oleh

7 Rekomendasi Mobil untuk Taksi Online

Kira-kira apa ya rekomendasi mobil untuk taksi online? Apakah irit saja cukup?

Umumnya mobil yang disukai pengusaha taksi online adalah model-model kendaran LCGC yang menawarkan kapasitas orang yang besar, BBM yang hemat, dan harga yang terjangkau.

Kabin mobil yang lapang tentu saja disukai penumpang, karena sanggup untuk membawa barang bawan lebih, seperti koper dan stroller bayi misalnya. Hal ini mungkin akan repot jika digunakan oleh mobi kecil seperti Toyota Agya.

Sedangkan mobil yang hemat BBM tentunya akan menguntungkan sopir. Karena pengeluaran operasional, khususnya untuk uang bensin harian akan lebih sedikit. Alhasil keuntungan otomatis jadi lebih besar ketika menggunakan mobil yang hemat BBM.

Maka dari itu kalau bukan karena iseng, jarang ada yang menggunakan Kijang Innova bensin sebagai kendaraan taksi online. Karena memang pasti hitungan keuntungannya tidak akan ketemu.

Selain itu, pelaku taksi online juga biasa menentukan mobil berdasarkan harga beli yang murah. Ini penting, terlebih ketika melakukan pembelian secara kredit. Mobil murah baik itu kondisinya bekas atau baru, pasti angsuran juga lebih terjangkau.

Kamu juga bisa rencanakan cicilan dengan mengambil tenor sesuai kebutuhan. Misal di nominal berapa kamu yakin bisa cicil tiap bulan? Kalau cuma Rp 2 jutaan, artinya ambil mobil dengan tenor panjang bisa sampai 60 bulan atau 5 tahun. Bisa juga dengan menggunakan DP besar di awal untuk kamu yang memang punya modal.

Nah, kira-kira mobil apa saja yang irit dan punya angsuran murah? Berikut kami beberkan detailnya dalam bahasan rekomendasi 7 mobil untuk taksi online:

1. Daihatsu Sigra

Rekomendasi mobil untuk Taksi Online
Bujet Rp 100 jutaan, Daihatsu Sigra bisa jadi pilihan

Rekomendasi mobil untuk taksi online yang pertama adalah Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni 3NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.197cc empat silinder.

Selain itu juga ada mesin berkapasitas 1.000 cc tiga silinder. Kedua mesin itu memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Baca juga  Kredit Mobil Buat Taksi Online, Bisa untung?

Terlebih untuk opsi 1.000 cc, mampu menghemat BBM dengan istimewa. Mesin 1.000 cc disebut sebagai kelebihan Daihatsu Sigra, lantaran Toyota Calya selaku kompetitor dan saudara kembar, tidak memilikinya.

Soal transmisi, kedua mesin Sigra tersebut juga tersedia dalam opsi manual 5-percepatan dan 4-percepatan otomatis.

Wati, Sales Daihatsu di bilangan Jakarta Selatan mengatakan, untuk simulasi kreditnya, harga baru Daihatsu Sigra termurah type 1.0 MT dibanderol Rp 122,65 juta.

“Jika DP yang dibayarkan 30%, maka konsumen harus membayar angsuran sebesar Rp 2,77 juta, tenor 60 bulan, itu belum dipotong DP dari diskon,” tambah Wati.

Sedangkan harga bekasnya, Sigra lansiran 2018 estimasinya dengan harga OTR Rp 86 juta. Jika tenor kreditnya 60 bulan, konsumen bisa mencicil di kisisaran harga 1,9 jutaan.

2. Toyota Calya

Rekomendasi mobil untuk Taksi Online
Toyota Calya mobil favorit taksi online.

Rekomendasi mobil untuk taksi online berikutnya adalah Toyota Calya. Harga baru unit ini yang termurah adalah Calya 1.2 E STD MT, dengan banderol harga Rp 146,19 juta.

Jika kamu lakukan kredit dengan uang muka 30%. Kamu akan estimasi angsurannya berkisar Rp 3,7 juta untuk tenor waktu 48 bulan.

“Untuk unit bekasnya, Toyota Calya tahun 2020 sudah dibanderol Rp 90 jutaan, Jika dibayar kredit dengan tenor yang sama 48 bulan berkisar 2,7 jutaan.” tambah Abdulah Safei, pedagang mobil bekas di bilangan Depok Jawa Barat.  

Sama dengan Sigra, Calya sendiri mengusjng mesin 1.200cc. Layaknya mobil LCGC pada umumnya, konsumsi BBM Calya cenderung efisien.

Bersumber dari beberapa pengujian dan kondisi jalan, konsumsi BBM Calya rata-ratanya menembus 14-17 km/liter.

Sementara untuk penggunaan di jalur bebas hambatan seperti jalan tol. Konsumsi BBM Calya menembus 21,4 km/liter. Irit bukan?

3. Karimun Wagon R

Rekomendasi mobil untuk Taksi Online
Konsumsi BBM Karimun Wagon R bikin untung sopir online.

Karimun Wagon R dilengkapi dengan mesin 3 silinder berkode K10B berbahan alumunium. Jantung pacu bertenaga injeksi ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 68 ps dengan torsi 90 Nm.

Baca juga  5 Syarat Mobil untuk Taksi Online, Tidak Cuma Irit

Beberapa hasil pengujian mencatatkan, konsumsi bahan bakar Karimun Wagon R mempu mencapai 22,8 km/liter. 

Suzuki Karimun Wagon R dipasarkan mulai dari Rp 118,5 juta hingga Rp 140,5 juta. Hitungan simulasi kreditnya jika DP 30 %, kamu hanya mencicil mulai dari Rp 3,060 jutaan, untuk tenor 48 bulan.

Sedangkan unit bekasnya yang tahun 2015 sudah mencapai Rp 80 juta. Jika dibeli kredit estimasi angsurannya berkisar Rp 2 jutaan untuk tenor 48 bulan.

4. Honda Brio Satya

harga mobil LCGC Desember 2021
Honda Brio Satya

Rekomendasi mobil untuk taksi online berikutnya adalah Brio Satya. Brio Satya terbaru mengusung mesin bertenaga 99 HP, 1200 cc dengan 2 pilihan transmisi juga yakni manual 5 percepatan, dan otomatis 5 percepatan.

Terkait konsumsi BBMnya, beberapa pengetesan mencatatkan Honda Brio Satya mampu melaju sejauh 16,9 km/l dengan kondisi stop n go. Sedangkan untuk pengetesan di jalan bebas hambatan mampu mencapai 30 km/liter.

Honda Brio Satya saat ini dibanderol mulai Rp 153,4 jutaan. Jika dibeli secara kredit dengan tenor 48 bulan, DP pembayaran 30 %, Honda Brio Satya harus diangsur sekitar Rp 3,9 juta per bulan.

Sedangkan untuk unit bekasnya, misal Honda Brio Satya Bekas 2018 yang dibanderol Rp 110 jutaan. Estimasi angsurannya berkisar 2,8 jutaan perbulan, yang harus diangsur selama 48 kali.

5. Honda Mobilio

recall fuel pump honda
Honda Mobilio rekomendasi mobil untuk taksi online

Honda Mobilio bisa jadi rekomendasi mobil untuk taksi online. Mobil ini menawarkan harga yang juga cenderung terjangkau, bahan bakarnya pun efisien, serta memberikan kenyamanan yang baik.

Bukan hanya fitur canggih dan kabin yang luas serta lega, desain yang keren juga membuat mobil yang ditawarkan dengan harga Rp 197 jutaan ini mampu mengakomodir kebutuhan keluarga.

Baca juga  5 Syarat Mobil untuk Taksi Online, Tidak Cuma Irit

Jika dibeli kredit mobil ini memiliki angsuran mulai dari Rp 5,1 juta untuk tenor 48 bulan dengan DP 30 %. Sedangkan harga bekasnya untuk unit tahun 2018 dibanderol mulai Rp 170 jutaan.

Jika dihitung secara kredit angsurannya sekitar Rp 4,4 juta untuk tenor 48 bulan

Honda Mobilio didukung mesin 1.5 liter, 4 silinder, 16 Valve SOHC i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 116 dk dengan torsi sebesar 145 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 5-percepatan manual dan juga transmisi otomatis CVT. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan.

6. Suzuki Ertiga

Rekomendasi mobil untuk Taksi Online
Ilustrasi Suzuki Ertiga bekas

Rekomendasi mobil untuk taksi online berikutnya adalah Suzuki Ertiga. Mobil ini dipersenjatai dengan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 103,2 Hp per 6.000 rpm dengan kekuatan torsi menyentuh 138 Nm per 4.400 rpm. Harga Suzuki Ertiga terbaru adalah mulai Rp 201,9 juta (OTR Jakarta).

Jika dibeli secara kredit angsurannya berkisar Rp 5,2 juta perbulan yang dibayarkan selama 48 kali, dengan total DP 30 persen.

Sedangkan bekasnya untuk unit 2018 sudah berkisar Rp 160 jutaan. Unit ini bisa dibeli secara kredit dengan skema sama, tapi dengan angsuran Rp 4,4 jutaan.

7. Daihatsu Xenia

Rekomendasi mobil untuk Taksi Online
xenia terbaru

Rekomendasi mobil untuk taksi online berikutnya adalah Daihatsu Xenia. Daihatsu menjual mobil MPV ini mulai Rp 190,9 jutaan untuk varian 1.3 M MT. Sementara yang termahal atau harga Xenia 1.5 R CVT ADS atau ASA cuma Rp 242 jutaan.

Varian termurah jika disimulasikan kredit angsurannya berkisar Rp 3,3 juta, untuk tenor 5 tahun, dengan DP 30 persen. Masih cukup tinggi, maklum produknya baru launching di 2020 akhir.

Oleh karenanya tidak ada salahnya pilih Xenia bekas yang dibanderol mulai 120 jutaan untuk tahun 2018. Simulasi kreditnya untuk unit bekas mulai Rp 2,5 jutaan, DP 30% untuk tenor 48 bulan.

Demikian ulasan terkait Rekomendasi mobil untuk taksi online. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru