Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

11 Spesifikasi Chery Omoda 5 2023, Harga Varian GT AWD Paling Mahal!

by Firdaus Ali
Kelebihan Chery Omoda 5

Berikut akan kami sampaikan harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 2023 yang kini memiliki empat varian: Z, RZ, GT, dan GT AWD. Di mana untuk GT adalah varian tertinggi dengan harga Rp 480 jutaan.

Peluncuran Omoda 5 pertama kali di Indonesia resmi berlangsung pada Gaikindo Jakarta Auto Week pada Maret 2023. Ketika itu, muncul dua varian: Z dan RZ. Keduanya sama-sama pakai mesin 1.500 cc turbo dengan penggerak roda depan (FWD).

Menariknya, enam bulan berselang Chery menghadirkan lagi varian Omoda 5 GT. Performanya paling buas karena pakai mesin 1.600 cc turbo. Lalu ada pilihan AWD. Kemudian harganya juga paling mahal, kisaran Rp 480 jutaan. Bandingkan dengan harga Chery Omoda 5 Z yang cuma Rp 334,8 juta. Kemudian Omoda 5 RZ Rp 404,8 juta. Gapnya cukup jauh bukan?

Walau demikian, kalau dibanding kompetitor sesungguhnya Chery Omoda 5 GT AWD sudah sangat terjangkau. Tidak percaya? Cek saja banderol HR-V Turbo RS yang pakai mesin 1.500 cc turbo, tembus Rp 529,9 juta.

Apalagi dengan banderol tersebut, spesifikasi SUV merek Cina ini juga istimewa. Eksterior dan interiornya futuristik, lalu bicara fitur sudah ada advanced safety assist system (ADAS). 

Mau tahu lebih detail soal harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 2023, baik varian Z, RZ, dan GT di Indonesia? Berikut bahasan lengkapnya: 

1. Desain Eksterior Futuristik

Spesifikasi Chery Omoda 5

Desain eksterior modern & futuristik

Spesifikasi Chery Omoda 5 2023 untuk eksterior, mempunyai desain yang modern dan futuristik. Mobil SUV asal Cina ini ber tema “Cross F Future”, yang menandakan kehadiran sebuah mobil SUV dari masa depan.

Kesan futuristik Omoda 5 diperlihatkan melalui motif grille depan tanpa frame sebagai gambaran parallel universe yang tanpa batas. Ditambah lagi, ada potongan diamond sebagai gambaran dari individu yang berada dalam tiap dunia paralel tersebut. Omoda 5 juga memiliki lekukan garis yang fleksibel namun tegas.

Ada pula velg berukuran 18 inci untuk memberikan kesan sporty yang kuat. Soal ukuran bannya pakai 215/55 R18.

Kemudian, pada bagian belakangnya, hadir dengan gaya yang futuristik dan elegan. Hal itu berkat desain pipih pada lampu yang dikombinasikan dengan lekukan pintu bagasi yang agresif serta adanya dua lubang pipa knalpot berbentuk trapesium.

Keseluruhan desainnya semakin dipertegas dengan pencahayaan dari Lampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan Lampu belakang LED Dinamis X–Trough. Istimewa!

2. Warna Bodi Omoda 5 Varian RZ dan GT Beda dengan Z

spesifikasi chery omoda 5 2023 - varian gt

Omoda 5 GT punya ciri khas aksen oranye di eksteriornya

Bicara pilihan warna Chery Omoda 5 2023 ada empat: white howlite, grey morganite, black platinum, dan blue torquoise. Bedanya untuk varian RZ ada tambahan aksen merah di velg, spion, dan bodi samping. Kemudian varian GT juga pakai aksen serupa, tapi warnanya oranye.

Lalu khusus Omoda 5 GT dan RZ, memiliki pilihan warna putih dengan atap hitam atau white howlite black. Pembeda lain untuk varian GT bermesin 1.600 cc turbo, di kap mesinnya ada tulisan OMODA sebagai identitas.

Baca juga  Nissan X-Trail Terbaru, Gagah dan Bertenaga!

3. Dimensi Chery Omoda 5 Lebih Bongsor Dari Honda HR-V dan Hyundai Creta

Spesifikasi Chery Omoda 5

Dimensi lebih bongsor dari rivalnya

Perihal dimensi, spesifikasi Chery Omoda 5 2023 terbilang lebih mungil dari saudaranya Tiggo 7 Pro. Agaknya mobil terbaru Chery ini menyasar segmen SUV ringkas seperti  Honda HR-V dan Hyundai Creta. Pasalnya, Chery Omoda 5 mempunyai bodi dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.585 mm dan wheelbase 2.630 mm.

Dengan kata lain, dimensi Chery Omoda 5 lebih bongsor sedikit dari Honda HR-V yang mempunyai panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.580 mm. Kemudian juga lebih besar dari Hyundai Creta yang mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm.

Jadi wajar, Chery Omoda 5 bakal bertarung di segmen medium SUV yang juga dihuni oleh HR-V dan Creta. Sebenarnya di kelas ini saingannya cukup banyak, ada pula Mazda CX-3, Suzuki Grand Vitara, hingga Wuling Alvez. Walau demikian, SUV Chery lebih unggul latnaran punya fitur-fitur yang lebih lengkap dan mesin 1.500 cc turbo.

4. Mesin Pakai 1.500 cc Turbo untuk Varian Z dan RZ

Spesifikasi Chery Omoda 5

Mesin Chery Omoda 5 pakai turbo

Spesifikasi mesin Chery Omoda 5 Z dan RZ tergolong sangat istimewa. Di atas kertas pakai kubikasi 1.500 cc turbo yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT 9-percepatan. Hasilnya, mesin 1.5L TGDI itu diklaim mampu mengeluarkan tenaga 145 hp dan torsi 230 Nm.

Tenaga besar itu disalurkan ke penggerak roda depan. Tersedia pula mode berkendara Eco dan Sport untuk memberi pilihan performa ke pengemudinya.

Jika disejajarkan dengan para rivalnya seperti Hyundai Creta atau Honda HR-V, performa mesin dari Chery Omoda 5 lebih unggul. Sebagaimana diketahui, Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream 1.5 L MPI inline 4-cylinders yang di atas kertas tenaganya 113,4 hp pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Sementara itu, untuk Honda HR-V mengusung mesin 1.500 cc i-VTEC yang diklaim mempunyai tenaga 119,2 hp dan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm.

Saingan dari mesin Chery Omoda 5 2023 ini sesungguhnya adalah Honda HR-V Turbo RS. Hanya saja kalau pembandingnya SUV pabrikan H tegak, maka SUV asal Cina tersebut masih kalah mantap. Tidak percaya? HR-V dengan mesin 1.500 cc turbo bisa mengeluarkan torsi 240 Nm dan tenaga 177 hp.

5. Chery Omoda 5 GT Bermesin 1.600 cc Turbo, Opsi AWD

spesifikasi chery omoda 5 gt 2023

Mesin 1.600 cc turbo di Omoda 5 GT dikombinasikan DCT 7-percepatan

Spesifikasi Chery Omoda 5 GT berbeda dengan varian Z dan RZ, mesinnya menggunakan 1.600 cc Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI). Di atas kertas, bisa menghasilkan torsi puncak hingga 290 Nm dan tenaga maksimal 197 hp. Kemudian transmisinya juga pakai 7-percepatan DCT (dual clutch transmission).

Menariknya lagi, Omoda 5 GT 2023 punya pilihan AWD dan FWD. Jadi kalau kamu mau versi yang lebih safety bisa pilih AWD, lantaran semua rodanya bergerak, sehingga bisa meminimalkan potensi understeer dan oversteer saat bermanuver.

Baca juga  Sejarah BMW X5, Mobil yang Mengubah Paradigma SUV

6. Suspensi Independent Multi-link untuk Omoda 5 GT

spesifikasi chery omoda 5 gt 2023

Suspensi belakang Omoda 5 GT pakai Independent Multi-Link

Kemudian spesifikasi Chery Omoda 5 GT 2023 juga istimewa dengan suspensi independent multi-link, bandingkan dengan varian Z dan RZ yang masih pakai twist-beam. Efek yang terjadi dari penggunaan komponen ini, bantingan suspensi jadi lebih empuk di bagian belakang.

Suspensi independent multi-link juga memberi performa berkendara yang lebih baik ketika mobil bermanuver. Tidak percaya? Coba saja test drive sendiri!

7. Interior Mewah dan Modern

Spesifikasi Chery Omoda 5

Hadir 8 Speaker Premium dari Sony di Chery Omoda 5 RZ

Spesifikasi interior Chery Omoda 5 juga tidak kalah futuristik. Merek Cina ini melengkapi SUV-nya dengan kemudi berbahan kulit multifungsi berbentuk D. Ada pula tombol konfigurasi multimedia di setir yang memudahkan kendali pengemudi, sehingga berbagai pengaturan bisa dilakukan tanpa mengganggu konsentrasi berkendara.

Lalu untuk fitur-fiturnya, Omoda 5 memiliki layar ganda berukuran 20,5 inci yang saling terhubung antara panel instrumen speedometer digital dan multimedia. Dengan begitu, aura futuristik benar-benar terasa, sekaligus bisa memberikan berbagai macam informasi terkait mobil dengan sangat lengkap.

Selain itu, joknya dirancang dengan gaya sporty serta menggunakan material berkualitas serta adanya ventilated. Alhasil yang membuat keseluruhan tampilan Interior terlihat sangat modis dan nyaman. Bahkan untuk menambah kenyamanan, Omoda 5 telah menyematkan fitur Intelligent Voice Assistant, Wireless Charging with Phone Reminder, serta 8 speaker premium merek Sony untuk varian RZ. Ada pula Door Mirror Heating agar pengemudi lebih jelas dan nyaman saat melihat kaca spion saat berkendara dalam keadaan hujan.

Untuk kapasitas interiornya, bisa menampung total 5-orang dengan dua baris bangku berkonfigurasi 2+3. Dengan dimensi yang lebih bongsor dari HR-V dan Creta, harusnya kabin Chery Omoda 5 juga lebih lega dari para kompetitor. Oh ya, Omoda 5 juga sudah dilengkapi dengan electric sunroof untuk menambah kesan elegan dan lega pada kabin interiornya.

Sementara itu untuk interior Omoda 5 GT 2023 sangat mirip dengan varian RZ. Bedanya, ada aksen warna oranye yang mengikuti eksteriornya.

8. Fitur Lengkap dengan ADAS

Spesifikasi Chery Omoda 5

Dilengkapi fitur ADAS dan fitur modern lain

Spesifikasi Chery Omoda 5 2023 selanjutnya yang kami bahas adalah dari kelengkapan fiturnya. Di mana mobil SUV ini sudah dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Ada pula adopsi standar eksperimental global untuk emisi, keselamatan saat terjadi tabrakan, perlindungan bagi pejalan kaki, dan standar lainnya yang ditetapkan oleh negara–negara di Eropa Timur, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

Standar ADAS pada Omoda 5 antara lain lane departure warning (LDW), blind-spot detection (BSD), emergency lane keeping (ELK), rear cross traffic alert (RCTA), adaptive cruise control (ACC) with low speed follow, front collision warning (FCW) with vehicle indentification, autonomous emergency braking (AEB), intelligent high-beam control headlamp (IHC), traffic sign recognition (TSR), car lead departure sign (CLDS), integrated cruise assist (ICA), dan 360 HD panoramic camera).

Baca juga  Chery Perkenalkan PHEV Generasi Ketiga dan AI Terintegrasi ChatGPT

Selain itu, ada pula fitur keselamatan berupa keselamatan berupa anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist system (BAS) + brake priority system (BOS), electronic stability program (ESP) + traction control (TCS), hill-start assist control (HAC) & hill descent control (HDC), tyre pressure monitoring system (TPMS), hingga auto central locking door. Istimewa bukan?

9. Daftar Harga Chery Omoda 5 2023

harga dan spesifikasi chery omoda 5

Chery Omoda 5 dijual dengan harga yang terjangkau

Dengan spesifikasi yang sangat istimewa tersebut, harga Chery Omoda 5 2023 sangatlah terjangkau. Khusus untuk varian Z dijual Rp 334,8 juta (OTR Jakarta) dan varian RZ Rp 404,8 juta (OTR Jakarta). Artinya banderol tersebut mirip-mirip dengan Honda HR-V nonturbo dan Hyundai Creta. Padahal Omoda 5 sudah pakai mesin turbo.

Sementara itu, untuk harga Chery Omoda 5 GT 2023 yang pakai mesin 1.600 cc turbo kisaran Rp 480 jutaan. Ini masih perkiraan, lantaran pengumuman banderol resminya akan berlangsung pada 20 September 2023. Prediksi kami, khusus varian AWD akan dijual lebih mahal lagi, bukan tidak mungkin tembus Rp 500 jutaan.

  • Chery Omoda 5 Z Rp 334,8 juta (OTR Jakarta)
  • Chery Omoda 5 RZ Rp 404,8 juta (OTR Jakarta)
  • Chery Omoda 5 GT FWD Rp 480 jutaan (perkiraan)
  • Chery Omoda 5 GT AWD Rp 500 jutaan (perkiraan)

10. Cicilan Chery Omoda 5 2023 Per Bulan

spesifikasi chery omoda 5 2023

Cicilan Chery Omoda 5 bisa dengan KKB BCA

Setelah tahu harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 2023, tertarik beli? Kamu bisa lakukan secara kredit via KKB BCA dengan simulasi untuk varian Z dan RZ. Di mana cicilan termurahnya adalah Rp 5,3 juta per bulan.

Paket Kredit Cicilan Chery Omoda 5 Z

  • Tenor 11 bulan:
    TDP Rp 125,9 juta
    Cicilan Rp 19,53 juta
  • Tenor 23 bulan:
    TDP Rp 130,7 juta
    Cicilan Rp 9,7 juta
  • Tenor 35 bulan
    TDP Rp 135,7 juta
    Cicilan Rp 6,63 juta
  • Tenor 47 bulan
    TDP Rp 141,7 juta
    Angsuran Rp 5,3 juta

Paket Kredit Cicilan Chery Omoda 5 RZ

  • Tenor 11 bulan
    TDP Rp 151 juta
    Cicilan Rp 23,61 juta
  • Tenor 23 bulan
    TDP Rp 154,6 juta
    Cicilan Rp 11,9 juta
  • Tenor 35 bulan
    TDP Rp 160 juta
    Cicilan Rp 8,1 juta
  • Tenor 47 bulan
    TDP Rp 168 juta
    Cicilan 6,47 juta

11. After Sales Chery Omoda 5, Garansi 10 Tahun

chery omoda 5 2023 - garansi

Garansi mesin Chery Omoda 5 selama 10 tahun

Lalu untuk program after sales, konsumen akan mendapatkan garansi mesin selama 10 tahun atau pemakaian 1.000.000 KM. Ada pula garansi kendaraan selama enam tahun atau 150.000 KM. Ada pula gratis biaya jasa dan suku cadang hingga 60.000 KM atau empat tahun, serta layanan bintang 6 (Six Star Service).

Tentunya garansi tersebut membuat konsumen merasa aman dan nyaman saat memilikinya. Maklum, banyak masyarakat Indonesia masih belum terlalu percaya dengan Chery selaku merek mobil asal Cina.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 2023 yang kini punya varian Z, RZ, GT, dan GT AWD. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika