Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Disuntik Mati di Jepang Simak Harga Mazda6 di Indonesia

by Ivan
Model terbaru Mazda6

Beberapa hari lalu, Mazda mengumumkan untuk discontinue Mazda6 baik model sedan dan juga wagon. Walau hal ini nampak belum berpengaruh terhadap harga Mazda6 di Indonesia.

Mazda akan resmi mengakhiri kiprah 6 di pasar domestik Jepang pada pertengahan April 2024. Sejak pertama kali diluncurkan 22 tahun lalu, Mazad6 atau dikenal juga dengan nama Atenza telah terjual sebanyak 226.437 unit di seluruh dunia.

Mobil ini sudah ada sejak tahun 2012, dimana generasi duo sedan dan wagon 6 saat ini sudah mengalami serangkaian peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

Pensiunnya Mazda6 dari pasar Jepang mengikuti langkah discontinue mobil tersebut dari pasar Amerika Serikat dan Inggris yang masing-masing terjadi pada tahun 2021 dan 2023.

Mazda6 juga menyediakan varian wagon

Mazda6 juga menyediakan varian wagon

Hal yang sama mengecewakannya ialah apa yang ingin dilakukan Mazda untuk mengisi kekosongan sepeninggal 6 sebenarnya bukanlah langkah revolusioner.

Siaran pers resmi yang dirilis Mazda berbicara dengan tegas jika mereka hanya akan mengisi kekosongan itu dengan jajaran crossover CX. Kita yang masih menyukai Mazda6 sedan dan wagon lama tentu menginginkan penggantinya langsung yang lebih relevan.

Baca juga  Model Terbaru Mazda6 Resmi Mengaspal di Indonesia

Terlebih jika dibandingkan dengan apa yang disuguhkan Mazda3 dengan dimensi yang terlalu kecil dan tidak ditawarkan dalam versi wagon yang lebih praktis.

Harga Mazda6 di Indonesia belum berpengaruh

Harga Mazda6 di Indonesia belum berpengaruh

Pada awal tahun 2022, Mazda disinyalir sudah berpikir untuk menyegarkan generasi lanjutan Mazda6 dengan platform penggerak roda belakang baru sebagai model generasi keempat.

Namun pabrikan yang identik dengan semboyan Zoom-Zoom ini berubah pikiran setelah tanggapan positif untuk Mazda CX-60 dan CX-90. Rumor saat itu bahkan menyebutkan jika Mazda 6 berpenggerak roda belakang sudah mendapat lampu hijau untuk masuk tahap produksi.

Sementara itu yang perlu digaris-bawahi lagi ialah Mazda6 tidak akan mati selamanya karena mobil ini masih diproduksi di pabrik di luar Jepang. Namun, dengan berakhirnya perakitan di Jepang, hal ini berarti mobil tersebut akan segera pensiun dari banyak pasar internasional yang dijajakinya. Termasuk mungkin Indonesia.

Harga Mazda6 di Indonesia

Mazda6 20th Anniversary Edition

Mazda6 20th Anniversary Edition

Menarik untuk melihat kembali harga Mazda6 di Indonesia meski kepastian discontinue sedikit memberi gambaran jika umur mobil juga dipastikan tidak akan lama.

Baca juga  Mazda CX-3 dan Mazda6 Disetop Penjualannya

Mazda6 di Tanah Air ditawarkan dalam 2 model baik varian sedan dan wagon. Adapun Harga Mazda6 Elite Sedan dan Mazda6 Elite Estate (wagon) di Indonesia dijual dengan harga yang sama yaitu Rp 695,5 Juta.

Kedua model tersebut tersedia juga dalam edisi khusus Mazda6 20th Anniversary yang disiapkan cuma 50 unit di Indonesia. Terbagi dalam basis varian Elite yang tersedia untuk tipe sedan dan estate.

Ubahan paling mendasar pada tipe ini ialah warna bodi spesial merah Artisan Red Metallic yang dibikin menjadi lebih mewah. Jadi sekujur bodi dikerjakan secara khusus dengan teknik pengecatan Takumi Nuri untuk menghasilkan warna merah lebih gelap menggabungkan dua keluar merah dan hitam.

Mazda6 20th Anniversary Edition

Bagian Headrest terdapat emboss logo 20th Anniversary

Detailnya terdapat beberapa lapisan yang dimulai dengan reflective layer lalu ditimpa pigmen New Jet Black, serpihan material penyerap cahaya, high brightness aluminium flakes, translucent paint layer, high chroma pigment dan diakhiri layer transparan.

Selebihnya ialah penggunaan gril krom dan velg 19 inci warna gun metal, emblem 20th Anniversary di sisi bodi depan. Juga interior baik jok dan sebagian komponen lain berbalut kulit Nappa warna Tan atau cokelat tua plus headrest yang dibenamkan jahitan bertuliskan 20th Anniversary.

Baca juga  Model Terbaru Mazda6 Resmi Mengaspal di Indonesia

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika