Minggu, September 25, 2022

Spesifikasi Kia Carens Indonesia, Antara Innova dan Xpander!

by Baghendra Lodra
spesifikasi kia carens - eksterior

Akhirnya spesifikasi Kia Carens untuk konsumen Indonesia terungkap. Mobil ini hadir dengan fitur-fitur yang istimewa, serta dua pilihan mesin: bensin 1.400 cc turbo dan diesel 1.500 cc turbo.

Hal tersebut sangat menarik, lantaran menjadikan Carens terbaru berada di segmen yang tanggung. Bila melihat mesin, mungkin saingannya adalah Toyota Kijang Innova.

Walau demikian, jika cek dimensinya ternyata tidak sebongsor Innova. Dalam hal dimensi, ternyata Carens lebih mirip ke produk LMPV seperti halnya Mitsubishi Xpander.

Penasaran dengan detailnya? Simak spesifikasi Kia Carens secara lengkap lewat bahasan ini:

Eksterior Kia Carens, MPV Ala SUV

spesifikasi kia carens - tampak belakang

Tampilan Kia Carens ala SUV dnegan roof rail

Bila melihat eksterior, spesifikasi Kia Carens untuk dimensi sesunguhnya cukup menarik. Punya panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.708 mm.

Dimensi tersebut sedikit lebih bongsor dari kebanyakan LMPV di Indonesia, seperti Toyota Avanza, dan Suzuki Ertiga. Mirip-mirip ke Mitsubishi Xpander. Hanya saja tidak sebesar Toyota Kijang Innova serta Wuling Cortez. Jadi posisi Carens ada di tengah-tengah.

Baca juga  Daftar Ubahan Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift

Kemudian untuk velg, Carens juga cuma pakai ukuran 16 inci. Padahal rata-rata LMPV di Tanah Air pada varian tertinggi sudah menggunakan 17 inci.

Bicara desain, Carens sesungguhnya adalah sebuah MPV. Hanya saja juga memiliki aura SUV kental. Lihat saja kehadiran roof rail di atap, serta bodi yang berotot.

Interior dan Fitur Kia Carens, Modern!

spesifikasi kia carens - interior

Banyak fitur modern tersemat di Kia Carens

Spesifikasi Kia Carens versi Indonesia dari sisi interior, bisa dikatakan cukup mewah. Ada berabgai fitur modern, seperti head unit layar sentuh 10,25 inci dengan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto. Tidak hanya yaitu, ada pula 8 unit speaker Bose yang pastinya memanjakan telinga pengemudi dan penumpang saat mendengar musik.

Ada pula ambient light dengna 64 warna untuk kenyamanan. Tidak ketinggalan sunroof, hingga AC double blower. Lalu di setiap baris bangku (termasuk baris ketiga) tersedia USB port untuk mengisi baterai smartphone.

Jok pun sudah dibalut kulit. Ditambah lagi konfigurasinya sangat fleksibel. Baris kedua dapat digeser maju dan mundur. Lalu dapat dilipat hingga rata lantai atau dilipat ke depan.

Baca juga  Cek 8 Kekurangan Hyundai Stargazer Sebelum Beli!

Kemudian yang juga menarik, proses pelipatan bangku baris kedua ini sangat mudah. Cukup tekan satu tombol, maka kursi langsung terlipat otomatis.

Semua Mesin Kia Carens Pakai Turbo

spesifikasi kia carens - tampak depan

Carens memiliki dua pilihan mesin turbo, diesel dan bensin

Lalu yang juga menarik adalah membahas spesifikasi Kia Carens dalam hal mesin. Jantung mekanisnya punya dua opsi: bensin 1.400 cc turbo dan diesel 1.500 cc turbo.

Dengan mesin bensin 1.400 cc turbo, artinya performa Carens lebih baik di atas LMPV yang dijual di Indonesia. Jantung mekanis ini bisa dikatakan setara dengan milik Toyota Kijang Innova yang pakai mesin 2.000 cc atau Wuling Cortez dengan 1.500 cc turbo.

Di atas kertas, mesin bensin Kia Carens bisa melontarkan torsi puncak hingga 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm dan tenaga maksimal 140 PS pada 6.000 rpm. Padanannya transmisi dual clutch 7-percepatan.

Sementara yang tidak kalah menarik, Carens punya mesin diesel 1.500 cc turbo. Performa di atas kertasnya bisa menghasilkan torsi 250 Nm pada 1.500 – 2.750 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 4.000 rpm. Mesin diesel itu dipadanankan dengan transmisi 6-percepatan otomatis.

Baca juga  Test Drive Wuling Cortez CT Type S, MPV Murah Mewah

Harga Kia Carens di Indonesia

spesifikasi kia carens - tampak samping

Harga Kia Carens memang belum diumumkan, tapi kemungkinannya di atas Rp 350 juta

Dengan spesifikasi Kia Carens di Tanah Air yang seperti itu, kira-kira berapa harga yang pantas? Hingga sekarang, Kia di Indonesia belum mau mengumumkannya.

Prediksi kami, harga Carens pastinya di atas LMPV yang dijual di Indonesia. Hal ini dikarenakan, performa mesin yang memang lebih mantap. Kemudian dimensi juga lebih bongsor. Ya, bukan tidak mungkin banderolnya di atas Rp 350 juta. Tertarik?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika