by

7 Rekomendasi Motor 4 Silinder Termurah di Indonesia

Cari motor 4 silinder termurah di pasar otomotif Indonesia memang tidak mudah. Wajar, karena kebanyakan kuda besi yang pakai konfigurasi mesin seperti tersebut adalah motor gede atau moge.

Walau demikian, bukan berarti tidak ada yang murah. Terlebih kalau patokannya tidak sebatas motor baru. Pasalnya motor bekas dengan mesin empat silinder punya lebih banyak pilihan. Ditambah lagi, beberapa punya harga yang benar-benar terjangkau.

Supaya memudahkan kamu dalam mencari motor impian, kami buatkan rekomendasi motor 4 silinder termurah yang bisa dibeli di Indonesia. Berikut pilihannya:

1. Kawasaki Ninja ZX-25R

motor 4 silinder termurah
ZX-25R tersedia dalam versi standar dan SE yang dibedakan oleh fitur quick shifter serta pilihan warna bodi.

Jika yang dicari adalah kuda besi baru, maka motor 4 silinder termurah di Indonesia saat ini adalah Kawasaki Ninja ZX-25R. Harganya mulai Rp 96 jutaan.

Meski terjangkau, namun spesifikasi jangan diragukan. Kuda besi dengan suara mesin istimewa tersebut punya banyak fitur modern. Sebut saja ram air, suspensi depan SFF-BP, suspensi belakang horizontal back-link, power mode, dan kendali traksi.

Pada versi special edition (SE) yang harganya mencapai Rp 112 jutaan, bahkan ada tambahan quick shifter untuk melakukan perpindahan gigi tanpa menekan kopling. Ditambah lagi grafis bodi yang istimewa.

Soal performa mesin, Kawasaki Ninja ZX-25R juga memiliki tenaga paling besar di kelas 250cc. Di atas kertas, tenaganya tembus 51 PS.

2. Benelli TNT 600

motor 4 silinder termurah benelli tnt 600
Harga bekas Benelli TNT 600 cuma Rp 125 jutaan.

Dalam versi barunya, Benelli TNT 600 tembus harga Rp 200 jutaan. Hanya saja kalau kamu cari versi bekasnya, banderolnya bisa turun hingga Rp 125 jutaan untuk lansiran 2014. Oleh karenanya, kuda besi blasteran Cina dan Italia ini masuk dalam daftar motor 4 silinder termurah.

Baca juga  Bocoran Honda ADV 250: Mesin Bertenaga dan Fitur Lebih Banyak

Selain suaranya, keistimewaan motor Benelli punya tarikan yang spontan. Tidak percaya? Coba saja pelintir selongsong gasnya sedikit saja, pasti TNT 600 bakal melesat cepat.

Di atas kertas mesin 600cc miliknya mengusung teknologi DOHC dengan pendingin cairan. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi 52 Nm pada 8.000 rpm dan tenaga maksimal 81,5 PS pada 11.000 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 6-percepatan.

Kelebihan lain Benelli TNT 600, rem depan sudah pakai dual disc brake dengan kaliper radial. Tidak ketinggalan, tampilannya gagah dengan suspensi depan upside down.

3. Honda CB 400 Super Four

motor 4 silinder termurah honda cb400 sf
Suara CB400 Super Four sungguh memikat hati

Motor 4 silinder termurah selanjutnya adalah Honda CB 400 Super Four. Banderolnya mulai Rp 60 jutaan. Hanya saja yang banyak beredar di Indonesia cuma ada dalam versi bekas dan lansiran tahun 90-an hingga 2000 awal.

Begitu terjangkaunya harga kuda besi ini, sampai-sampai banyak pecinta otomotif yang menjadikannya bahan untuk modifikasi. Selain murah, kelebihan dari CB 400 Super Four adalah suara mesinnya.

Kemudian lantaran cuma 400 cc, konsumsi BBM motor juga tidak terlalu boros. Alhasil untuk harian masih sangat oke.

4. Suzuki Bandit 400

motor 4 silinder termurah suzuki bandit 400
Bandit 400 punya tampilan mirip Ducati Monster

Pilihan motor 4 silinder termurah berikutnya, Suzuki Bandit 400. Sempat masuk ke Indonesia lewat importir umum pada medio 90-an. Inilah rival dari CB 400 Super Four.

Baca juga  Harga Scoopy Terbaru Rp 20 Jutaan, Tanpa Kick Starter

Kuda besi yang memiliki nama asli Suzuki GSF400 Bandit ini merupakan motor Suzuki pelopor nama Bandit. Salah satu kelebihannya, dimensi tidak terlalu besar. Alhasil masih nyaman untuk harian.

Soal mesin, tidak perlu diragukan. Pada zamannya torsi puncaknya capai 38 Nm dan tenaga maksimalnya tembus 59 PS. Ditambah lagi suaranya, sungguh sangat menggugah telinga para pecinta otomotif.

Harga Suzuki Bandit 400 bekas bervariasi, ada di kisaran Rp 50 jutaan. Kekurangannya satu, unitnya cukup terbatas. Lalu untuk suku cadang juga tidak banyak di pasaran.

5. Kawasaki Z800

motor 4 silinder termurah kawasaki z800
Motor gede merek Kawasaki memang dikenal dengan harganya yang terjangkau

Buat yang belum tahu Kawasaki Z800, ini merupakan pendahulu dari Kawasaki Z900. Pada era 2013 hingga 2016, bisa dikatakan motor tersebut cukup laris. Alasannya karena harganya cukup terjangkau. Saat meluncur pertama kali banderolnya cuma Rp 169 jutaan.

Jika kamu tertarik, kini Z800 selaku salah satu motor 4 silinder termurah cuma ada dalam kondisi bekas. Harganya masih bertahan di angka Rp 170 jutaan.

6. Honda CB650F

motor 4 silinder termurah honda cb650f
Ada dua versi CB650F yang beredar di Indonesia

Motor 4 silinder termurah ini tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Kini gantinya adalah CB650R yang punya desain lebih sportif. Walau demikian, harganya jadi menjulang tinggi yaitu kisaran Rp 300 jutaan.

Jika kamu mau yang lebih murah, bisa pilih versi lama yaitu CB650F. Banderolnya ada di angka Rp 180 jutaan. Memang tidak terlalu murah, tapi setidaknya lebih terjangkau.

Pasalnya dari sisi tahun produksi, motor bekas ini belum terlalu lama. CB650F punya dua model yang masuk Tanah Air. Pertama lansiran 2015-2017. Kemudian 2017-2019.

Baca juga  Mau Beli Yamaha R25 Movistar? Ini Review dan Spesifikasi Lengkapnya

Khusus model pertama, tampilan motor Honda tersebut memang agak jadul dengan bodi membulat. Sementara untuk versi facelift, ada banyak perubahan tampilan sehingga lebih agresif. Fitur-fitur juga diubah semakin modern dengan sistem pencahayaan full LED, serta masih banyak lagi.

7. Kawasaki Z900

kawasaki z900
Paling menarik dari Kawasaki Z900 adalah harganya.

Opsi terakhir untuk motor 4 silinder termurah yaitu Kawasaki Z900. Inilah moge asal Jepang dengan mesin berkonfigurasi empat silinder dalam kondisi baru, paling murah di Indonesia. Harganya cuma Rp 250 jutaan. Bahkan lebih murah dari kelas di bawahnya, Honda CB650R yang banderolnya ada di Rp 290 jutaan.

Maka dari itu, Kawasaki Z900 sangat layak dibeli. Performa mesinnya juga istimewa. Torsi puncak 98,6 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga maksimal 125 PS pada 9.500 rpm. Selain punya mesin mantap, motor ini juga sudah dilengkapi fitur-fitur modern. Ambil contoh assist & slipper clutch, anti-lock braking system, eco indicator.

Itulah tadi pilihan motor 4 silinder termurah yang ada di Indonesia, baik dalam kondisi baru maupun bekas. Salah satu alasan membeli kuda besi dengan konfigurasi seperti ini adalah suara mesinnya berdesing dan bisa membuat hati bergetar.

Satu yang diperhatikan ketika pilihan kamu jatuh ke motor bekas, pastikan surat-suratnya lengkap. Pasalnya kalau tanpa itu, motor tidak bisa dibawa berkendara di jalan raya.

Terbaru