Thursday, February 9, 2023
Banner

Bocoran Harga dan Spesifikasi Chery Omoda 5 2023, Rival HR-V dan Creta!

by Firdaus Ali

Berikut akan kami sampaikan bocoran harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 bermesin bensin yang bakal dijual pada April 2023. SUV ini unggul karena tersedia pilihan mesin turbo. Lalu banderolnya cukup terjangkau, ada di kisaran Rp 400 – 500 jutaan.

Kehadiran Chery Omoda 5 memang pernah diungkapkan oleh Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia, Shawn Xu saat peluncuran Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro di Indonesia. Menurut dia, peluncuran SUV anyar tersebut siap berlangsung pada 2023.

Benar saja, pada pertengahan Januari 2023, Chery kemudian menyebar teaser di sosial media resmi mereka bahwa Omoda 5 akan dijual di Tanah Air dalam waktu dekat. Ternyata bukan pada Februari atau Maret, melainkan April 2023.

“Jadi kalau untuk omoda 5 versi ICE (mesin bensin) itu paling cepat awal April,” beber Vice President Cherry Sales Indonesia, Harry Kamora saat bertemu dengan wartawan pada Kamis (26/1).

Walau dijual pada April 2023, namun rival Hyundai Creta dan Honda HR-V tersebut sudah bisa dipesan oleh konsumen Tanah Air. Bicara variannya tersedia Omoda 5 dengan mesin 1.5 liter dan 1.6 liter turbo.

“Sudah bisa dipesan, soal harga ada dikisaran Rp 400 sampai Rp 500 jutaan,” ungkap Sales tersebut.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Chery Omoda 5 bermesin bensin yang siap hadir April 2023 di Indonesia? Berikut bahasan lengkapnya: 

1. Desain Eksterior Futuristik

Chery Omoda 5 tampak belakang

Chery Omoda 5 tampak belakang

Spesifikasi Chery Omoda 5 2023 mempunyai desain eksterior yang modern dan futuristik. Hal itu bisa dilihat dari tampilan depan yang mengusung desain grill bergaya susunan batu permata 3D yang ditengahnya ada emblem Chery dengan aksen krom.

Dimensi grill yang cukup besar itu semakin terlihat apik dengan dipadukan headlamp LED dengan tampilan pipih. Disebelah kanan kiri grillnya terdapat lampu senja dan lampu sein yang kelihatannya sudah LED.

Baca juga  Review Mitsubishi Outlander Sport Bekas, SUV Rp 200 Jutaan

Pada bagian sampingnya terdapat garis lekukan body yang tidak terlalu signifikan. Namun begitu pada bagian bawah pintu, pilar, dan rumah spion diberi aksen warna kontras.

Tak hanya itu saja, untuk mendukung penampilan yang selaras disematkan velg alloy dengan warna hitam serta ada aksen warna cerah yang sama dengan warna pilar. Dan untuk bagian belakangnya, mobil SUV 5-seater ini hadir dengan simpel namun kental dengan aura elegan.

Bicara warna eksterior, nampaknya Chery bakal menghadirkan opsi two tone ke Omoda 5 2023. Hal tersebut wajar, karena para kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta juga memilikinya.

Dimensi Lebih Bongsor Dari Honda HR-V dan Hyundai Creta

Harga dan spesifikasi Chery Omoda 5

Dimensi lebih bongsor dari Honda HR-V. Foto: Istimewa

Perihal dimensi, Chery Omoda 5 2023 terbilang lebih mungil dari saudaranya Tiggo 7 Pro. Agaknya mobil terbaru Chery ini menyasar segmen SUV ringkas seperti  Honda HR-V dan Hyundai Creta. Pasalnya, Chery Omoda 5 mempunyai bodi dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.588 mm.

Dengan kata lain, dimensi Chery Omoda 5 lebih bongsor sedikit dari Honda HR-V yang mempunyai panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.580 mm. Kemudian juga lebih besar dari Hyundai Creta yang mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm.

Jadi wajar, ketika masuk ke Indonesia nanti Omoda 5 bensin bakal menghuni segmen medium SUV yang juga dihuni oleh HR-V dan Creta. Sebenarnya di kelas ini saingannya cukup banyak, ada pula Mazda CX-3.

2. Ada Pilihan Mesin Turbo

Harga dan spesifikasi Chery Omoda 5

Mesin Chery Omoda 1.6 TGDI

Perihal dapur pacunya, Chery Omoda 5 menawarkan dua pilihan mesin: 1.5 liter dan 1.6 liter turbo. Pertama adalah mesin berkubikasi 1.500 cc TCI, mesin itu diklaim mampu mengeluarkan tenaga 155 hp dan torsi puncak 230 Nm. Jika disejajarkan dengan para rivalnya seperti Hyundai Creta atau Honda HR-V, performa mesin dari Chery Omoda 5 lebih unggul.

Baca juga  4 Masalah Isuzu MU-X, Waspadalah!

Sebagaimana diketahui, Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream 1.5 L MPI inline 4-cylinders yang di atas kertas tenaganya 113,4 hp pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Sementara itu, untuk Honda HR-V mengusung mesin 1.500 cc i-VTEC yang diklaim mempunyai tenaga 119,2 hp dan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm.

Kemudian yang menarik lagi, adalah spesifikasi Chery Omoda 5 dengan mesin 1.6 liter turbo. Performanya tentu lebih bertenaga lagi. Di atas kertas tenaganya tembus 195 hp dan torsi puncaknya mencapai 290 Nm. Buas kan?

Bila dibandingkan dengan HR-V Turbo RS sekalipun, mesin 1.6 liter turbo milik Omoda 5 masih lebih unggul. Pasalnya SUV berlogo H tegak tersebut cuma pakai mesin 1.5 liter turbo yang bisa menghasilkan torsi 240 Nm dan tenaga 177 PS.

3. Interior Mewah

interior chery omoda 5 - setir kanan

Interior Chery Omoda 5 yang tampil futuristik

Meski belum memberikan informasi yang detail, tenaga penjual salah satu diler Chery cuma mengungkapkan bahwa Omoda 5 punya banyak fitur kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang. Sebut saja ada head unit touchscreen berukuran 10.25 inch yang tentunya bisa mengakomodasi kebutuhan infotainment serta pendukung fitur-fitur mobil.

Untuk menambah kenyamanan dan kesan elegan, material pembungkus jok, doortrim, dan Sebagian dashboard dikatakan menggunakan material yang berkualitas. Oh ya, khusus pilihan mesin 1.600 cc TGDI, terdapat wireless charging sebagai pelengkap untuk memudahkan penumpang mengisi baterai smartphone. Ada pula sunroof di atap untuk membuat kabin terkesan semakin luas.

Baca juga  Berburu SUV Rp 200 Jutaan, Pesaing Rocky dan Raize

Kapasitas interiornya bisa menampung total 5 orang dengan dua baris bangku. Dengan dimensi yang lebih bongsor dari HR-V dan Creta, harusnya kabin Chery Omoda 5 juga lebih lega dari para kompetitor.

4. Fitur Modern

Harga dan spesifikasi Chery Omoda 5

Fitur Omoda 5 komplit

Membahas harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 2023 tentu kurang afdhol jika tidak mengulas mengenai fitur-fiturnya. Yup, Omoda 5 dengan pilihan mesin 1.5 TCI sudah menyematkan fitur Cruise Control, Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist System (BAS), Electonic Stability Program (ESP), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Anti-Skid Brake System (ABS).

Sementara itu untuk Chery Omoda dengan mesin 1.6 TGDI fiturnya lebih komplit dibandingkan dengan Omoda bermesin 1.5 TCI. Yup, semua fitur yang diusung Omoda 5 bermesin 1.5 TCI ada di Omoda 5 bermesin 1.6 TGDI.

Adapun tambahan fitur yang membuat Chery Omoda 5 bermesin 1.6 TGDI lebih komplit adalah dengan ditambahkannya fitur Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection (BSD), Front Collision Warning (FCW), dan kamera parkir 360 derajat.

5. Harga Chery Omoda 5

bocoran mobil chery omoda 5

Sosok Chery Omoda 5

Setelah tahu spesifikasi Chery Omoda 5, kira-kira berapa harganya? Prediksi kami untuk varian 1.5 liter banderolnya Rp 400 jutaan. Artinya banderol tersebut akan mirip-mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Sementara untuk bocoran harga Chery Omoda 5 dengan mesin 1.6 liter turbo bisa tembus Rp 500 jutaan. Dengan kata lain, rivalnya adalah Honda HR-V Turbo RS. Pertanyaannya ketika harga mobil-mobil Cina mirip dengan merek Jepang dan Korea Selata, apakah bakal laku dipasaran? 

Yang jelas, kalau kamu tertarik membeli SUV ini sudah bisa melakukan pemesanan ke tenaga penjual Chery. Bila pesan lebih cepat, tentu dapat unitnya bisa semakin cepat pula.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 bermesin 1.5 TCI dan 1.6 TGDI yang rencananya akan diluncurkan pada April 2023. Bahkan rencananya Chery juga siap menghadirkan Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika