Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Populasi Mobil Listrik Sudah 20.414 Unit, PLN Sediakan 624 SPKLU!

by Firdaus Ali
Neta V saat charge di SPKLU KM 228

Populasi mobil listrik di Indonesia sudah mencapai 20.414 unit hingga akhir tahun 2023. Menyelaraskan pertumbuhan tersebut, PLN mengklaim telah membangun 624 SPKLU tersebar ke berbagai wilayah di Tanah Air.

Animo masyarakat terhadap kendaraan listrik kian meningkat pada 2023. Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga Oktober 2023, terdapat 74.988 unit motor listrik dan 20.414 populasi mobil listrik telah beroperasi di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Kementrian BUMN, sepanjang tahun 2023, PT PLN (Persero) telah membangun 54 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Sehingga totalnya, PLN telah menghadirkan 624 SPKLU di 411 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada capaian tersebut, PLN membangun 582 SPKLU secara mandiri pada 385 titik dan 42 SPKLU pada 26 titik lokasi dibangun dengan skema kemitraan.

MG 4 EV charge di SPKLU

MG 4 EV charge di SPKLU

Sebagai contoh penyebaran SPKLU PLN di beberapa wilayah, antara lain di Jakarta Raya sudah ada 113 SPKLU yang terbesar di 43 titik. Lalu di wilayah Jawa Barat ada 150 SPKLU yang tersebar di 125 titik. Bahkan, PLN juga sudah menyediakan 4 SPKLU di Papua dan 25 SPKLU di Nusa Tenggara.

Baca juga  Hyundai Buka 52 Tempat Cas Mobil di Mal Lippo Seluruh Indonesia!

Meningkatnya jumlah SPKLU ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

“PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem EV. Selain dukungan infrastruktur charging station, berbagai fitur di PLN Mobile juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV,” kata Darmawan.

SPKLU PLN sudah sudah tersebar di ruas tol Trans Jawa

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023, PLN mencatat jumlah transaksi di SPKLU meningkat signifikan dengan total jumlah mencapai 119.600 kali transaksi. Jumlah ini meningkat sebanyak 404% dibanding tahun 2022 sebanyak 29.627 kali transaksi. Jumlah ini meningkat sebanyak 404% dibanding tahun 2022 sebanyak 29.627 kali transaksi.

Pertumbuhan ekosistem EV juga terlihat dari peningkatan jumlah konsumsi listrik di SPKLU. Pada tahun 2023 totalnya mencapai 2.464.825 kilowatt hour (kWh) atau meningkat 564% dibandingkan tahun 2022 sebesar 436.656 kWh.

“Peningkatan jumlah transaksi dan konsumsi listrik di SPKLU ini menjadi sinyal positif pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Kami akan terus dorong agar ekosistem ini lebih maju, produktif di masa depan,” imbuh Darmawan.

Baca juga  Kepastian Tesla Jajaki Pasar Mobil Listrik di Indonesia

Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Kerjasama Dengan ATPM Mobil dan Sepeda Motor

Populasi mobil listrik

624 SPKLU PLN telah beroperasi di beberapa wilayah di Indonesia

Populasi mobil listrik dan sepeda motor listrik kian meningkat setiap tahunnya. Untuk mempermudah masyarakat mengisi baterai kendaraannya, PLN telah bekerjasama dengan beberapa merek otomotif yang menjual kendaraan listrik.

Adapun Kerjasama tersebut dengan Hyundai, Nissan, DFSK, Toyota, Wuling, Mitsubishi, Mercedes Benz, dan Neta. Tak hanya dengan pabrikan roda 4, PLN juga bekerjasama dengan pabrikan kendaraan listrik roda 2 seperti Gesits, Viar, Volta, U-Win Fly, Smooth, dan Selis serta perusahaan aplikator transportasi Grab.

deretan motor listrik terbaru di IMOS 2023“Ini adalah gerakan besar. Sesuai dengan Perpres nomor 55 tahun 2019, PLN secara khusus diberi mandat mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Untuk itu, target pengembangan ekosistem EV yang dilakukan PLN adalah pengembangan kerja sama dengan penyedia Baterai, dengan pengembang kendaraan EV, dan dengan komunitas EV,” pungkas Darmawan.

Moladiners, itulah bahasan mengenai populasi mobil listrik dan sepeda motor listrik di Indonesia yang semakin meningkat  dan didukung ekosistemnya oleh SPKLU PLN. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Mobil Listrik MG Cyberster Keliling Dunia, Kunjungi Indonesia!

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika