Saudara Wuling Air EV Hadir dengan Versi 4 Pintu, Tetap Mungil dan Kompak

by Tigor Sihombing
Wuling Hongguang Plus

Saudara Wuling Air EV Hadir dengan Versi 4 Pintu/ Wuling Motors kembali mencuri perhatian dengan kabar mengenai model terbarunya yang kemungkinan besar adalah Wuling Hongguang Plus, yang merupakan saudara Wuling Air EV yang tampil lebih sederhana secara teknologi.

Baru-baru ini di China, beberapa foto spy yang tersebar menunjukkan kendaraan ini sedang uji jalan, memperlihatkan desain yang lebih besar namun tetap mempertahankan karakteristik mungil dan kompak yang menjadi ciri khasnya.

Model yang beredar di China ini merupakan sebuah versi 4 pintu dari Wuling Hongguang Mini EV.

Dari segi penampilan, desain wajah Wuling Hongguang Plus sangat mirip dengan Wuling Hongguang Mini EV Macaron yang telah ada. Model ini menampilkan bentuk bertingkat dengan lampu depan berbentuk persegi panjang dan sudut yang membulat.

Di tengah, terdapat tonjolan yang kemungkinan merupakan lokasi port pengisian daya. Dari sisi, desain bodi terlihat kotak dengan penggunaan pintu belakang geser yang praktis. Di bagian belakang, lampu rem mengadopsi tata letak vertikal yang berbeda dari desain Macaron.

Baca juga  Wuling Prime Week, Diskon Almaz RS Rp 60 Juta

Meskipun demikian, ukuran ban yang kecil dan desain lampu belakang mungkin bukan merupakan versi akhir, dan perubahan masih mungkin terjadi sebelum peluncuran resmi.

Spesifikasi Wuling Hongguang Plus

image1314

Hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai parameter teknis atau detail sistem penggerak dari Wuling Hongguang Plus. Namun, banyak yang berspekulasi bahwa model ini akan dilengkapi dengan sistem penggerak listrik murni.

Di pasar Tiongkok, model-model serupa seperti Great Wall Coolbear (dengan kisaran harga sebelum dihentikan antara 63,900 – 87,900 yuan atau sekitar 9,100 – 12,500 USD) dan BAIC Changhe Beidouxing (41,900 – 51,900 yuan atau sekitar 6,000 – 7,400 USD) telah mengalami penarikan karena posisi niche dan penjualan yang buruk.

Misalnya, dari Januari hingga Juni 2022, total penjualan Changhe Beidouxing hanya mencapai 723 unit dan penjualan pada bulan Juni tahun itu hanya 14 unit. Dalam konteks ini, banyak yang bertanya-tanya apakah Wuling dapat membalikkan tren tersebut dengan model barunya.

Meski demikian, Wuling menunjukkan performa penjualan yang mengesankan. Pada bulan September, Wuling berhasil menjual 145.000 kendaraan, dengan peningkatan tahunan sebesar 24,1%. Penjualan kendaraan energi baru merek ini mencapai lebih dari 80.000 unit dalam satu bulan, meningkat 106% dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga  Beda 3 Varian Wuling Alvez SE, CE, dan EX, Awas Salah Beli!

Di antara model-model tersebut, Wuling Hongguang Mini EV mencatat penjualan sebanyak 28.918 unit, meningkat 79,1% dibandingkan tahun lalu. Penjualan tersebut termasuk berbagai varian seperti generasi ketiga Hongguang Mini EV, Macaron Edition, Classic Edition, Game Boy Edition, dan Cabrio Edition.

Jika Hongguang saja dibuatkan versi 4 pintu, bukan berarti Air EV juga akan hadir dalam versi tersebut. Bagaimana menurut kamu?

Demikian ulasan Saudara Wuling Air EV Hadir dengan Versi 4 Pintu. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika