Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Review Nissan Kicks e-Power Facelift 2023, Mobil Listrik!

by Tigor Sihombing
Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

Kali ini, Moladin beberkan hasil review Nissan Kicks E-Power facelift 2023. Buat yang belum tahu, ini adalah SUV dengan teknologi series hybrid yang meluncur pada 2020 di Indonesia. Kemudian versi faceliftnya hadir di tahun 2022 lewat berbagai ubahan signifikan.

Nissan Kicks E-Power saat ini menjadi kompetitor dari Toyota C-HR Hybrid. Salah satu hal menarik darinya adalah harga yang terbilang murah. Untuk tahun 2023, banderolnya cuma Rp 519 juta. Jauh lebih murah dibanding Toyota C-HR Hybrid yang dijual mulai Rp 601 juta.

Lalu dengan harga yang lebih murah dibanding Toyota C-HR tersebut apakah mobil pabrikan Nissan ini bayak kekurangannya? Atau jangan-jangan kelebihan Nissan Kicks E-Power justru lebih banyak dari kompetitor?

Dalam review Nissan Kicks E-Power kali ini, kami akan bahas tuntas kelemahan dan kelebihannya melaui sejumlah pengujian. Sebut saja tes menanjak, uji irit konsumsi BBM, hingga kepraktisan dan kenyamanan kabin.

Mau tahu lebih detail soal review Nissan Kicks E-Power Facelift 2023 yang kami lakukan dari hasil test drive? Jika sedang mencari sebuah crossover modern idaman, ada baiknya simak ulasannya sampai habis:

Nissan Kicks E-Power Mampu Menanjak Tanpa Kendala

review Nissan Kicks E-Power facelift

Nissan Kicks e-Power menanjak tanpa kendala.

Review Nissan Kicks E-Power Facelift 2023 yang pertama adalah soal  kemampuan menanjak. Berdasarkan data pabrikan, Nissan Kicks e-power facelift 2022 mendapat ubahan yang sangat signifikan.

Salah satunya ada di kapasitas baterai yang lebih besar dari 1.57 kWh menjadi 2.06 kWh. Hasilnya, dengan tenaga baterai yang lebih besar, mobil ini mampu berkendara lebih jauh 30% dengan Mode EV. Selain itu, performa Kicks e-Power terbaru meningkat tenaganya dari 129 PS menjadi 136 PS. Kemudian untuk torsi juga bertambah dari 260 Nm menjadi 280 Nm,

Lalu bagaimana dengan performanya saat diajak melewati jalan menanjak di kemiringan 21 derajat? Dengan diisi oleh 5 orang penumpang dengan total berat 454 Kg kurang lebih.

Baca juga  Bocoran Mobil Baru Honda di GIIAS 2023, Ada CR-V Hybrid?

Hasilnya, NIssan Kicks E-Power bisa menanjak dengan baik. Tidak ada spin atau kesulitan menanjak, meski mobil berhenti di titik tanjakan tercuram. 

Performa Akselerasi Nissan Kicks E-Power, Torsi Instan Khas Mobil Listrik

review Nissan Kicks E-Power facelift

Data akselerasi Nissan Kicks e-Power Facelift vs Toyota C-HR Hybrid

Kemampuan akselerasi Nissan kicks E-Power ternyata sangatlah istimewa. Kami menguji kemampuan berlarinya dari posisi diam hingga 100 km/jam. SUV berteknologi series hybrid ini bisa membukukan waktu 8,83 detik.

Catatan tersebut begitu baik untuk sebuah crossover hybrid. Tidak percaya? Pasalnya dalam pengujian ini, kami juga sandingkan Toyota C-HR Hybird yang bermesin 1.800 cc hybrid. Hasilnya C-HR jauh lebih lambat dengan akselerasi 0-100 km/jam cuma 12,0 detik.

Kenapa akselerasi SUV Nissan tersebut bisa begitu mantap? Hal ini disebabkan oleh racikan sistem series hybrid yang membuat mobil sebenarnya digerakkan oleh motor elektrik secara terus menerus. Dengan kata lain, ini adalah mobil hybrid yang punya rasa berkendara seperti mobil listrik. Oleh karenanya, akselerasinya bisa instan. Di atas kertas, motor elektrik di Kicks e-Power terbaru sudah pakai generasi-2, alhasil performanya jauh lebih baik dibanding versi sebelum facelift.

Bukankah Nissan Kicks e-Power menggendong mesin bensin 1.200 cc dengan konfigurasi tiga silinder di dalam kap mesinnya? Jantung mekanis konvensional itu cuma berfungsi sebagai generator yang memberi daya pada baterai mobil. Jadi, mesin tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan gerak roda.

Review Nissan Kicks e-Power soal akselerasi, pun berlanjut dengan pengetesan drag race 201 meter. Hasilnya mobil ini mampu mencatatakan waktu 10,01 detik dan lagi-lagi jadi pemenang. Sementara Toyota C-HR Hybrid punya catatan 11,7 detik.

Apakah Konsumsi BBM Nissan Kicks E-Power Irit?

review Nissan Kicks E-Power facelift

Nissan Kicks e-Power irit BBM, tapi lebih hemat lagi C-HR Hybrid

Review Nissan Kicks E-Power berikutnya terkait konsumsi BBM. Metode yang dilakukan cek MID dan full to full. Mulai dari MID lebih dulu, dilakukan dengan berkendara melewati jarak 100 km kurang lebih. Alhasil mobil yang roda depannya digerakkan motor elektrik ini membukukan catatan 18,7 km/liter dengan kondisi stop and go atau di dalam kota. Kemudian untuk rute jalan tol, konsumsi BBM Kicks E-Power mencapai 18,4 km/liter.

Baca juga  Harga dan Spesifikasi Suzuki XL7 Hybrid 2023, LSUV Murah!

Pengujian irit untuk Nissan Kicks e-Power selanjutnya pakai metode full to full. Artinya bensin kami isi lebih dulu hingga penuh, kemudian mobil diajak berkendara sejauh 76 Km dengan kondisi jalan lengan dan kecepatan rata-rata 47 km/liter. Lalu bensin diisi lagi, membutuhkan 3,58 liter sampai penuh. Dengan kata lain, konsumsi BBM rata-rata SUV Series Hybrid ini tembus 21,3 km/liter.

Catatan yang sebenarnya cukup irit untuk SUV ringkas bermesin 1.200 cc. Hanya saja ternyata kalau dibandingkan dengan Toyota C-HR Hybrid yang bermesin 1.800 cc, Nissan Kicks e-Power masih terbilang boros.

SUV Toyota itu bisa menghemat BBM hingga 22,3 km/liter di dalam kota dan 22,9 km/liter di luar kota. Kemudian saat sesi full to full, konsumsi BBM-nya cuma 21,3 km/liter dengan metode yang sama dengan Kicks e-Power.

Fitur Nissan Kicks E-Power Facelift 2023, Lebih Safety!

review Nissan Kicks E-Power facelift

Ada fitur safety pintar lengkap dari Nissan Intelligent Mobility

Nissan Kicks e-Power facelift 2023 memiliki tampilan baru dengan logo di paras yang bisa menyala. Kemudian velg juga pakai desain lebih ramping, sehingga terkesan futuristik

Bicara fitur, versi terbarunya ini dilengkapi teknologi Nissan Intelligent Mobility. Di dalamnya terintegrasi intelligent forward collision warning, lane departure warning, blind spot warning, intelligent emergency braking, rear cross traffic alert, intelligent around view monitor , high beam assist, intelligent driver alertness, hingga intelligent cruise control. 

Baca juga  Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Bakal Dijual, Kenali Sosoknya

Selayaknya mobil listrik, Kicks e-Power juga memiliki fitur e-Pedal. Artinya mobil ini bisa berakselerasi dan berdeselarasi hanya dari satu pedal saja. Gambaran kasarnya seperti bom-bom car. Jadi kamu tidak perlu injak rem sama sekali. Kalau mau melaju cukup injak pedal gas. Saat deselarasi, lepas pedal gas maka mobil otomatis melakukan pengereman.

Tentunya fitur e-Pedal tidak akan dimiliki oleh mobil-mobil hybrid lain seperti Toyota C-HR. Inilah yang jadi keunggulan dari Nissan Kicks e-Power.

Kenyamanan Kabin dan Luas Bagasi

review Nissan Kicks E-Power facelift

Bagasi Nissan Kicks E-Power 489,5 liter. Bagasi tersebut lebih besar dibanding Toyota C-HR Hybird yang punya kapasitas angkut cuma 325 liter.

Review Nissan Kicks e-Power Facelift 2023 selanjutnya adalah kenyamanan kabin dan luas bagasi. Di bagian interior, pada kursi baris kedua, mobil ini masih cukup lapang untuk penumpang dengan tinggi bada 180 cm. Selain itu, ada ada arm rest untuk menopang tangan penumpang belakang. 

Fitur kenyamanan lain yang tersedia adalah colokan USB di baris kedua. Dengan demikian, tidak sulit untuk cas baterai smartphone untuk penumpang belakang.

Bagaimana dengan kekurangannya? Bantingan suspensi dari Nissan Kicks e-Power ini terasa cukup keras, sehingga agak mengganggu kenyamanan.

Lalu bagaimana dengan luas bagasinya untuk penyimpanan barang. Kami sudah mengukurnya, mobil ini punya bagasi dengan lebar 100 cm, panjang 89 cm, dan tinggi 55 cm. Hasilnya kalau dijumlahkan total luas bagasi 489,5 liter. Bagasi tersebut lebih besar dibanding Toyota C-HR Hybird yang punya kapasitas angkut cuma 325 liter.

Demikian ulasan review Nissan Kicks E-Power Facelift 2023. Jadi kelebihannya ada di performa menanjak dan akselerasi, fitur safety modern, hingga kabin yang lega. Kemudian dengan rasa berkendara layaknya mobil listrik, maka dari sisi harga yang cuma Rp 519 juta (OTR Jakarta) bisa dikatakan inilah salah satu mobil listrik murah di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika