.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Mazda CX-5 Elite vs Kuro. Keduanya sekilas terlihat sama, namun jika diperhatikan lebih dekat terdapat detail perbedaan dibeberapa bagian. Kamu pilih yang mana?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya

Terbaru