Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Presiden Naik BMW iX di KTT ASEAN 2023!

by Tigor Sihombing

Perdana Menteri dan Presiden naik BMW iX di KTT ASEAN 2023 yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. BMW Indonesia menyerahkan 13 kendaraan full listrik tersebut ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pada Kamis (13/4/2023).

Rencananya, BMW iX tersebut akan menjadi kendaraan resmi para perdana menteri dan presiden dari 10 negara peserta KTT ASEAN yang diadakan pada tanggal 9-11 Mei 2023.

“BMW iX yang digunakan pada KTT ASEAN 2023 adalah Sport Activity Vehicle full-listrik. Kendaraan ini merupakan pilihan yang tepat untuk berikan kenyamanan dan keamanan selama dalam perjalanan bagi para pemimpin negara-negara anggota ASEAN di Labuan Bajo,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Kehadiran BMW iX di KTT ASEAN 2023 sangatlah tepat. Pasalnya ini adalah mobil listrik BMW yang sangat modern, mengusung teknologi eDrive generasi kelima. Alhasil manajemen energi yang dipunya sangatlah efisien, dan memiliki berbagai sistem bantuan pengemudi yang inovatif.

Di Indonesia, BMW iX yang dipasarkan  model xDrive40, memiliki output lebih dari 326 hp, memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

Baca juga  Fitur BMW 218i Gran Coupe Sport Rakitan Lokal, Istimewa!

Baterai BMW iX xDrive40 memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 70 kWh hasilkan jangkauan yang dihitung WLTP hingga 420 kilometer. Teknologi pengisian daya yang baru pada BMW iX memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya pengisian yang sangat tinggi.

BMW iX xDrive40 dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 200 kW. Hal ini berarti mengisi daya selama 10 menit dapat menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 90 km. Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 0% ke 80% dalam waktu kurang dari 34 menit.

Pengesahan Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik 

BMW iX resmi jadi mobil KTT ASEAN 2023

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada Mei 2023 mendatang akan mengesahkan beberapa kesepakatan. Salah satunya adalah pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV).

Sebagai informasi, KTT ASEAN sendiri adalah pertemuan antar pembuat kebijakan tertinggi di ASEAN yang beranggotakan para Kepala Negara atau Pemerintahan Negara Anggota ASEAN. Total ada 10 negara anggota ASEAN yaitu: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar (Burma), Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam. Sesuai praktik reguler, KTT ASEAN akan diadakan dua kali setahun.

Baca juga  Hadiah BMW Astra Golf Tournament 2023, Mobil Listrik Rp 2 Miliaran!

Pada tahun ini Indonesia kebagian jadi tuan rumah atau Kektuaan ASEAN. Serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu. Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.

Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN dan negara terbesar di ASEAN, banyak pihak menyandarkan harapan pada Indonesia untuk dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan. Melalui tema Keketuaan ASEAN yaitu: “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran rakyat ASEAN.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengungkapkan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada Mei 2023 mendatang akan mengesahkan beberapa kesepakatan. Salah satunya adalah pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV).

Baca juga  Daftar Tempat Cas Mobil Listrik di Indonesia, Wajib Tahu!

Demikian ulasan soal Perdana Menteri dan Presiden naik BMW iX di KTT ASEAN 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika