by

Review Toyota Avanza E AT 2016 Bekas, Varian Terjangkau!

Review Toyota Avanza E AT 2016 menarik untuk dibahas, sebab mobil tersebut merupakan entry level alias varian paling rendah. Jadi harga bekasnya pun lebih terjangkau.

Walau varian rendah, namun dari sisi fitur sudah sangat lengkap. Avanza E AT ini mengusung transmisi otomatis dan mengadopsi sistem rem ABS.

Siapa yang tak kenal Toyota Avanza? awal kemunculannya hingga sekarang selalu digandrungi konsumen di Indonesia. Selain terkenal dengan konsumsi bahan bakar yang irit, kapasitas tujuh penumpang menjadi pertimbangan utama daya tarik Toyota Avanza.

Toyota Avanza lansiran 2016 mempunyai nama lain Toyota Grand New Avanza, hadir dengan varian E 1.3 MT, 1.3 E AT, 1.3 G MT dan 1.3 AT. Kemudian hadir pula varian tertingginya adalah Veloz 1.5 MT dan AT.

Karena mendapat predikat entry level, Avanza varian E umumnya digunakan oleh perusahaan seperti bank dan provider untuk kendaraan operasional. Hanya saja kebanyakan menggunakan transmisi manual.

“Waktu saya membelinya di tahun 2016, sales diler Toyota sempat heran, sebab umumnya konsumen jika membeli Avanza transmisi matik memilih varian G. Selain itu juga saya harus menunggu sekitar 3 bulan untuk mendapatkan unit dan warna yang saya mau,” jelas Fikri salah satu pemilik Toyota Avanza E AT 2016 (5/10/2021).

Spesifikasi Avanza E AT 2016

Performa Mesin

toyot avanza e at 2016

Toyota Avanza E AT 2016 menggunakan mesin varian 1.3L dengan mesin 1.300 cc DOHC empat silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-I. Mesin tersebut sama dengan Avanza varian G, tenaganya maksimumnya diklaim mampu menghasilkan sebesar 95.5 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 120 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga  3 Perbedaan Toyota Kijang Innova Baru Vs Lama

Tenaga mesin ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

“Performanya standar, sesuai dengan kapasitas mesinnya. Namun jika menyentuh kecepatan di atas 100 km/jam mesin terasa ngeden. Avanza E AT 2016 nyaman untuk dikendarai dalam kecepatan maksimum 80 sampai 100 km/jam,” imbuh Fikri.

Untuk konsumsi bahan bakar Avanza, dalam kota kisaran 12 km/liter dan untuk luar kota bisa 15 km/liter. Namun tentunya ini tergantung juga dari gaya mengemudi pemiliknya.

“Jadi jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti di kota Jakarta mobil ini enak, irit BBM dan bisa bawa barang banyak jika dibutuhkan,” tambahnya.

Desain eksterior

 

 

review avanza e at 2016
Avanza E AT 2016 menggunakan velg kaleng yang ditutup dop

Desain Toyota Avanza E AT 2016 tampil modern. Pada bagian grill depan mengusung desain garis horizontal dikombinasikan dengan lampu utama yang lebih pipih dari generasi sebelumnya.

Bagian belakang mobil ini dibekali dengan aksen new smoothing panel dan lampu belakang yang masih berbentuk vertical. Terdapat juga emblem E dan AT untuk menandakan variannya.

Hanya saja memang bagian eksterior Grand New Avanza varian E, tidak semewah G. Ciri khas utamanya ada di penggunaan pelek kaleng dengan penutup dop sebagai pemanis. Lalu belum ada fog lamp namun sudah disediakan rumah foglampnya. 

Baca juga  Toyota Supra Paul Walker Terjual Rp 8 Miliar

Dimensi Avanza E AT 2016 mempunyai panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Sementara untuk ground clearancenya diangka 200 mm dan kapasitas tangki bahan bakarnya 45 liter.

Desain interior

toyot avanza e at 2016

Pada bagian kabin interior Toyota avanza E AT 2016 dibalut warna cokelat untuk bagian kursi, sedangkan bagian doortrim dan dashboard mengusung warna hitam.

Sedangkan untuk fitur hiburan, Toyota Avanza varian termurah masih menggunakan sistem double din, tapi belum pakai layar sentuh. Walau demikian untuk memutar musik bisa terkoneksi lewat CD, penghubung USB, dan radio. Kemudian untuk audio tersedia empat speaker yang tersebar pada bagian pintu depan dan tengah.

“Interiornya memang sederhana, namun untungnya di head unit sudah ada penghubung USB, jadi bisa memutar musik selera kita,” tambah Fikri.

Fitur keselamatan dan keamanan

Meski varian entry level alias paling bawah, Toyota Avanza E AT 2016 sudah mengadopsi sistem rem anti-lock braking system (ABS). Fitur ini hanya tersedia untuk varian transmisi otomatis.

Selain itu, tertanam juga dual SRS airbag pada bagian pengemudi dan penumpang depan. Khusus untuk baris kedua terdapat 3 points seat belt dan ada ISOFIX yang berfungsi untuk menjaga kursi bayi (baby chair).

Baca juga  Sejarah Suzuki Ertiga, MPV Nyaman

Fitur keamanan pada mobil ini berupa Immobilizer yang akan menjaga mobil anda tetap aman ketika tidak digunakan.

Kelemahan Avanza E AT 2016

 

review avanza e at 2016

Toyota Avanza E AT 2016 nyaman digunakan untuk aktivitas harian baik untuk dalam kota maupun luar kota. Selain konsumsi bahan baka yang irit, transmisi otomatis tentunya menjadi poin penting agar mengemudi tidak mudah capek. Namun sayangnya mobil LMPV ini terasa kurang nyaman saat mobil melaju di atas kecepatan 100 km/jam.

Meski irit bahan bakar dan memiliki kabin yang cukup luas, Toyota Avanza E AT 2016 tentunya juga mempunyai kelemahan. Diantaranya adalah tarikan mesin yang kurang galak serta kekedapan kabinnya yang kurang optimal.

“Tarikan mesinnya kurang galak serta saat di jalanan menanjak agak ngos-ngosan jika mobil diisi penumpang penuh,” jelas Fikri.

Meski demikian, sejatinya Avanza dari pertama kali diciptakan memang menyasar untuk mobil keluarga, jadi tidak membutuhkan akselerasi mesin layaknya mobil sedan.

Saat ini, Toyota Avanza E AT 2016 harga bekasnya ada dikisaran Rp 120 juta hingga Rp 127 jutaan. Dengan catatan, surat keabsahan seperti STNK dan BPKB nya lengkap dan hidup.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Avanza E AT 2016. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru