oleh

Produksi Hyundai Casper Mulai September 2021, Rival Raize!

Setelah beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji jalan, akhirnya produksi Hyundai Casper siap dilakukan. Kemungkinan besar, SUV ringkas ini bakal mulai dibuat secara massal pada September 2021.

Pasalnya Hyundai telah memperoleh sertifikat uji emisi dan suara untuk Casper pada 18 Agustus 2021. Ada dua dua model yang telah lulus pengujian di Kementerian Transportasi Korea Selatan yaitu bermesin bensin 1.0 liter turbo bensin dan 1.0 liter naturally aspirated.

“Casper diproduksi di Pabrik Gwangju Global Motors (GGM), perusahaan produksi mobil yang dimiliki Hyundai Motor Compay dengan Gwangju Metropolitan City… Pabrik ini mulai percobaan produksi pada April dan direncanakan melakukan produksi masal pada bulan depan,” seperti dikutip dari laman media Korea Selatan, Autodaliy.co.kr.

Hanya saja untuk tahap pertama produksi Hyundai Casper dilakukan cuma memenuhi kebutuhan pasar Korea Selatan dan India. Sementara pasar Indonesia belum ada informasi lebih lanjut.

Meski begitu, kalau masuk Tanah Air tentunya Casper bakal sangat menarik. SUV ringkas ini bakal jadi rival dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Pasalnya dari segi spesifikasi, memang sangat mirip.

Baca juga  Honda CR-V Generasi Terbaru Tertangkap Kamera

Hanya saja yang perlu diperhatikan ketika dijual di Indonesia, Hyundai harus memproduksi Casper di dalam negeri supaya banderolnya terjangkau. Pasalnya Rocky-Raize sudah dibuat di Tanah Air, bukan cuma murah harganya, tapi juga mendapat tambahan diskon PPnBM dari pemerintah.

Jadi kalau mau bersaing kuat dengan SUV ringkas pabrikan Jepang, harus produksi Hyundai Casper harus dilakukan di Indonesia. Toh pabrik Hyundai sudah berdiri megah di sini.

Hyundai Casper, SUV Paling Kecil Milik Hyundai

produksi Hyundai casper
Bocoran interior yang diduga milik Hyundai Casper

Produksi Hyundai Casper di Korea Selatan merupakan kabar baik untuk pasar otomotif, termasuk Indonesia. Walau belum dijual di Tanah Air, namun potensi kehadirannya cukup besar. Pasalnya mobil jenis SUV ringkas cukup diminati oleh konsumen di Indonesia.

Terbukti pemainnya sudah cukup banyak, ada Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Nissan Magnite. Bahkan Renault Kiger juga siap hadir tidak lama lagi.

Lalu seperti apakah spesifikasi dari Hyundai Casper yang bila masuk Indonesia, akan menghadapi banyak kompetitor tersebut? Salah satu bocoran informasi yang telah jelas adalah penggunaan mesin 1.0-liter turbo untuk varian tertinggi.

Baca juga  Harga Kia Sonet Indonesia Terkuak, SUV Murah Mewah

Jantung mekanis itu digadang mampu melontarkan tenaga hingga 100 hp. Performa yang dihasilkan mesin Casper tersebut, tidak beda jauh dari kemampuan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kemudian dimensinya cukup ringkas dengan panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.575 mm. Oleh karena bentuknya yang mungil, maka Casper bisa mendapat pajak lebih ringan 50 persen di tol Korea Selatan.

Bicara fitur, kemungkinan Hyundai memberi sistem pencahayaan full LED. Ada pula keyless entry, start stop engine, serta head unit layar sentuh yang bisa terkoneksi smartphone.

Fitur-fitur keselamatan standar, seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA) pun diprediksi bakal tersemat. Begitu pula dengan airbags.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru