Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Perbedaan Wuling BinguoEv dan Air ev, Mending Mana?

by Tigor Sihombing
Garansi Baterai Mobil Listrik

Kira-kira apa sih perbedaan Wuling BinguoEv dan Air ev? Mungkin kamu sedang berniat membali salah satunya namun bingung mau pilih unit mobil listrik yang mana.

Setelah diluncurkan beberapa waktu lallu, keran pesanan Wuling BinguoEv memang sudah dibuka. Pihak Wuling mengatakan inden untuk mobil barunya ini berkisar dua bulan.

Jadi jika kamu memesan Wuling BinguoEv saat ini (November 2023) maka kamu akan mendapatkan unitnya sekitar Januari 2024.

Lantas apa yang membedakan Wuling BinguoEv dan Air ev?

Beda segment

perbedaan Wuling BinguoEv dan Air ev

Wuling BinguoEv hatchback 4 pintu cocok untuk keluarga, dengan kapasitas bagasi yang lebih luas

Dalam peluncuran Wuling BinguoEv 16 November lalu,  Dian Asmahani, selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors, mengatakan, antara Wuling BinguoEv dan Air EV memliki segmen yang berbeda.

“BinguoEV hadir dengan model hatchback dan jarak tempuhnya lebih jauh dengan 333 km dan 410 km. Selain itu, juga modelnya 4-pintu. Jadi, mungkin lebih cocok untuk keluarga,” kata Dian.

Menurut Dian, Binguo EV juga cocok digunakan untuk kendaraan operasional perusahaan dan untuk bepergian dengan jarak lebih jauh.

Baca juga  4 Kelebihan Wuling Formo Max, Pick-up yang Bikin Untung!

“Kalau Air ev itu sebenarnya karena ini bentuknya ringkas, cocok untuk di jalanan Indonesia yang sempit, macet, dan ini bisa jadi solusi mobilitas perkotaan,” tambahnya.

Ukuran dimensi dan ukuran velg

perbedaan Wuling BinguoEv dan Air ev

Air ev menggunakan velg 12 inci dengan ban berukuran 145/70

Selain itu perbedaan Wuling BinguoEv dan Air ev lainnya adalah soal dimensi. Secara dimensi, Wuling Air ev memiliki ukuran panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, serta jarak sumbu roda 2.010 mm.

Ini membuatnya cukup ringkas dan nyaman digunakan pada jalan-jalan perkotaan yang cukup sempit.

Sementara Wuling BinguoEV menawarkan kabin lebih lapang. Terlihat dari ukuran panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, dan tinggi 1.580 mm.

Sedangkan jarak sumbu rodanya 2.560 mm. Kedua mobil listrik ini juga menggunakan ukuran velg dan ban yang berbeda. Wuling Air ev menggunakan velg 12 inci dengan ban 145/70R12. Sementara Wuling BinguoEV dibekali velg 15 inci yang dibalut ban 185/60R15.

Adapun persamaannya, kedua model mobil mungil ini sudah sama-sama menggunakan kenop transmisi model putar atau Rotary Gear Selector.

Baca juga  3 Kekurangan Wuling Cortez Facelift 2022, Wajib Tahu!

Hal lain yang menjadi pembeda yakni pada fitur perintah suara (voice command). Pada Wuling BinguoEV sayangnya belum dibekali perintah suara Wuling Indonesia Command (WIND) seperti sudah diadopsi pada Air ev Long Range yang menjadi varian flagship.

Jadi untuk pengguna Wuling BinguoEv belum bisa melakukan perintah verbal semisal berujar “Hallo Wuling, buka jendela kanan”. Untuk hal ini rupanya sudah menjadi riset pihak Wuling sendiri yang justru berfokus agar pengguna mobil ini lebih menikmati keasyikan berkendara dari fitur-fitur lain yang terdapat di BinguoEV.

Meski begitu, Wuling BinguoEv dan Air ev sudah sama-sama dibekali dengan beberapa fitur keamanan dan keselamatan modern seperti dual front airbags, ABS dan EBD, Electric Parking Brake with Automatic Vehicle Hold, Rear Parking Sensor and Camera, ISOFIX, Tire Pressure Monitoring System, dan Immobilizer.

Spesifikasi BinguoEV Air EV Long Range
     
Jarak Sumbu Roda (mm) 2.560 mm 2.010 mm
Wheel and tire 15″ steel wheel, 185/60R15 12” steel wheel with full cap; 145/70R12
Sistem Rem Disc (Depan) + Disc (Belakang) Disc (Depan) + Disc (Belakang)
Jenis Baterai Lithium Ferro-Phosphate dengan IP67 Rating Lithium Ferro-Phosphate; IP67 rating
Kapasitas Baterai 31.9 kWh (Long Range: 37.9 kWh) 26.7 kWh / 115 V
Jangkauan UP TO 333 Km (Long Range Up to 410 Km) UP TO 300 Km
Motor Penggerak 50 kW 30 kW
Transmisi Single Reduction Gear Single reduction gear
Baca juga  Wuling Motors Indonesia Jalin Kolaborasi Bareng 3 BUMN

Demikan ulasan terkait perbedaan Wuling BinguoEv dan Air ev. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika