by

Spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4, MPV Jago Reli

Dengan spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4 yang istimewa, Rifat Sungkar berhasil menjadi juara di Kejurnas Sprint Rally Tanjung Lesung 2021. Mobil tersebut punya modal hebat untuk ikut balapan.

“Mitsubishi Xpander merupakan sebuah kendaraan keluarga yang punya performance tidak hanya sekadar untuk dinikmati oleh keluarga, tapi bisa membawa prestasi dengan handling yang luar biasa baiknya,” kata Rifat.

Salah satu modal kuat Xpander adalah punya jarak sumbu roda yang panjang. Kemudian konstruksi kaki-kaki mobil MPV ini mirip sedan legendaris reli, Mitsubishi Evolution. Tidak hanya itu, weight balance dan weight distribution Xpander juga sangat ideal untuk berkompetisi di ajang reli.

Walau demikian, bukan berarti modifikasi yang dilakukan Rifat untuk mengubah Xpander jadi Xpander AP4 tidak banyak. Dia bahkan harus kerja bareng Ralliart Selandia Baru dalam rangka merombak kendaraan ini.

Proyeknya sendiri sudah dimulai sejak 2019 dengan merevisi mobil agar spesifikasi Mitsubishi Xpander A4 bisa sesuai dengan regulasi kejuaraan reli Asia Pasifik. Maka dari itu rombakannya sangat banyak, mulai dari mesin, kaki-kaki, hinga pengurangan bobot.

Baca juga  'Sayonara' Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia

“Total lebar dari regulasi AP4 adalah 1.820 mm jadi mobil ini kami buat sedikit lebih lebar 10 cm atau 12 cm (karena memang Xpander pada dasarnya sudah lebar),” kata pembalap kelahiran Jakarta pada 1978.

Berbagai bodi kit juga disematkan supaya bisa melaju stabil pada kecepatan tinggi, serta handlingnya semakin mantap. Kemudian yang paling jelas terlihat di bagian atap belakang ada sayap besar.

“Ini sayap untuk high speed, tangkapan angin yang lebih besar, downforce juga lebih besar (untuk kecepatan tinggi di jalan lurus), tapi untuk jalan berliku, ada satu wing yang lebih kecil,” beber Rifat.

Mesin Mitsubishi Xpander AP4 Pakai Turbo

spesifikasi mitsubishi xpander ap4
Mobil Mitsubishi Xpander AP4 sukses meraih juara di berbagai ajang balap nasional

Bicara spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4, tentu tidak bisa mengabaikan mesin. Performa jantung mekanis mobil tersebut sudah pula disesuaikan dengan regulasi kejuaraan reli Asia Pasifik.

Rifat menggunakan mesin Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600 cc) turbocharge. Depot daya itu bisa melontarkan tenaga 300 – 340 hp. Jadi memang spesifikasi pander AP4 benar-benar beda dan dibuat khusus untuk balapan.

Baca juga  Komparasi Toyota Calya Vs Daihatsu Sigra, Mana Lebih Baik?

“Posisi mesinnya dibuat terbalik. Turbonya diletakkan jauh di belakang, kenapa? Supaya pick up power lebih bagus, air flow lebih bagus, dan weight distribution lebih bagus,” kata pereli nasional yang juga brand ambassador Mitsubishi tersebut.

Kemudian untuk kaki-kaki mobil MPV ini juga banyak perubahan. Mengkikuti regulasi AP4, maka suspensi depan dan belakang dibuat sama. Lalu untuk ban menggunakan merek lokal yaitu Delium Radial.

“Untuk mobil reli di gravel, pakai ban ukuran 205/65-15 dan kalau di aspal ukuran bannya 235-265/35-18,” beber Rifat.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4 juga istimewa karena bobotnya sangat ringan. Diet ketat dilakukan dari 1.780 Kg ke kisaran 1.230 Kg. Caranya dengan membuang banyak interior yang tidak perlu, seperti jok, dashboard, dan lain-lain.

Lalu kaca juga diubah pakai plexiglass. Beberapa komponen pun menggunakan karbon supaya bobot mobil jadi semakin ringan.

Dengan berbagai revisi tersebut, spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4 terbukti sukses menjuara ajang reli di Tanah Air. Balapan terakhir yang sukses dilakoni adalah Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 di Tanjung Lesung, Banten pada 10-11 April 2021.

Baca juga  Toyota Kijang Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan

Rifat Sungkar dan co-driver M. Redwan berhasil finish dengna waktu tercepat 10 menit 08,2 detik. Mereka sukses unggul hingga kurang lebih 11 detik dari pesaing yang berada di posisi kedua.

“Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya. Sebuah fenomena baru,” beber Rifat.

Ini bukan kemenangan pertama Rifat dengan Xpander AP4. Sebelumnya mereka sukses meraih gelar juara umum pada ajang Meikarta Sprint Rally  di Kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, 31 Oktober – 1 November 2020.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru