Mobil Murah, Renault Kwid Facelift Siap Dijual Rp150 Jutaan

Renault Kwid Facelift – PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) tampaknya bakal segera merilis city car terbaru di Tanah Air. Disinyalir mobil tersebut adalah Renault Kwid edisi facelift. 

Hal ini diperkuat dengan munculnya teaser mengenai Renault Kwid di akun Instagram resmi miliki Renault Indonesia, @id_renault. Dalam unggahan tersebut tertulis “What’s Next?” yang seakan memberikan sinyal kuat produk ini akan dibawa ke pasar Nasional

Dalam caption pun @id_renault menuliskan “#PassionForLife #PassionatePeople #diRumahAja”. Menjawab teka-teki tersebut, Moladin pun mencoba mencari tahu kebenaran tersebut ke sejumlah tenaga penjual dealer Renault.

Seakan mengamini, produk ini dikatakan memang akan dibawa untuk pasar Indonesia. “Sudah di breafing ke kami, ingin menjual Renault Kwid facelift, untuk waktu peluncurannya lebih lanjut belum diinfokan,” ujar seorang tenaga penjual Renault ketika dihubungi Moladin, Jumat (15/5/2020).

Ia pun menambahkan, “Kalau konsumen yang ingin melakukan pemesanan saat ini sudah bisa. Cukup membayar booking Rp 5 juta saja.”

Lalu pertanyaan, mampukah Renault Kwid facelift bersaing di segmen city car ataupun menghantam segmen LCGC di Indonesia? Mengingat produk ini akan bersaing dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Penasaran dengan sosok Renault Kwid terbaru yang diproyeksi masuk ke Indonesia. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Spesifikasi Renault Kwid Facelift yang Bakal Meluncur di Indonesia

renault kwid facelit segera meluncur di Indonesia
Brosur Renault Kwid facelift

Sedikit menilik ke belakang, Renault Kwid versi anyar sebenarnya sudah meluncur di India pada bulan Oktober 2019 lalu. Jadi, kemungkinan spesifikasinya tidak bakal beda jauh. Apalgi Renault di Indonesia memang menjual produk hasil impro langsung dari India.

Bila melihat spesifkasi India, rival Agya-Ayla ini ditawarkan dalam lima varian, yakni Standard, RxE, RxL, RxT dan Climber. Menariknya, produk ini hadir dalam enam pilihan warna yang begitu mentereng. Serta tersedia juga opsi warna Biru Zanskar terbaru.

Secara desain, Renault Kwid facelift mengusung tampilan yang mirip dengan mobil listrik, Renault KZ-E. Terlihat dari penempatan desain lampu sein dan LED DRL di bagian atas dan juga lampu utama di sisi bawah. Desain ini mengingatkan kita pada sosok Mitsubishi Xpander dan juga Nissan Juke.

Perbedaan antar varian, diketahui pada model Climber mendapatkan sentuhan warna hitam dan orange di sekitar lampu utama. Gril pun cukup menarik, dan memiliki desain lagi-lagi mirip dengan Renault KZ-E.

Desain gril terlihat horizontal dengan paduan aksen krom di sisi atas, dan warna hitam di sisi bawah. Sedangkan bentuk radiator gril dan bumper depannya masih sama dengan versi elektriknya di China.

Guna menunjang tampilan, Renault Kwid terbaru dilengkapi dengan pelek berukuran 15 inci. Ukuran yang pas untuk sebuah city car. Selain tampilan gagah, pelek besar juga menjadikan ground clearance lebih tinggi. Hal ini berguna ketika melewati medan jalan bergelombang, supaya tidak mudah bodi bawah bersinggungan dengan aspal.

Masuk ke dalam kabin, mobil ini sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh yang sudah terintegrasi layar sentuh. Namun soal pengaturan AC masih menggunakan model knob.

Untuk fitur keselamatannya pun diketahui sudah dilengkapi dengan dual airbag, sensor parkir dan kamera belakang, dan juga Anti-lock braking system (ABS) dan Electronic brakeforce distribution (EBD). 

Gunakan Mesin Berkapasitas 1.0 liter

Spesifikasi Kwid facelift
Spesifikasi Kwid facelift

Renault Kwid facelift yang bakal dipasarkan di Indonesia, kabarnya akan menggendong mesin berkapasitas 1.000 cc 3 silinder. Meski di India mobil ini juga ditawarkan dalam pilihan mesin berkapasitas 800 cc.

Dalam brosur yang beredar di jagat dunia maya, mesin 1.0 liter Renault Kwid mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 ps dengan torsi 91 Nm. Mesin itu disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dan AMT (automated manual transmission) atau semi otomatis.

Dari sisi mesin, sejatinya tak ada yang berubah. Jika dibandingkan dengan Renault Kwid yang dipasarkan saat ini.

Bila mengacu pada data penjualan Renault Kwid, mobil ini kurang mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Penjualannya masih jauh dibawah rata-rata Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla.

Namun jika mengacu pada sejumlah ubahan yang diusung, rasanya pantas mobil ini bersaing di segmen city car di Indonesia.

Pertanyaannya, kira-kira berapa harga yang pas untuk Renault Kwid terbaru di pasar Indonesia? Terutama agar mobil ini bisa bersaing dengan rival-rivalnya.

Bila mengacu pada brosur yang beredar, Renault Kwid facelift dipasarkan dengan rentang harga mulai dari Rp 154 jutaan on the road Yogyakarta. Tertarik memilikinya? Kita tunggu bersama peluncurannya di Tanah Air, tidak lama lagi.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *