oleh

Review Honda Accord Gen 8, Mewah dan Terjangkau!

Review Honda Accord Gen 8 berikut ini penting untuk diketahui. Apa lagi saat ini kamu sedang berencana membeli unit bekasnya. Singkat cerita awal hadirnya model ini di Indonesia adalah pada tahun 2008.

Ketika itu PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda Accord Gen 8 dengan ubahan menyeluruh pada desain bodynya. Sedan yang memiliki kode body CP2 ini, berdimensi lebih besar dibanding pendahulunya.

Menurut data resmi pabrikan, Accord Gen 8 memiliki panjang 4.935 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.476 mm. Lebih besar dari kompetitornya saat itu Toyota Camry XV40, yang memiliki panjang 4.825 mm x lebar 1.820 mm x tinggi 1.470 mm.

Di tahun 2011, HPM menelurkan versi faceliftnya. Dengan memberikan penyegaran untuk Accord CP2 bermodalkan beberapa ubahan di bagian eksterior dan interior.

Misal pada eksterior, Honda Accord Gen 8 mengusung desain grill dan bumper depan sehingga tampang sedan besar ini nampak lebih elegan.

Harga Bekas Terjangkau, Mulai Rp 100 Jutaan

Review Honda Accord Gen 8
Harga bekas Honda Accord pada periode ini misal pada varian 2.4 VTI-L bensin, di pasar mobil bekas berkisar Rp 120 – 130 jutaan untuk tahun 2009.

Untuk ukuran sedan mewah seperti Honda Accod Gen 8, harga bekasnya lumayan terjangkau. Misal pada Honda Accord 2.4 VTI-L bensin, di pasar mobil bekas pasarannya berkisar Rp 120 – 130 jutaan untuk tahun 2009.

Baca juga  Daftar Harga Mercy Tiger Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Sedangkan versi yang lebih mudanya, 2.4 VTI-L bensin lansiran tahun 2012 dibanderol sekitar Rp 180 – 190 jutaan. Murah bukan?

Padahal jika mengacu pada harga barunya, waktu itu versi terakhir Accord Gen 8 tahun 2013 dibanderol di atas Rp 400 jutaan. Seperti diketahui, Honda Accord Gen 8 hadir pada periode 2008 – 2013. 

Pilihan Mesin Beragam

Review Honda Accord Gen 8
Tiga pilihan mesin Honda Accord Gen 8 antara lain 2.4 Vti, 2.4 Vti-L, dan 3.5 Vti-L.

Review Honda Accord Gen 8 berikutnya mengacu soal mesin. Honda Accord Gen 8 terbilang spesial kehadirannya di Indonesia, lantaran menyajikan banyak pilihan mesin untuk konsumennya.

Honda Accord Gen 8 memiliki tiga varian, yakni 2.4 Liter VTi liter, 2.4 liter VTi-L dan 3.5 VTi-L. Untuk Honda Accord varian 2.4 Vti dan 2.4 Vti-l sama-sama mengusung mesin 2.354 cc bertenaga 180 dk dan torsi 222 Nm. Perbedaannya hanya pada beberapa fitur, serta sedikit  beberapa aksen di bagian eksterior.

Sedangkan, varian 3.5 Vti-L dibekali mesin 3.471 cc V6 yang punya daya maksimal 275 dk dan torsi 342 Nm. Nah pada  varian inilah bentuk perlawanan Honda terhadap Toyota camry, dimana unit Camry terebut meluncur lebih dulu dengan menggendong mesin 3.500 cc V6.

Baca juga  Honda HR-V Hybrid Segera Hadir Untuk Lawan C-HR Hybrid

Interior Manjakan Pengemudi

Review Honda Accord Gen 8
Seperti pada Honda Accord Gen 8 ini, pada konsol tengah ada tekstur wood yang dikombinasikan dengan aksen krom. Kunci kontak sudah model key less.

Review Honda Accord Gen 8 berikutnya mengacu pada sektor interior. Pada interior, Honda tidak pernah meninggalkan aksen kayu untuk mobil – mobil premium besutanya.

Seperti pada Honda Accord Gen 8 ini, pada konsol tengah ada tekstur wood yang dikombinasikan dengan aksen krom. Kunci kontak sudah model key less.

Pada jok belakang, penumpang bisa mengontrol audio melalui switch yang tersedia di kotak sandaran tangan di tengah.  Selain itu Honda Accord Gen 8 juga menggunakan aksen baru untuk pelapis joknya, door trim dan beberapa panel di sekitar dasbor.

Untuk kenyamanan pengemudi, tidak lupa Honda menyematkan fitur kursi elektrik. Dengan fitur ini akan memudahkan kamu menyesuaikan postur tubuh dengan posisi duduk untuk mengemudi.

Banyak Fitur Unggulan

Review Honda Accord Gen 8
Paddle shift atau pengaturan gigi di setir ini bisa kamu rasakan pada Accord bertransmisi automatic yang bisa memberikan sensasi tenaga berlimpah apalagi mobil ini disokong mesin yang bertenaga besar.

Review Honda Accord Gen 8 berikutnya menyasar soal fitur-fitur modern yang diemban big sedan ini. Misalnya adanya Paddle Shift yang sesekali bisa kamu manfaatkan untuk merasakan akselerasi kecepatan yang mempuni.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Mirage, Layak Beli?

Paddle shift atau pengaturan gigi di setir ini bisa kamu rasakan pada Accord bertransmisi automatic yang bisa memberikan sensasi tenaga berlimpah apalagi mobil ini disokong mesin yang bertenaga besar.

Selain itu seluruh  varian Honda Accord Gen 8 juga sudah dibekali dengan Cruise Control yang bisa di oprasikan melalui setir. Dengan fitur ini pengemudi bisa menjalankan mobil dengan otomatis tanpa menginjak gas, mobil berjalan otomatis pada kecepatan yang konstan sesuai dengan keinginan.

Lainnya adalah kecepatan tersebut bisa kamu atur pada tombol pengaturan cruise control. Lokasinya ada di sisi kanan kemudi Honda Accord Gen 8.

Sistem audio kini juga sudah dalam genggaman. Pada varian ini kamu bisa mendengarkan music kesukaan setiap saat dengan mudah, hanya menekan tombol di sisi kiri kemudi. Tombol ini bisa digunkan untuk mengganti music serta menaikan atau menurunkan volumenya.

Terkait sistem keselamatan, Honda Accord Gen 8 tentunya tidak kalah degan sedan sekelasnya. Honda Accord Gen 8 sudah dibekali dengan fitur ABS, EBD dan Brake Assist (BA).

Adapun fungsi ABS pada Honda Accord Gen 8 adalah untuk mencegah roda mengunci jika pengemudi menginjak rem mendadak dan juga keras, lalu EBD akan membagi secara otomatis cengkraman rem di kondisi ban yang berbeda tekanannya.

Dengan Brake Assist akan membantu pengereman lebih maksiman jika pengendara tidak menginjak rem secara penuh, hal ini akan meminimalisir tabrakan yang mungkin terjadi.

Sistem keselamatan Honda Accord Gen 8 juga telah disempurnakan dengan airbag yang akan meminimalisir cidera yang didapatkan pengemudi dan juga penumpangnya.

Untuk keamanan kabin Honda Accord Gen 8 sudah dibekali 4 titik SRS Airbags yang siap mengurangi benturan pada penumpang jika terjadi kecelakaan yang mematikan. 

Demikian ulasan terkait review Honda Accord Gen 8. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru