Friday, February 3, 2023
Banner

Review Jeep Gladiator, 1 Liter Berapa KM Bisa Melaju?

by Tigor Sihombing

Kali ini Moladin melakukan review Jeep Gladiator 2022. Mobil ouble cabin tersebut dibekali dengan mesin bensin 3.6L Pentastar V6 dengan Variable Valve Timing (VVT) dan Electronic Stop-Start System (ESS). Jantung mekanis itu mampu menghasilkan 285 hp pada 6.400 Rpm dengan transmisi otomatis delapan kecepatan.

Test drive Jeep Gladiator akan menjalani serangkaian uji coba. Mulai dari uji irit, akselerasi, hingga melewati medan offroad. Khusus untuk medan ekstrem, Tim YouTube Moladin menggunakan lokasi yang cukup menantang di Sentul Bogor Jawa Barat, tepatnya di Sungai Ciherang.

Di lokasi tersebut Jeep Gladiator akan melewati serangkaian pengetesan di berbagai lintasan offroad yang menantang tentunya, mulai dari bukit hingga melintasin sungai yang dipenuhi air.

Seperti apa ulasannya? Yuk simak review Jeep Gladiator di bawah ini.

Mudah lewati Rintangan Batu Sungai Besar

review Jeep Gladiator

Beberapa kali, chasis tengah Jeep Gladiator harus mentok ke batu, lantaran bodinya yang panjang.

Review Jeep Gladiator yang pertama adalah melewati gundukan batu besar khas sungai. Dengan Ground Clearance yang mencapai 283 mm Jeep Gladiator dengan mudah naik ke atas batu.

Baca juga  Deretan Mobil Fast and Furious 9, Banyak yang Klasik!

Terlebih ukuran velg juga proper digunakan pada mobil off road ini dengan ukuran ring 17, sedangkan penggunaan ban MT berukuran 235/55.

Namun, di beberapa medan dengan sudut lebih curam, karena dimensinya terlalu panjang yakni dengan Sumbu Roda 3.487 mm, Jeep Gladiator beberpa kali chasis tengah harus mentok ke batu. Namun hal ini bisa dilakukan dengan aman jika dilakukan dengan perhitungan.

Body Panjang Sulit Manuver, Tapi tangguh di Jalur Ekstrim

review Jeep Gladiator

Dengan hanya menggunakan fitur 4×4 standar, Jeep Gladiator bisa menanjak dengan mudah.

Berikutnya ketika Moladin mencoba mobil ini bermanuver di sungai. Dengan rangka kokoh dan mesin besar, mobil yang sanggup mengangkut beban 770 kg secara pabrikan ini rada sulit ketika melakukan putar balik di ruang terbatas.

Apalagi dimensinya terasa sangat besar yakni dengan panjang Panjang 5539 mm, Lebar 1875 mm dan tinggi 1933 mm. Dimensi ini tentunya jauh lebih besar dibanding double cab pikcup besutan Jepang yang bereder saat ini di Indonesia.

Baca juga  Pakai Mesin Buas, Harga Toyota Hilux 2.8 GR Sport Mahal!

Berikutnya Jeep Gladiator diuji di jalan off road. Dengan kondisi jalan tanah menanjak serta becek. Hasilnya dengan hanya menggunakan fitur 4×4 standar, mobil bisa menanjak dengan mudah. Bahkan mobil merek Amerika ini masih bisa menarik double cabin 4×4 lainnya yang terjebak dalam kubangan lumpur di medan tanah tanjakan.

Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar

review Jeep Gladiator

Konsumsi BBM Jeep Gladitor cuma 7 km/liter.

Berikutnya Moladin coba menggeber Jeep Gladiator di jalan rata. Dengan metode dragrace di sepanjang track 201 meter Jeep Gladiator mencatatkan waktu 10,9 detik. Sedangkan untuk akselerasi dari 0-100 km/jam mencapai 9.8 detik.

Hasil yang lumayan baik mengingat berat bersih Jeep Gladiator mencapai 2.301 kg. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya untuk dalam kota dalam dengan kondisi stop and go, Jeep Gladiator mencapai konsumsi bahan bakar 7 km/liter. Sedangkan untuk perjalanan luar kota atau di tol konsumsi bahan bakarnya mencapai 14 km/liter.

Akomodasi dan Fitur

Review Jeep Gladiator

Jeep Gladiator punya fitur offroad mumpuni

Untuk akomodasi bak belakang Jeep Gladiator memiliki volume sebanyak 968,8 liter. Dengan perhitungan panjang 143 cm, rebar 153 cm, dan tinggi 46 cm. Sedangkan fitur Jeep Gladiator yang paling hebat menurut Moladin adalah fitur yang memanjakan mode off road.

Baca juga  Harga Jeep Gladiator 2021, Hampir Rp 2 Miliar

Mulai dari steering angle, transfer case, sway bar connected, locker 3 poses, off road plus, sway baru, rear only dan fitur front + rear, serta transfer case yang bisa diaktifkan secara manual. Selain itu untuk memaksimalkan kondis saat off road, kamera depan dan belakang dipersenjatai washer.

Jeep Gladiator memiliki pintu depan dan belakang yang dapat dilepas sepenuhnya. Di samping itu kaca depan juga dapat diturunkan, serta bagian atas yang dapat dibuka. Ada pula dua trail cam yang dipasang pada bagian grill depan dan pintu kabin belakang. Guna trail cam untuk menampilkan gambar di head unit kondisi sekitar, sekaligus membantu dalam manuver off-road.

Demikian ulasan review Jeep Gladiator. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika