Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Review Honda Mobilio Bekas, Layak Dibeli?

by Tigor Sihombing
review honda mobilio bekas e CVT 2016 - eksterior tampak depan

Kali ini Moladin melakukan review Honda mobilio bekas. Lebih spesifik, Honda Mobilio lansiran 2016 varian E CVT atau versi dashboard facelift atau dashlift tapi eksteriornya belum berubah.

Untuk tahun tersebut, Honda Mobilio memiliki beberapa model mulai dari tipe S, E hingga, RS dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Model line up ini dibekali mesin 1.5L L15Z1 i-VTEC 16 valve dengan tenaga 118 PS, dengan torsi maksimal 145 Nm.

Sebagaimana diketahui, Honda Mobilio 2016 E CVT merupakan tipe menengah yang harga bekasnya saat ini berada kisaran Rp 140-160 jutaan. Bandrerol yang serupa dengan mobil-mobil LCGC terbaru, tapi dari sisi kualitas, tentu LMPV seperti Mobilio lebih istimewa.

Honda Mobilio E CVT 2016 merupakan generasi pertama sebelum facelift. Pabrikan berlogo H sendiri sesungguhnya tidak melakukan ubahan yang berarti sejak kelahiran Mobilio di Tanah Air pada 2014 hingga sekarang. Revisi paling nyata dilakukan pada 2016 dengan dashboard facelift. Kemudian pada 2017 ada facelift yang lebih banyak lagi, seperti di eksteriornya tampak dari grille yang seperti terbelah dua. Lalu interiornya lebih nyaman, karena pakai headrest yang bisa diatur ketinggiannya.

Baca juga  Honda CR-V Facelift Mulai Terlihat, Siap Dijual di Indonesia?

Sementara di Mobilio bekas yang kami review ini, belum mendapat ubahan tersebut. Walau demikian, masih layak diburu, karena banyak menawarkan keunggulan seperti kapasitas tempat duduk yang muat hingga 7 orang penumpang dan mesinnya terkenal irit.

Untuk lebih lengkapnya soal kelebihan dan kekurangannya, Moladin akan Review Honda Mobilio bekas khususnya lansiran 2016 varian E CVT. Berikut ulasan lengkapnya.

Eksterior Elegan untuk Mobil Keluarga

review honda mobilio bekas - e cvt 2016

Sosok Mobilio E CVT, minim aksen chrome

Review Honda Mobilio bekas yang pertama adalah soal tampilannya. Untuk varian E CVT lansiran 2016 ini, meski sudah 6 tahun tapi aura elegannya masih terasa. Parasnya sudah dilengkapi fog lamp dan grille beraksen chrome. Untuk lampu-lampu sudah mengusung halogen proyektor, Daytime Running Light (DRL) LED.

Ada pula pelek 15 inci, tapi dengan warna silver. Tidak ketinggalan, kaca spion sudah terintegrasi dengan lampu sein.

Jika dibandingkan dengan varian Prestige, tentu E CVT masih kalah mewah. Pasalnya Mobilio Prestige mendapat aksen chrome di lampu kabut, bawah pintu, knalpot, hingga bagasi.

Baca juga  Review Honda City Type Z, Sedan Jadul Nan Irit

Interior dan Akomodasi Lega

Review Honda Mobilio Bekas

Headrest tengah di bangku baris kedua tidak ada dan headrest baris pertama tidak bisa diatur ketinggiannya

Review Honda Mobilio bekas selanjutnya masuk ke interior. Pada jok Mobilio E CVT dibalut warna abu-abu terang berbahan fabric, bukan kulit, khas mobil MPV kelas menengah. Sementara pada dasbor dibuat hitam polos.

Secara keseluruhan kabin depan ini sangat mirip dengan varian city car atau mobil LCGC mereka yaitu Honda Brio. Adapun kekuranganya, material dashbord berkesan plastik, dengan material yang terasa murah. 

Walau demikian, kalau bicara akomodasi penumpangnya ternyata cukup oke. Interiornya lega diduduki orang dewasa baik di baris kedua dan ketiga, utamanya buat pemilik tinggi 168 cm. Walau demikian, di bangku baris kedua kekurangannya adalah tidak ada fitur handrest tengah portable dan tidak tersedia headrest tengah.

Kemudian untuk jok baris ketiga, kekurangannya adalah posisi duduk terasa seperti orang jongkok. Walau memang dalam hal leg room dan head room sudah cukup lega. Ditambah lagi di baris ketiga ini ada 2 cup holder.

Baca juga  Honda Odyssey Setop Produksi Akhir 2021, Kabar dari Jepang

Beranjak ke bagasi belakang, jok baris ketiganya bisa dilipat untuk memberikan ruang yang lebih besar untuk menampung barang. Hanya saja desainnya tidak bisa dibuat rata Lantai. Kursi harus dilipat ke depan, layaknya mobil-mobil lawas.

Lalu berapa kapasitas bagasinya? Review Honda mobilio bekas yang kami lakukan membuktikan bahwaLMPV ini bisa menampung barang hingga 629,1 liter dengan kondisi jok baris ketiga terlipat. Catatan ini masih lebih baik dibanding Suzuki Ertiga yang cuma punya kapasitas bagasi 411,6 liter.

Minim Fitur Modern 

interior honda mobilio bekas e cvt 2016

Head unit varian E CVT 2016 sudah dilengkapi degnan head unit layar sentuh tapi belum bisa terkoneksi smartphone via bluetooth

Di era tersebut, Honda Mobilio hadir dengan minim fitur. Sebut saja untuk varian E CVT sudah memiliki head unit layar sentuh dengan merek Kenwood yang bisa terkoneksi USB. Walau demikian untuk konektivitas bluetooth belum punya.

Lalu untuk fitur-fitur lain di Honda Mobilio bekas E CVT lansiran 2016 sudah dilengkapi AC Digital dan double blower. Selain itu untuk sistem keselematannya juga sudah ada Antilock Braking System (ABS), dan dual SRS airbag.

Akselerasi dan Konsumsi BBM Honda Mobilio

Review Honda Mobilio Bekas

Review Honda Mobilio bekas selanjutnya masuk ke performa mesin. Di atas kertas LMPV ini pakai jantung mekanis 1.5L L15Z1 i-VTEC 16 valve dengan tenaga 118 PS dengan torsi maksimal 145 Nm. Performa tersebut cukup istimewa dibanding para kompetitor.

Terbukti, ketika kami melakukan tes akselerasi untuk drag race 201 meter cuma membutuhkan waktu 12,1 detik. Kemudian untuk 0-100 km/jam membutuhkan waktu 12,5 detik. Catatan yang cukup baik untuk sebauh LMPV.

Di samping punya performa mantap, konsumsi BBM Honda Mobilio juga irit. Hasil pengujian kami, bisa menghemat bensin 14,9 km/liter untuk dalam kota. Kemudian untuk jalan tol, tembus 18,8 km/liter. 

Demikian ulasan review Honda Mobilio bekas, khususnya varian E CVT lansiran 2016. Simak terus Moladin.com untuk update beret terbaru seputar otomotif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika