Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Rolls-Royce Spectre Rp 6,4 Miliar, Mobil Listrik Termewah!

by Tigor Sihombing
Rolls-Royce Elektrik

Merek mobil mewah asal Inggris, Rolls-Royce resmi memperkenalkan produk full elektriknya. Kendaraan tersebut bernama Rolls-Royce Spectre.

Bisa dikatakan, inilah mobil listrik termewah yang pernah ada. Harga Rolls-Royce Spectre mulai $413,000 atau setara dengan Rp 6,4 miliar. 

Cerita mobil listrik, sebenarnya bukan hal baru bagi Rolls-Royce. Dalam laman resminya, mereka mengatakan, pada tahun 1900, salah satu pendiri Rolls-Royce, Charles Rolls, meramalkan masa depan penggunaan sumber tenaga listrik untuk mobil. Lebih dari 120 tahun kemudian, waktunya telah tiba bagi Rolls-Royce Motor Cars untuk memenuhi ramalan sang pendiri. Lahirlah Spectre.

Meski berkonfigurasi penggerak listrik murni, sebagai produsen terbaik mobil mewah di dunia, Rolls-Royce juga menetapkan standar kemewahan nomor satu pada produk terbaiknya tersebut. Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi Spectre? Berikut detailnya:

Eksterior Rolls-Royce Spectre

eksterior rolls-royce spectre - tampak belakang

Spectre merupakan sedan listrik dua pintu termewah di dunia

Kemewahan bisa dirasakan dari pancaran penampilan Rolls-Royce Spectre mulai dari ekterior. Sebagai mobil sedan 2 pintu, Spectre hadir dengan dimensi bongsor. Di atas kertas, panjangnya tembus 5.453 mm, lebar 2.080 mm dan tinggi 1.559 mm serta wheelbase 3.210 mm. 

Soal bobotnya, lumayan berat yakni 2.975 kg atau hampir 3 ton, di mana untuk 700 kg sendiri adalah berat baterainya saja. Jika dibandingkan dengan mobil Rolls-Royce lain yaitu varian Cullinan, maka Spectre lebih berat 300 kg. Padahal dari sisi rangka, mobil listrik ini sudah menggunakan material aluminium.

Baca juga  Review Mobil Listrik K-Upgrade, Cuma Rp 75 Juta!

Untuk tampilan luarnya, Rolls-Royce Spectre mengusung grill berbahan baja tahan karat dan dilengkapi dengan 22 lampu LED. Sorotan lainnya dari mobil mewah ini juga dihadirkan dari desain lampu depan yang terpisah dengan rumah lampu beraksen krom gelap, sehingga membuat mobil ini tampil begitu misterius. Keindahan tersebut juga dibalut dengan penyematan pelek berdiameter 23 inci yang membuat tampilannya lebih jenjang dan terkesan atletis.

Kemewahan Interior Rolls-Royce Spectre

interior rolls-royce spectre

Bintang-bintang berpendar di Rolls-Royce Spectre ada di panel pintu, langit-langit, hingga dashboard

Masuk ke interior Rolls-Royce Spectre tidak kalah mewah. Ada pintu dengan aksen 4.796 bintang-bintang yang bisa berpendar, mereka menyebutnya sebagai Starlight Doors. Ada pula penggunaan panel kayu Canadel yang diambil dari Prancis bagian selatan. Di sanalah tempat Sir Henry Royce dan tim desain Rolls-Royce menghabiskan musim dingin bersama.

Bintang berpendar ini juga hadir di langit-langit Spectre dan di dashboard. Sinar dari bintang tersebut muncul ketika mobil aktif, sementara saat nonaktif akan mati secara otomatis.

Baca juga  Biaya Cas Mobil Listrik di Hyundai Ultra Fast Charging Station, Mahal?

Kemewahan Rolls-Royce Spectre juga datang lewat desain interior yang memperlihatkan kesan personal di setiap kursinya. Total bisa menampung 4-orang dengan dua jok di baris depan dan dua jok di baris belakang.

Menariknya lagi, konsumen Spectre dapat memesan interior sesuai dengan kebutuhannya melalui program Spirit. Jadi, soal harga Rolls-Royce Spectre $413,000 atau setara Rp 6,4 miliar hanyalah permulaan. Bila interiornya diubah lebih mewah lagi, banderolnya bisa berkali-kali lipat lebih mahal.  Terlebih lagi kalau nanti masuk Indonesia, tentu harganya semakin tinggi karena pajak.

Mobil Listrik Spectre, Tenaganya Setara Mesin V12 Twin-Turbocharged

Rolls-Royce Elektrik

tampilan MID Rolls-Royce elektrik.

Untuk dapur pacunya, dengan bobot sedemikan berat, Rolls-Royce Spectre dibekali dengan tenaga sebesar 500 Hp dan torsi puncak sebesar 900 Nm. Dengan tenaga tersebut, sedan aristokrat ini mampu digeber dalam keadaan baterai penuh sampai habis hingga sejauh 520 kilometer. 

Sementara mengenai akselerasi yang dapat dihasilkan, mobil listrik ini kabarnya mampu melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan waktu 4,5 detik. Performa yang istimewa untuk produk sebesar hampir 3 ton.

Baca juga  Ini Alasan Pemilihan Ancol Sebagai Sirkuit Formula E 2022

Sayang untuk detail kapasitas baterainya tidak disebutkan secara rinci. Pabrikan hanya menglaim Rolls-Royce Spectre ini menjadi mobil paling bertenaga yang dipernah dibuat oleh mereka. Kinerjanya diklaim sejalan dengan mesin bensin V12 Twin-Turbocharged.

Untuk memberikan kenyamanan berkendara bagi pemiliknya, mobil ini telah didesain 30 persen lebih kaku dari Rolls-Royce sebelumnya berkat penggunaan komponen alumunium yang diekstrusi, dan intergarsi baterai ke dalam struktur mobil. Handling pada mobil ini juga turut menjadi perhatian di mana perusahaan telah menyematkan suspensi Planar yang mampu memisahkan anti-roll bar untuk memungkinkan roda tetap bereaksi terhadap gundukan dan mencegah goyang ketika satu sisi kendaraan menabrak gundukan di jalan.

“Spectre memiliki semua kualitas yang telah dimiliki legenda Rolls-Royce. Mobil yang luar biasa ini, yang dirancang sejak awal sebagai model full-electric pertama kami, senyap, bertenaga dan menunjukkan betapa sempurnanya Rolls-Royce elektrifikasi ini,” tulis Rolls Royce, dikutip 20 Oktober 2022.

Demikian ulasan Rolls-Royce Elektrik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika